MEDIA RETORIKA DAKWAH PADA ERA MILENIAL

Bobby H. Trilaksono, Wahyu Prasetyawan, Amirudin Amirudin, Kiky Rizky

Abstract


Media retorika menjadi sebuah seni yang dapat membantu tercapainya proses komunikasi dan mempengaruhi orang lain untuk menerima isi pesan yang disampaikan. Retorika dakwah merupakan poin penting yang dibutuhkan dalam menyampaikan sebuah isi pesan dakwah yang diberikan kepada manusia. Penerapan retorika dakwah dapat membantu tercapainya tujuan dakwah yang diinginkan. Setiap orang akan memiliki kesempatan yang sama untuk bisa menyampaikan dakwah di era milenial seperti saat ini. Adanya penerapan seni berbicara yang mampu diterima dengan mudah oleh para khalayak. Di era milenial masyarakat telah mengalami perubahan pada pola hidup di mana segala sesuatunya didampingi dengan penggunaan teknologi digital. Manusia serasa tidak bisa hidup tanpa adanya teknologi digital yang kini dapat membantu terpenuhinya kebutuhan yang dimiliki. Tentunya, dakwah akan bisa dilakukan dengan baik dan mampu mempersuasi penerima pesan saat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital. Kini dakwah dapat dilakukan dan disebarkan melalui beragam media sosial seperti WA, Facebook, internet, Instagram, Youtube, Twitter, dan media lainnya.

Kata Kunci: media retorika, dakwah, era milenial.


Full Text:

Download PDF

References


Aziz, M. Ali. (2004). Ilmu Dakwah, Jakarta : Kencana

Anwar, Arifin. (2011). Dakwah Kontemporer: Sebuah Studi Komunikasi. Yogyakarta : Graha Ilmu

Champion, Dean J. (1998). Metodologi dan Masalah Penelitian, Bandung : Refika Aditama.

Cindy, Rizal Putri Paramitha. (2011). Analisis Faktor Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Dalam Bidang Kuliner. Thesis. Semarang: Fakultas Ekonomi UNDIP.

Habibi, Muhammad. (2018). Optimalisasi Dakwah Melalui Media Sosial Di Era Milenial. Jurnal Dakwah, Vol. 12 No. 1

Lister, Martin. (2003). New Media: A Critical Introduction. London: Routledge.

Muhadjir, Noeng. (2001). Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Rakerasin

Munir, Muhammad dan Ilaihi, Wahyu. (2009). Manajemen Dakwah. Jakarta :Rahmat Semesta dan Prenada Media Kencana.

M. Aminuddin Sanwar. (1985). Pengantar Studi Ilmu Dakwah. Fakultas Dakwah IAIN Walisongo, Semarang.

Nugroho, Irham. (2016). Positivisme Auguste Comte: Analisa Epistimologi Dan Nilai Etisnya Terhadap Sains. Cakrawala, Vol XI No. 2

Siti Muriah. (2000). Metodologi Dakwah Kontemporer. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Zulkarnain. (2015). Dakwah Islam di Era Modern. Jurnal RISALAH, Vol.26 No. 3




DOI: https://doi.org/10.15408/virtu.v1i1.18073 Abstract - 0 Download PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.