Di Balik Tradisi Kitab Kuning Pesantren: Memverifikasi Otentisitas Hadis dalam Syarah Tijāni Al-Darārī
Abstract
Penelitian ini menelaah kembali otentisitas sebelas hadis yang dikutip Syekh Muḥammad Nawawī al-Jāwī dalam Syarah Tijāni ad-Darārī. Melalui metode studi pustaka dan teknik takhrīj al-ḥadīth, setiap riwayat ditelusuri sumbernya. Hasilnya, sembilan kutipan sesuai dengan redaksi induk, sedangkan dua (hadis ke-3 dan ke-9) mengalami pergeseran lafaz. Dari sisi kualitas sanad, empat hadis terjamin oleh Ṣaḥīḥ al-Bukhārī dan Ṣaḥīḥ Muslim; tiga sanad lainnya (hadis ke-7, 8, 9) dinilai ṣaḥīḥ di luar Ṣaḥīḥayn; satu sanad (hadis ke-3) tergolong ḍaʿīf; dan tiga hadis hanya ditemukan pada kitab non-kanonik. Temuan ini menegaskan bahwa literatur kuning memuat kombinasi dalil kuat dan riwayat lemah, sehingga verifikasi selektif perlu dilakukan sebelum dijadikan hujjah akidah.
Keywords
References
Abdurrahman, and Elan Sumarna. Metode Kritik Hadis. Bandung: Rosda, 2013.
Ardiansyah, Ade Arip. “Implementasi Ibtidai Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadien Majalengka.” Jurnal Pasca Sarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung 12, no. 1 (June 2020).
Aripin. “Pengajaran Ilmu Tauhid Di Pondok Peaantren At-Tauhidiyah Cikura Bojong Tegal.” Tesis, IAIN Wali Songo, 2007.
Ashof, Ahmad. “Pelaksanaan Pembalajaran Kitab Kuning Dengan Methode Ibtidai Di Pondok Pesantren Al-Huda Doglo Candigatak Cepogo Boyolali.” Skripsi, IAIN Surakarta, 2017.
al-Aṡqalanī, Aḥmad ibn ‘Alī ibn Ḥajar. Al-Isâbah Fi Tamyîz al-Sahâbah. Vol. 5. Beirut: Dâr al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1995.
———. Al-Isâbah Fi Tamyîz al-Sahâbah. Vol. 4. Beirut: Dâr al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1995.
———. Fath Al-Bâri Syarh Shahih al-Bukhari. Vol. 9. Beirut: Dar al-Ma’rifah, 1379.
Baihaqi, Muhammad. Panca Jiwa Sebagai Pendidikan Akhlak Pada Santri Di Pondok Pesantren Moderen. Surabaya: Scopindo media pustaka, 2023.
al-Bukhârī, Abû ‘Abdullah Muhammad bin Ismail. Sahîh Al-Bukhâri. Beirut: Dar Ibnu Katsir, 1987.
Bustamin, and Hasanuddin. Membahas Kitab Hadis. Ciputat: Lembaga Penelitian UIN Jakarta, 2010.
al-Dârimî. Sunan Al-Dârimî. Vol. 2. Arab Saudi: Dâr al-Mughnî Lilnasyir Wa al-Tauzî‘ī, 2000.
Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren, Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES, 1994.
Hafidzullah. “Studi Hadis-Hadis Balâghât Dalam Kitab Muaththa’ Imam Malik.” Jurnal Ulunuha 6, no. 1 (June 2016).
al-Haiṡamī, Abû al-Ḥusain Nûr al-Dîn ‘Alī. Majma’ al-Zawâ’id. Vol. 10. Kairo: Maktabah al-Qudsî, 1433.
ibn Hanbal, Abû ‘Abdillah Ahmad. Musnad Ahmad Ibn Hanbal. Beirut: Muassasat al-Risalah, 1997.
Hatīm, ibn Abû. Al-Jarḥ Wa al-Ta’dīl. Vol. 5. Beirut: Dâr Ihyâ` al-Turâṡ al-‘Arabī, 1952.
al-Nasâ’ī, Abû ‘Abd al-Rahmân Ahmad ibn Syu’aib. Sunan Al-Nasâ’ī. Vol. 3. Riyāḏ: Maktabah al-Ma’arif, 1996.
Ibn Annas, Malik. Muwaṭṭaʼ. Vol. 1. Beirut: Dar Ihya al-Tarasi al-Arabi, 1433.
al-Jâwî, Muhammad Nawawî. Syarah Tijân Al-Darârî. Surayaba: Dar al-Ilmi, t.t.
Kusdiana, Ading. Sejarah Pesantren, Jejak Penyebaran Dan Jaringannya Di Wilayah Pariangan. Pariangan: Humaniora, 2014.
Mastuhu. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren, Suatu Kajian Tentang Unsur Dan Nilai Pendidikan. Jakarta: P3M, 1984.
al-Mizzī, Abû Hajjâj. Tahdzîb Al-Kamâl Fî Asmâ’ al-Rijâl. Beirut: Dâr al-Kutub al-‘Ilmiyah, t.t.
Mudzaki, Hasbi. “Penerapan Pembelajaran Kitab Tjan Ad-Daruri Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Santri Putra Di Pondok Pesantren Al Falah Cibinong.” Skripsi, STAI Nida El-Adabi, 2023.
Mujibatun, Siti. “Paradigma Ulama Dalam Menentukan Kualitas Hadis Dan Implikasinya Dalam Kehidupan Umat Islam.” Jurnal Studi Keislaman 14, no. 1 (2014).
al-Nasaiburi, Muslim bin al-Hajjâj. Sahîh Muslim. Beirut: Dar Ihya al- Turats al-Arabi, t.t.
al-Râzî, Abû ‘Abdullah Muhammad. Mafātiḥ Al-Ghaib. Vol. 13. Beirut: Dar Ihya al-Tarâtsi al-‘Arabî, 1420.
al-Sijistanī, Abû Dâwūd Sulaimân. Sunan Abû Dâwūd. Suriah: Dâr al-H{adîth, 1979.
Sunarto, Achmad. Terjemah Syarah Tijân Ad-Darârî. 1st ed. Surabaya: Mutiara Ilmu, 2010.
Susanto, Edy. “Implementasi Metode Sorotan Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Jepara Tahun Ajaran 2017/2018.” Skripsi, UIN Sunan Kalijaga, 2018.
al-Suyūṭî, Jalâl al-Dīn. Jâmi’ al-Jawâmi’al-Ma’rûf Bi Jâmi’ al-Kabîr. Kairo: Dâr al-‘Sa’âdah, 1426.
al-Tirmidzî, Abû ‘Īsâ Muḥammad. Sunan Al-Tirmidzî. Vol. 4. Beirut: Dâr al-Gharbiy al-Islamî, t.t.
al-Utsaimin, Muhammad bin Shalah. Syarah Adab Dan Manfaat Menuntut Ilmu. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i, 2005.
Weinsinck, A. J. Al-Mu’jam al-Mufahras Li Alfâz al-Hadîts al-Nabawi. Leiden: Maktabah Brill, 1936.
Yayasan al-Ma’soem Bandung. “Manfaat Belajar Kitab Kuning Di Pondok Pesantren,” n.d. Accessed March 15, 2024. https://almasoem.sch.id/manfaat-belajar-kitab-kuning-di-pondok-pesantren/.
Yuningsih, Yeni Ratna, Irfan Abubakar, and Farhan Muzhaffar Rahman. “Pesantren and the Kitab Kuning: Pesantren Dynamics and Its Influence on the Kitab Traditions in Sukabumi.” Buletin Al-Turas: Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta 29, no. 2 (September 2023): 199–212.
Zakiyah, Aulia. “Kualitas Sanad Hadis Dalam Kitab Syarah Tijân Al-Darârî Karya Syaikh Muhammad Nawawî al-Jâwî.” Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah, 2024.
al-Zarqanî, Muḥammad. Syarḥ Al-Zarqânî ‘alâ al-Mawâhīb. Vol. 2. T.tp: Dâr al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1431.
DOI: 10.15408/ushuluna.v11i1.48313
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.