Di Balik Tradisi Kitab Kuning Pesantren: Memverifikasi Otentisitas Hadis dalam Syarah Tijāni Al-Darārī

Hasanuddin Sinaga, Aulia Zakiyah, Fahrizal Mahdi

Abstract


Penelitian ini menelaah kembali otentisitas sebelas hadis yang dikutip Syekh Muḥammad Nawawī al-Jāwī dalam Syarah Tijāni ad-Darārī. Melalui metode studi pustaka dan teknik takhrīj al-ḥadīth, setiap riwayat ditelusuri sumbernya. Hasilnya, sembilan kutipan sesuai dengan redaksi induk, sedangkan dua (hadis ke-3 dan ke-9) mengalami pergeseran lafaz. Dari sisi kualitas sanad, empat hadis terjamin oleh Ṣaḥīḥ al-Bukhārī dan Ṣaḥīḥ Muslim; tiga sanad lainnya (hadis ke-7, 8, 9) dinilai ṣaḥīḥ di luar Ṣaḥīḥayn; satu sanad (hadis ke-3) tergolong ḍaʿīf; dan tiga hadis hanya ditemukan pada kitab non-kanonik. Temuan ini menegaskan bahwa literatur kuning memuat kombinasi dalil kuat dan riwayat lemah, sehingga verifikasi selektif perlu dilakukan sebelum dijadikan hujjah akidah.


Keywords


takhrīj; sanad criticism; Nawawī; pesantren literature; Islamic creed

References


Abdurrahman, and Elan Sumarna. Metode Kritik Hadis. Bandung: Rosda, 2013.

Ardiansyah, Ade Arip. “Implementasi Ibtidai Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadien Majalengka.” Jurnal Pasca Sarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung 12, no. 1 (June 2020).

Aripin. “Pengajaran Ilmu Tauhid Di Pondok Peaantren At-Tauhidiyah Cikura Bojong Tegal.” Tesis, IAIN Wali Songo, 2007.

Ashof, Ahmad. “Pelaksanaan Pembalajaran Kitab Kuning Dengan Methode Ibtidai Di Pondok Pesantren Al-Huda Doglo Candigatak Cepogo Boyolali.” Skripsi, IAIN Surakarta, 2017.

al-Aṡqalanī, Aḥmad ibn ‘Alī ibn Ḥajar. Al-Isâbah Fi Tamyîz al-Sahâbah. Vol. 5. Beirut: Dâr al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1995.

———. Al-Isâbah Fi Tamyîz al-Sahâbah. Vol. 4. Beirut: Dâr al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1995.

———. Fath Al-Bâri Syarh Shahih al-Bukhari. Vol. 9. Beirut: Dar al-Ma’rifah, 1379.

Baihaqi, Muhammad. Panca Jiwa Sebagai Pendidikan Akhlak Pada Santri Di Pondok Pesantren Moderen. Surabaya: Scopindo media pustaka, 2023.

al-Bukhârī, Abû ‘Abdullah Muhammad bin Ismail. Sahîh Al-Bukhâri. Beirut: Dar Ibnu Katsir, 1987.

Bustamin, and Hasanuddin. Membahas Kitab Hadis. Ciputat: Lembaga Penelitian UIN Jakarta, 2010.

al-Dârimî. Sunan Al-Dârimî. Vol. 2. Arab Saudi: Dâr al-Mughnî Lilnasyir Wa al-Tauzî‘ī, 2000.

Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren, Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES, 1994.

Hafidzullah. “Studi Hadis-Hadis Balâghât Dalam Kitab Muaththa’ Imam Malik.” Jurnal Ulunuha 6, no. 1 (June 2016).

al-Haiṡamī, Abû al-Ḥusain Nûr al-Dîn ‘Alī. Majma’ al-Zawâ’id. Vol. 10. Kairo: Maktabah al-Qudsî, 1433.

ibn Hanbal, Abû ‘Abdillah Ahmad. Musnad Ahmad Ibn Hanbal. Beirut: Muassasat al-Risalah, 1997.

Hatīm, ibn Abû. Al-Jarḥ Wa al-Ta’dīl. Vol. 5. Beirut: Dâr Ihyâ` al-Turâṡ al-‘Arabī, 1952.

al-Nasâ’ī, Abû ‘Abd al-Rahmân Ahmad ibn Syu’aib. Sunan Al-Nasâ’ī. Vol. 3. Riyāḏ: Maktabah al-Ma’arif, 1996.

Ibn Annas, Malik. Muwaṭṭaʼ. Vol. 1. Beirut: Dar Ihya al-Tarasi al-Arabi, 1433.

al-Jâwî, Muhammad Nawawî. Syarah Tijân Al-Darârî. Surayaba: Dar al-Ilmi, t.t.

Kusdiana, Ading. Sejarah Pesantren, Jejak Penyebaran Dan Jaringannya Di Wilayah Pariangan. Pariangan: Humaniora, 2014.

Mastuhu. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren, Suatu Kajian Tentang Unsur Dan Nilai Pendidikan. Jakarta: P3M, 1984.

al-Mizzī, Abû Hajjâj. Tahdzîb Al-Kamâl Fî Asmâ’ al-Rijâl. Beirut: Dâr al-Kutub al-‘Ilmiyah, t.t.

Mudzaki, Hasbi. “Penerapan Pembelajaran Kitab Tjan Ad-Daruri Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Santri Putra Di Pondok Pesantren Al Falah Cibinong.” Skripsi, STAI Nida El-Adabi, 2023.

Mujibatun, Siti. “Paradigma Ulama Dalam Menentukan Kualitas Hadis Dan Implikasinya Dalam Kehidupan Umat Islam.” Jurnal Studi Keislaman 14, no. 1 (2014).

al-Nasaiburi, Muslim bin al-Hajjâj. Sahîh Muslim. Beirut: Dar Ihya al- Turats al-Arabi, t.t.

al-Râzî, Abû ‘Abdullah Muhammad. Mafātiḥ Al-Ghaib. Vol. 13. Beirut: Dar Ihya al-Tarâtsi al-‘Arabî, 1420.

al-Sijistanī, Abû Dâwūd Sulaimân. Sunan Abû Dâwūd. Suriah: Dâr al-H{adîth, 1979.

Sunarto, Achmad. Terjemah Syarah Tijân Ad-Darârî. 1st ed. Surabaya: Mutiara Ilmu, 2010.

Susanto, Edy. “Implementasi Metode Sorotan Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Jepara Tahun Ajaran 2017/2018.” Skripsi, UIN Sunan Kalijaga, 2018.

al-Suyūṭî, Jalâl al-Dīn. Jâmi’ al-Jawâmi’al-Ma’rûf Bi Jâmi’ al-Kabîr. Kairo: Dâr al-‘Sa’âdah, 1426.

al-Tirmidzî, Abû ‘Īsâ Muḥammad. Sunan Al-Tirmidzî. Vol. 4. Beirut: Dâr al-Gharbiy al-Islamî, t.t.

al-Utsaimin, Muhammad bin Shalah. Syarah Adab Dan Manfaat Menuntut Ilmu. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i, 2005.

Weinsinck, A. J. Al-Mu’jam al-Mufahras Li Alfâz al-Hadîts al-Nabawi. Leiden: Maktabah Brill, 1936.

Yayasan al-Ma’soem Bandung. “Manfaat Belajar Kitab Kuning Di Pondok Pesantren,” n.d. Accessed March 15, 2024. https://almasoem.sch.id/manfaat-belajar-kitab-kuning-di-pondok-pesantren/.

Yuningsih, Yeni Ratna, Irfan Abubakar, and Farhan Muzhaffar Rahman. “Pesantren and the Kitab Kuning: Pesantren Dynamics and Its Influence on the Kitab Traditions in Sukabumi.” Buletin Al-Turas: Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta 29, no. 2 (September 2023): 199–212.

Zakiyah, Aulia. “Kualitas Sanad Hadis Dalam Kitab Syarah Tijân Al-Darârî Karya Syaikh Muhammad Nawawî al-Jâwî.” Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah, 2024.

al-Zarqanî, Muḥammad. Syarḥ Al-Zarqânî ‘alâ al-Mawâhīb. Vol. 2. T.tp: Dâr al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1431.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/ushuluna.v11i1.48313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.