Inovasi Mata Kuliah Islam dan Ilmu Pengetahuan dan Pengaruhnya terhadap Sikap Moderasi Beragama Mahasiswa UIN Jakarta

Fardiana Fikria Qur'any

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat inovasi yang dilakukan dosen dalam pengembangan kurikulum khususnya Rancangan Pembelajaran Semester (RPS) Mata Kuliah Islam dan Ilmu Pengetahuan dan pengaruhnya terhadap sikap moderasi beragama mahasiswa di dua program studi yaitu, Agribisnis dan Fisika. Metode pengumpulan data berupa kuesioner yang disebar pra dan pasca pembelajaran mata kuliah Islam dan Ilmu Pengetahuan dan juga wawancara oleh dosen mata kuliah Islam dan Ilmu Pengetahuan di dua prodi tersebut. Data kuesioner tersebut kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS untuk melihat validitas dan reabilitas dan data wawancara akan dianalisis secara induktif-deduktif. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa inovasi hanya terjadi pada RPS tidak pada proses pembelajaran seperti metode pembelajaran. Adapun pengaruh mata kuliah Islam dan Ilmu Pengetahuan tidak terlalu signifikan terhadap sikap moderasi beragama mahasiswa yang ditunjukkan oleh uji t dengan Sig. (0.889) dimana angka ini berada di atas 0.05 sehingga dikatakan tidak berpengaruh.


Keywords


Inovasi Pembelajaran, Integrasi, Moderasi

References


Abadi, Fairuz. Kamus al-Muhith Vol. 1, 1952

Antaranews.com. 2009. “Tiga Mahasiswa UIN Diduga Terlibat Jaringan Teroris.” Antara News. October 13, 2009. http://antaranews.com/berita/157661/tiga-mahasiswa-uin-diduga-terlibat-jaringan-teroris.

AR, Samsul, “Peran Guru Agama Dalam Menanamkan Moderasi Beragama.” Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies 3 no. 1 (2020).

Aziz, Abdul, “Moderasi Beragama Dalam Bahan Ajar Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Perguruan Tinggi Umum Swasta (Studi Di Stie Putra Perdana Indonesia Tangerang ).” Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA 6, no. 2 (2020) : 95–117.

Darmadi, Dadi, “Riset Buku Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum Di Indonesia.” (Jakarta: PPIM UIN Jakarta, 2019).

Eksekutif, Ringkasan, Hasil Penelitian, Kasus Tiga, and Kampus Islam, “HASIL PENELITIAN POTRET MODERASI BERAGAMA DI KALANGAN MAHASISWA MUSLIM Kasus Tiga Kampus Islam (Jakarta, Bandung, Yogyakarta).” (Jakarta: PPIM UIN Jakarta, 2021).

Fujiawati, Fuja Siti. “PEMAHAMAN KONSEP KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN DENGAN PETA KONSEP BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN SENI.” JPKS (Jurnal Pendidikan Dan Kajian 1, no. 1 (2016).

Hanafi, Muchlis. Peran Alumni Timur Tengah dalam Mengusung Wasathiyyah al-Islam. Jakarta: TP, 2010.

Hasan, Mohammad. Moderasi Islam Nusantara (Studi Konsep dan Metodologi). Pamekasan: Duta Media Publishing, 2017.

Muchtar, M. Ilham. UMMATAN WASATHAN dalam Perspektif Tafsir al-Tabariy, Jurnal Pilar 2, no. 2 (2013).

Nisa,dkk. Yunita Faela. Gen Z: Kegalauan Identitas Keagamaan (Jakarta: Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Jakarta, 2018).

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Tahun 2005.

Suprapto. “Integrasi Moderasi Beragama Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 18 no. 3, (2020).

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003

Waseso, Hendri Purbo and Anggitiyas Sekarinasih, “Moderasi Beragama Sebagai Hidden Curiculum Di Perguruan Tinggi.” Educandum Jurnal Ilmiah Pendidikan 7, no. 1 (2021).


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/ushuluna.v9i02.36186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.