MULTIKULTURALISME DALAM AL-QUR’AN (STUDI PENAFSIRAN QURAISH SHIHAB DAN MUHAMMAD ASAD)

Ulfah Nur Azizah

Abstract


Multikulturalisme merupakan sebuah fenomena dunia modern yang ada pada tahun 1960-an kemudian mendapatkan pengakuan pada tahun 1970-an. Multikulturalisme termasuk mode alternatif dalam rangka membangun, mengelola dan mengatasi kemajemukan rakyat dalam bernegara. Multikulturalisme merupakan alat untuk membangun sebuah negara dalam mengelola keanekaragaman di tengah masyarakat, khususnya di Indonesia dengan masyarakat yang majemuk dengan berbagai perbedaannya.

Hasil penelitian penafsiran ayat-ayat multikultural yang komprehensif  menunjukkan nilai-nilai dasar dari konsep multikulturalisme dijelaskan di dalam al-Qur’an tentang perbedaan bahwa Allah swt,. menciptakan manusia dengan berbangsa-bangsa dan bersuku- suku agar saling mengenal satu sama lain, termasuk keberagaman dari dialek, bahasa, warna kulit. Pada sisi lain, al- Qur’an menjelaskan bahwa Allah Swt tidak menghendaki umat manusia menjadi satu, sebenarnya umat manusia itu diciptakan dari asal yang sama yaitu Adam dan pasangannya, namun Allah menghendaki umat manusia tidak menjadi umat yang satu. Realitas multikulturalisme bahwa diciptakan manusia dari seorang ayah dan ibu, namun yang dimaksud adalah persamaan tentang hakikat kemanusiaan bagi setiap orang, tidak ada hak untuk menghina dan merendahkan satu sama lain.


Keywords


Tafsir al-Qur’an, Multikulturalisme, M. Quraish Shihab, Muhammad Asad

References


Arifin, Zaaenal. “Karakteristik Tafsir Al-Mishbah.” Al-Ifkar. vol. 8, no. 1 (Maret 2020): 5-34.

Asad, M. (1980). The Message of the Qur’an. Gibraltar: Dar al-Andalus.

al-Aṣfāhanī, Al-Ragīb. Mu'jam Mufrodat al-Fadhil al-Qur'an. Lebanon: Dār Al-Kutūb Al-ilmiyah, 2008.

Azra, Azyumardi. Identitas dan Krisis Budaya, Membangun Multikulturalisme di Indonesia. Jakarta: Fakultas Ekonomi UI, 1999.

Biyanto. Pluralisme Keagamaan dalam Perdebatan. Malang: UMM Press, 2009.

Budimansyah, Dasim. Pembelajaran Pendidikan Kesadaran Masyarakat Multikultural. Bandung: PT Genesindo, 2008.

Dawam, Ainurrofiq. Emoh sekolah menolak komersialisasi pendidikan dan kanibalisme intelektual menuju pendidikan multikultural. Yogyakarta: Ahimsa Karya Press, 2003.

Fauzi, Ahmad. “Internalisasi Nilai-Nilai Multikulturalisme Melalui Budaya Nyama Beraya pada Mayarakat Muslim Pegayaman.” Jurnal Agama Sosial dan Budaya. Vol. 2, No. 1 (Desember 2019): 32-56.

Gunarsa, Singgih D. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Gunung Mulia, 2003.

Hanafi. “Multikulturalisme dalam Al-Qur’an, Hadits dan Piagam Madina.” Jurnal Kajian Keislaman. Vol. 3, No. 2 (Juli 2016): 21-47.

Hasyim, Umar. Toleransi dan Kemerdekaan Beragama dalam Islam sebagai Dasar Menuju Dialog dan Kerukunan antar Agama. Surabaya: Bina Ilmu, 1997.

Hidayat, Benardus. Politik Multikulturalisme Menggugat Realitas Kebangsaan. Yogyakarta: Kanisius, 2001.

Al-Husain, Abū Qasim Abū Ibn Muḥammad al-Ragīb al-Aṣfahānī, al-Mufradat di Gharib al-Qur’an. Mustafa al-Halabi: Mesir, 1961.

Masduki, Hendri. “Pluralisme dan Multikulturalisme dalam Perspektif Kerukunan antar Umat Beragama : telaah dan Urgensinya dalam Sistem Berbangsa dan Bernegara.” Jurnal Sosiologi. Vol. 9, No. 1,( Juni 2016): 1-67.

Moqdood, Tariq. Multiculturalism Themes for Twenty Centuries Series. London: Polity Press, 2007.

Mubin, Nurul. “Masyarakat Madinah (Islam dan Pembentukan Masyarakat Madani).” Tafsir Tematik al-Qur’an dan Politik COE Quranis studies development, 2018.

Naur, Mohammad Maulana Kholis. “Ayat Toleransi Perspektif Ibn Jarīr al-Ṭabarī .” Jurnal Agama Sosial dan Budaya. Vol. 2, No. 1 (Juni 2019): 54-89.

Nurdin, M. Amin. “Kegagalan Politik Multikulturalisme dan Pelembagaan Islamofobia di Negara-Negara Barat.” Jurnal Ilmu Ushuluddin. Vol. 2, No. 4 (Juli 2015): 13-47.

Nurdin, R. “Multikulturalisme Dalam Tinjauan Al-Qur'an.” Skripsi S1., Institut Agama Islam Negeri Ambon, 2019.

Shihab, M. Quraish. Tafisr al-Misbah Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2002.

-------.Al-Lubab: Makna, Tujuan, dan Pelajaran Dari Surah-surah Alquran cet. 1. Jakarta: Lentera Hati, 2012.

-------. Sejarah dan Ulumul Qur`an, cet 1. Jakarta; Pustaka Firdaus, 1999.

Suparman, Heru. “Multikultural dalam Perspektif Al-Qur’an.” Jurnal Studi


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/ushuluna.v6i2.29987

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.