WAHYU MENURUT WILLIAM MONTGOMERY WATT DAN FAZLUR RAHMAN

Mufti Labib Jalaluddin

Abstract


Wahyu menempati posisi fundamental dalam sistem kepercayaan agama samawi dan pembahasan tentangnya amatlah panjang dan tak berkesudahan. Secara umum, wahyu dalam Islam dipahami “sebagai komunikasi antara Tuhan dengan manusia yang termanifestasikan dalam kitab suci Al-Qur’an yang disampaikan melalui malaikat Jibril secara eksternal di luar diri Nabi.” William Montgomery Watt dan Fazlur Rahman memiliki pemahaman yang agak berbeda. Watt melacak cara pewahyuan menggunakan teori collective unconscious sedangkan Rahman dengan pemahaman filsafat Islam. Hasilnya, keduanya cenderung menolak pewahyuan oleh malaikat secara eksternal dari luar diri Nabi sekaligus menolak penampakan malaikat dalam peristiwa tersebut sebagaimana yang diyakini mayoritas umat Islam sebab menurut mereka wahyu disampaikan melalui hati Nabi secara internal. Watt melihat wahyu Al-Qur’an sebagai hasil komunikasi dua arah, sementara Rahman memandang wahyu sebagai panduan tata tertib kosmis.


Keywords


Wahyu, Malaikat, William Montgomery Watt, Fazlur Rahman

References


Esack, Farid. Membebaskan Yang Tertindas: Al-Qur’an, Liberalisme, dan Pluralisme. Terjemah oleh Watung A. Budiman. Bandung: Mizan, 2000.

Fakhry, Majid. A History of Islamic Philosophy, 3rd edition. New York: Columbia University Press, 2004.

Ibn Manẓūr, Muhammad ibn Mukarram. Lisān al-‘Arab. t.t: Dār al-Ma‘ārif, t.th.

Izutsu, Toshihiko. Relasi Tuhan dan Manusia: Pendekatan Semantik Terhadap Al-Qur’an. Edisi terjemah. Yogyakarta: Tiara Wacana, 1997.

Jum’ah, Muhammad Luṭfi. Tarīkh Falāsifah al-Islām. Kairo: Hindawi, 2014.

Qaṭṭān, Mannā’ Khalīl. Mabāḥiṡ fī ‘Ulūm al-Qur’ān. Kairo: Maktabah Wahbah, t.th.

Rahman, Fazlur. Islam dan Modernitas: Tentang Transformasi Intelektual. Terjemah oleh Ahsin Mohammad. Bandung: Pustaka, 1985.

___. Islam. Terjemah oleh Ahsin Mohammad. Bandung: Mizan, 1984.

___. Kenabian di dalam Islam. Terjemah oleh Rahmani Astuti. Bandung: Pustaka, 2003.

___. Tema-Tema Pokok Al-Qur’an. Terjemah oleh Anas Mahyuddin. cet. II. Bandung: Mizan, 1996.

Riḍā, Muhammad Rasyīd. al-Waḥy al-Muhammadī: Ṡubūt al-Nubuwwah bi al-Qur’ān wa Da‘wah al-Syu‘ūb al-Madaniyyah ilā al-Islām, cet. III. Beirūt: Mu’assasah ‘Izz al-Dīn, 1406 H/1985 M.

Tim Penulis Ulama Madinah. Kitāb Uṣūl al-Īmān fī Ḍau al-Kitāb wa al-sunnah. T.T: Majma' al-Mulk Fahd li Ṭabā'ah al-Musḥaf al-Syarīf, 1421 H/2000 M.

Watt, William Montgomery. Islamic Revelation in the Modern World. Edinburgh: Edinburgh University Press, 1969.

___. Muhammad: Prophet and Statesman. Oxford: Oxford University Press, 1961.

al-Zamakhsyarī, Mahmūd bin ‘Umar. Al-Kasysyāf ‘an Haqā’iq al-Tanzīl wa ‘Uyūn al-Aqāwīl fī Wujūh al-Ta’wīl. Beirut: Dār al-Ma’rifah, 2009.

al-Zarqānī, Muḥammad al-‘Aẓīm. Manāhil al-‘Irfān fī ‘Ulūm al-Qur’ān, Jilid I. t.t.: ‘Īsā al-Bābi al-Ḥalabi & Co. t.th.

Zayd, Naṣr Ḥāmid Abū. Mafhūm al-Naṣṣ: Dirāsah fī ‘Ulūm al-Qur’an. Beirūt: al-Markaz al-Ṡaqafī al-‘Arabī, 2014.

Jurnal

Budiarti. “Studi Metode Ijtihad Double Movement Fazlur Rahman Terhadap Pembaharuan Hukum Islam.” Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam 3, no. 1 (2017).

Leirvik, Oddbjørn. “Wahy and Tanzīl.” Studia Theologica 59, no.2, (2015).

Ma’arif, M. Samsul. “Epistemologi Fazlur Rahman dalam Memahami Alquran dan Hadis.” Manthiq 1, no.1 (2016).

Masduki. “Teori Collective Unconscious Pemikiran W. Montgomery Watt Tentang Al-Qur’an Dalam Islamic Revelation in the Modern World.” Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman 7, no.2 (2017).

Masud, Muhammad Khalid dkk. “In Memorium: Dr. Fazlur Rahman (1919-1988).” Islamic Studies 27, no.4 (1988).

Muzayyin, M. “Menguji ‘Otentisitas Wahyu Tuhan’ Dengan Pembacaan Kontemporer: Telaah Atas Polemical Studies Kajian Orientalis dan Liberal." ESENSIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin 15, no. 2. (2014).

Panjwani, Farid. “Fazlur Rahman and the Search for Authentic Islamic Education: A Critical Appreciation.” Curriculum Inquiry 42, no. 1 (2012).

Punjabi, Danish. “Analysis of the Selected Writings of William Montgomery Watt and Karen Armstrong on Prophet Muhammad.” Sustainable Humanosphere 16, no. 1 (2020).

Widaningrum, Ambar. “Carl Gustav Jung, Teori Transformasi dan Relevansinya pada Organisasi Birokrasi.” Buletin Psikologi 14, no.2 (2006).

Skripsi/ Tesis/ Disertasi

Efendi, Roni. “Kenabian Menurut Fazlur Rahman (Kajian Atas Major Themes of the Qur’an).” Skripsi S1., Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2003.

Yahya, Abby Fadhillah. “Muhammad sebagai Nabi dan Negarawan (Analisis Historiografis Terhadap Buku Muhammad: Prophet and Statesman Karya William Montgomery Watt).” Skripsi S1., Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2017.

Internet

al-Miqdādi, Fu’ād Kāẓim. “Nazāriyyah al-Wahy al-Nafsī.” Diakses 29 Juni, 2021. https://www.najafpost.com/articles/view/details?id=1846

Muḥammad, Idrīs Ḥāmid. “Ārā’ al-Mustasyriqīn Ḥaula Mafhūm al-Wahy.” Diakses 29 Juni, 2021. https://www.iicss.iq/files/books/225jtvhw.pdf

Noorani, A. G. “Dr. Fazlur Rahman.” Diakses 29 Juni, 2021. https://criterion-quarterly.com/dr-fazlur-rahman/

Rahman, Fazlur. “An Autobiographical Note.” Diakses 29 Juni, 2021. http://isamveri.org/pdfdrg/D00064/1990_4/1990_4_DEMIRKOLB.pdf


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/ushuluna.v7i2.21512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.