Kebenaran Sejati dan Kebenaran Yang Dipercaya: Menguak Epistemologi Hukum Dalam Realitas Plural
Abstract
Hukum, dalam kerangka modern, sering direduksi menjadi aturan
tertulis yang netral, namun realitasnya adalah proses dinamis yang
lahir dari interaksi sosial, budaya, dan kekuasaan. Artikel ini mengkaji
hukum melalui lensa filsafat, khususnya epistemologi kebenaran,
untuk menyingkap antara kebenaran sejati (nilai ontologis absolut)
dan kebenaran yang dipercaya (konstruksi epistemologis yang
relatif). Hukum dipandang bukan sekadar cerminan realitas,
melainkan alat yang membentuknya melalui narasi dan otoritas.
Kasus Galileo Galilei dan konflik agraria di Indonesia menunjukkan
bagaimana kebenaran sering kali merupakan negosiasi antara fakta
empiris dan kekuasaan dominan. Hukum adat, sebagai hukum yang
hidup, menawarkan alternatif kontekstual terhadap positivisme hukum
yang kaku, sementara teknologi seperti blockchain menantang
kodifikasi negara. Hukum diposisikan sebagai ekosistem normatif
yang berevolusi, menyeimbangkan kepastian dan fleksibilitas.
Kesadaran akan dualitas kebenaran mendorong pendekatan hukum
yang inklusif, reflektif, dan responsif terhadap pluralitas sosial,
menjadikannya sarana emansipasi menuju keadilan yang manusiawi.
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman bin Muhammad as-Shaghir al-Ahdhari. Sulam al-Munawraq:
Kajian dan Penjelasan Ilmu Mantiq. Disunting oleh Zawjie Sahila. Lirboyo Press: Darul
Azka, 2012.
Aristotle. On the Heavens. Diterjemahkan oleh J. L. Stocks. Adelaide:
eBooks@Adelaide, 2004. Book II, Part 14.
Atzori, Marcella. ―Blockchain Technology and Decentralized Governance: Is the
State Still Necessary?‖ Journal of Governance and Regulation 6, no. 1 (2017): 45–62.
https://doi.org/10.22495/jgr_v6_i1_p5
Benda-Beckmann, Franz von. Property in Social Continuity: Continuity and
Change in the Maintenance of Property Relationships. Leiden: Brill, 2007.
____. ―Who’s Afraid of Legal Pluralism?‖ The Journal of Legal Pluralism and
Unofficial
Law
,
no.
(2002):
–82.
https://doi.org/10.1080/07329113.2002.10756563
Blackwell, Richard J. Galileo, Bellarmine, and the Bible. Notre Dame: University
of Notre Dame Press, 1991.
Dworkin, Ronald. Law’s Empire. Cambridge: Harvard University Press, 1986.
Ehrlich, Eugen. Grundlegung der Soziologie des Rechts. München und Leipzig:
Duncker & Humblot, 1913.
Finocchiaro, Maurice A. Galileo and the Art of Reasoning: Rhetorical Foundations
of Logic and Scientific Method. Dordrecht: Springer, 2013.
Finnis, John. Natural Law and Natural Rights. Oxford: Oxford University Press,
Foucault, Michel. Discipline and Punish: The Birth of the Prison. Diterjemahkan
oleh Alan Sheridan. New York: Vintage Books, 1995.
Gadamer, Hans-Georg. Truth and Method. Diterjemahkan oleh Joel Weinsheimer
dan Donald G. Marshall. London: Continuum, 1975.
Habermas, Jürgen. Between Facts and Norms: Contributions to a Discourse
Theory of Law and Democracy. Diterjemahkan oleh William Rehg. Cambridge, MA:
MIT Press, 1996.
Heidegger, Martin. Heraklit: Der Anfang des abendländischen Denkens. Frankfurt
am Main: Vittorio Klostermann, 1943.
Jung H, Dai W, Albarracín D. How Social Media Algorithms Shape Offline Civic
Participation: A Framework of Social-Psychological Processes. Perspect Psychol Sci.
Sep;19(5):767-780. doi: 10.1177/17456916231198471. Epub 2023 Dec 7. PMID:
Kant, Immanuel. Critique of Pure Reason. Diterjemahkan oleh Paul Guyer dan
Allen W. Wood. Cambridge: Cambridge University Press, 1998.
Kelsen, Hans. Reine Rechtslehre: Einleitung in die rechtswissenschaftliche
Problematik. Disunting oleh Matthias Jestaedt. Tübingen: Mohr Siebeck, 1934.
Levi-Strauss, Claude. The Savage Mind. Chicago: University of Chicago Press,
McLuhan, Marshall. Understanding Media: The Extensions of Man. New York:
McGraw-Hill, 1964.
Popper, Karl. The Logic of Scientific Discovery. London: Hutchinson, 1959.
Shea, William R., dan Mariano Artigas. Galileo in Rome: The Rise and Fall of a
Troublesome Genius. Oxford: Oxford University Press, 2003.
Thomas Aquinas. Summa Theologiae. Diterjemahkan oleh Fathers of the English
Dominican Province. New York: Christian Classics, 1981.
Unger, Roberto Mangabeira. The Critical Legal Studies Movement. Cambridge:
Harvard University Press, 1986.
DOI: https://doi.org/10.15408/ulr.v4i1.48396
Refbacks
- There are currently no refbacks.