APLIKASI COMPUTER AIDED INSTRUCTION (CAI) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BANGUN RUANG
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran merupakan suatu proses pengembangan diri seseorang dalam upaya memperoleh ilmu pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai positif dengan memanfaatkan berbagai sumber ilmu untuk belajar. Untuk mempermudah pembelajaran sehingga memperoleh hasil yang lebih maksimal, maka kita membutuhkan suatu sistem pembelajaran yang baik. Dengan sistem pembelajaran berbantuan komputer atau sering dikenal materi dari pendidik ke para peserta didiknya. Dengan adanya sistem pembelajaran berbantuan komputer maka dibuatlah sebuah sistem pembelajaran untuk menghitung rumus matematika bangun ruang dengan istilah Computer Aided Instruction (CAI), maka sistem pembelajaran ini berfungsi untuk mempermudah proses penyampaian. Dengan adanya sistem pembelajaran ini diharapkan proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan menarik. Sehingga nantinya sistem pembelajaran untuk menghitung rumus matematika bangun ruang ini sangat dibutuhkan sebagai sarana penunjang lancarnya proses pembelajaran.
ABSTRACT
Learning is a process of self-development in an effort to gain knowledge, skills and positive values by utilizing various sources of science to learn. To facilitate learning so as to obtain maximum results, then we need a good learning system. With computer-aided learning system or often known as Computer Aided Instruction (CAI), then this learning system serves to facilitate the process of delivering materials from educators to the students. With the computer-assisted learning system then made a learning system to calculate the mathematical Formula wake up space. With this learning system is expected to be more effective and interesting learning process. So that later the learning system to calculate the mathematical Formula to build this space is needed as a means of supporting the smoothness of the learning process.
How to Cite : Samsudin. (2017). APLIKASI COMPUTER AIDED INSTRUCTION (CAI) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BANGUN RUANG. Jurnal Teknik Informatika, 10(2), 93-108. doi:10.15408/jti.v10i2.6995
Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.15408/jti.v10i2.6995
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alessi, S.M. dan Trollip, S.R.. 1991. Computer Based Instruction: Methods and Development. New Jersey: Prantice Hall.
Elcom. 2011. Seri 30 Menit Menguasai Adobe Flash Cs 5, Penerbit Andi Publisher Yogyakarta.
Hannafin, M. J. & Peck, K. L. 1988. The design, development, and evaluation of instructional software. New York: Macmillan Publishing Company.
Harto, Pramono, 1996, Media Pembelajaran Menggunakan Komputer, Yogyakarta : Andi Offset.
Hastuti, 1997. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Heinich, R. Dkk (1993). Instructional Media (and the new technologies of instruction). New York: Memillan Publishong.
Jogyanto, Hartono. 2000. Pengenalan Komputer: Dasar Ilmu Komputer, Pemograman, Sistem Informasi dan Intelegensi Buatan. Andi Yogyakarta. Yogyakarta.
Madcoms. 2012. Mahir Dalam 7 Hari: Adobe Flash Pro Cs5.5 Penerbit Andi Publisher Yogyakarta.
Madcoms. 2011. Kupas Tuntas Adobe Flash Profesional Cs5 Penerbit Andi Publisher Yogyakarta.
Mayer. Richard E. 2009. Multimedia Learning Prinsip-Prinsip dan Aplikasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Surabaya: ITS Press.
Munir, 2010, Prospek Komputer Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Dalam Sistem Pendidikan Jarak Jauh di Indonesia.
Rossett, Allison, 2002. The ASTD E-Learning Handbook, New York : McGraw-Hill Companies Inc, USA.
Suyoto dan Sunardi. 2005. Latihan Multimedia dan Aplikasinya. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.
Tri Daryanto, 2005. Sistem Multimedia dan Aplikasinya. Penerbit Graha Ilmu.
http://www.allmipa.com/2015/08/penjelasan-lengkap-sifat-dan-rumus.html
unduh 08 Agustus 2017
http://www.slideshare.net/sucihayaty/bangun-ruang-matematika
unduh 10 Agustus 2017
http://eduwari.blogspot.co.id/2012/09/pembelajaran-berbantuan -komputer-pbk.html
unduh 27 Agustus 2017
http://www.nblognlife.com/2014/01/pembelajaran-berbantuan-komputer.html
unduh 27 Agustus 2017
Nasution, Muhammad Irwan Padli, 2016, Strategi pembelajaran efektif berbasis mobile learning pada sekolah dasar, IQRA': Jurnal Perpustakaan dan Informasi, vol 10, No 1 (2016)
DOI: https://doi.org/10.15408/jti.v10i2.6995 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Samsudin Samsudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
3rd Floor, Dept. of Informatics, Faculty of Science and Technology, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Jl. Ir. H. Juanda No.95, Cempaka Putih, Ciputat Timur.
Kota Tangerang Selatan, Banten 15412
Tlp/Fax: +62 21 74019 25/ +62 749 3315
Handphone: +62 8128947537
E-mail: jurnal-ti@apps.uinjkt.ac.id
Jurnal Teknik Informatika by Prodi Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/ti.
JTI Visitor Counter: View JTI Stats