PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPS-SEJARAH DIGITAL SMP
Abstract
ABSTRAK
Inovasi dalam pembelajaran berperan membangkitkan motivasi belajar siswa. Di usia SMP siswa masih beradaptasi dari usia sekolah dasar, media pembelajaran dengan banyak aspek visual akan lebih membantu dibandingkan narasi teks saja. Buku ajar digital ini berisikan materi Sejarah SMP kelas VII yaitu materi masa praaksara, Hindu-Buddha, Islam, dan Kolonial. Media ini menggunakan software Adobe Flash Proffesional CS6, media ini berkonsep buku ajar digital yang interaktif dan estetik. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan buku sejarah digital berbasis animasi sebagai media belajar dan menguji kelayakan buku sejarah digital sebagai penunjang belajar siswa SMP kelas VII. Target penelitian ini berupa Artikel Ilmiah dengan produk berupa: (1) Media berupa produk akhir buku IPS-sejarah digital dengan animasi flash. (2)Artikel Ilmiah hasil penelitian ini. Jenis penelitian adalah pengembangan, modelnya menggunakan langkah-langkah yang dikemukakan Sugiyono (2011: 298) yang dikolaborasikan dengan model pengembangan Pustekom Depdiknas. Produk ini layak dimanfaatkan dengan hasil validasi diatas 75% baik pada tahap validasi ahl, media, maupun uji coba produk. Validasi menggunakan metode angket dengan skala Likert dan diolah dengan teknik analisis rata-rata. Hasil analisis digunakan untuk menentukan kelayakan media. Diharapkan hasil penelitian ini dapat dikembangkan lebih lanjut dan dapat memenuhi kebutuhan siswa SMP kelas VII di masa depan.
ABSTRACT
Innovation in learning plays a role in generating student learning motivation. In junior high school students still adapt from elementary school age, learning media with many visual aspects will be more helpful than text narratives only. This digital textbook contains the material of History of SMP class VII that is the material of pre-mass, Hindu-Buddhist, Islam, and Colonial. This media uses Adobe Acrobat Flash Proffesional software, this medium conceptualized interactive and aesthetic digital textbooks. The purpose of this research is to produce digital history book based on animation as a learning media and to test the feasibility of digital history book as a supporter of student learning at SMP class VII. Target of this research in the form of Scientific Articles with products in the form of: (1) Media in the form of end product IPS book-digital history with flash animation. (2) Scientific article on the results of this study. The type of research is development, the model uses the steps proposed Sugiyono (2011: 298) which collaborated with the model of development Pustekom Depdiknas. This product is feasible to be utilized with validation result above 75% either in validation phase ahl, media, or product trial. Validation using the Likert-scale questionnaire method and processed by the mean analysis technique. The results of the analysis are used to determine the feasibility of the media. It is expected that the results of this study can be further developed and can meet the needs of students of SMP class VII in the future.
How to Cite : Fuada, S. Nainunis, A.I. Aditya, N.W. (2017). PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPS-SEJARAH DIGITAL SMP. Jurnal Teknik Informatika, 10(1), 37-48. doi:10.15408/jti.v10i1.6969
Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.15408/jti.v10i1.6969
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi 2010). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2011) Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Asyhar, R. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Fuada, dkk (2013). Digistory: History Books For Indonesia Future.
Hariyono. (1995). Mempelajari Sejarah Secara Efektif . Jakarta: Pustaka Jaya.
International Journal Of Scientific & Engineering Research.
Kumar, dkk. (2013). Developing Mobile Applications Using Android.
Proceeding International Seminar on Electrical, Information and It’s Education. Malang, October 5th, 2013.
Sanjaya. (2012). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung. Hal. 297.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2004. Jakarta.
Wahono, R.S. 2006. Aspek dan Kriteria Penilaian Media Pembelajaran, (Online), (http://romisatriawahono.net/2006/06/21/aspek-dan-kriteria-penilaian-media-pembelajaran/) diakses pada 14 Mei 2013.
Xiao, L. (2013). Animation Trends in Education. International Journal of Information and Education Technology, Vol. 3, No. 3, June 2013. PP 286 – 288.
DOI: https://doi.org/10.15408/jti.v10i1.6969 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Syifaul Fuada
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
3rd Floor, Dept. of Informatics, Faculty of Science and Technology, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Jl. Ir. H. Juanda No.95, Cempaka Putih, Ciputat Timur.
Kota Tangerang Selatan, Banten 15412
Tlp/Fax: +62 21 74019 25/ +62 749 3315
Handphone: +62 8128947537
E-mail: jurnal-ti@apps.uinjkt.ac.id
Jurnal Teknik Informatika by Prodi Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/ti.
JTI Visitor Counter: View JTI Stats