RANCANG BANGUN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM BAHAN AJAR ONLINE DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MTS NEGERI 2 PAMULANG.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan knowledge management system bahan ajar dalam meningkatkan kompetensi guru MTs negeri 2 Pamulang. Kemampuan guru-guru MTs sangat mendesak perlu ditingkatkan. Pemerintah dan pihak-pihak terkait lainnya dituntut untuk bagaimana meningkatkan kemampuan atau kompetensi para guru MTs yang tersebar. Peningkatan kualitas Guru MTs melalui kegiatan pelatihan konvensional baik oleh pemerintah pusat maupun daerah sangat terbatas. Metodologi pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Rapid Application Development yang terdiri dari tiga fase yaitu perencanaan, workshop design dan implementasi. Hasil penelitian ini para guru MTs bisa memanfaatkan website sistem pembelajaran, melalui Sharing Knowledge Management sebagai sumber belajar untuk meningkatkan kompetensi guru yang mudah di pahami. Khususnya peningkatan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional bagi guru MTs. Selain itu menjadi model penerapan Knowledge Management System dalam sistem pembelajaran untuk MTs.
Kata Kunci: MTs, implementasi, kompetensi, Knowledge Management System
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15408/jti.v8i2.2401 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Yuni Sugiarti, Oman Sulaeman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
3rd Floor, Dept. of Informatics, Faculty of Science and Technology, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Jl. Ir. H. Juanda No.95, Cempaka Putih, Ciputat Timur.Â
Kota Tangerang Selatan, Banten 15412
Tlp/Fax:Â +62 21 74019 25/ +62Â 749 3315
Handphone:Â +62 8128947537
E-mail: jurnal-ti@uinjkt.ac.id
Jurnal Teknik Informatika by Prodi Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/ti.
Â
JTI Visitor Counter: View JTI Stats