APLIKASI PENGOLAHAN CITRA DIGITAL UNTUK PENDETEKSI JAWABAN PADA LEMBAR JAWABAN KOMPUTER MENGGUNAKAN ALGORITMA SOBEL (STUDI KASUS SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU)

Asahar Johar, Desi Andreswari, Gita Triyana

Abstract


Lembar Jawaban Komputer (LJK) merupakan lembar jawaban yang digunakan untuk melakukan ujian secara tertulis. Pemeriksaan LJK harus menggunakan alat scanner khusus, mengingat harga scanner sangat mahal maka penulis bermaksud untuk membangun aplikasi pengolahan citra digital untuk mendeteksi jawaban pada lembar jawaban komputer menggunakan Algoritma Sobel. Metode Sobel merupakan pengembangan metode Robert dengan menggunakan filter HPF (High Pass Filter) yang diberi satu angka nol penyangga. Kelebihan dari metode Sobel ini adalah kemampuan untuk mengurangi noise sebelum melakukan perhitungan deteksi tepi.  Penulis mengubah data citra LJK menjadi bentuk deteksi tepi sobel untuk mempermudah mendeteksi jawaban pada LJK. Hasil deteksi jawaban pada LJK akan dilakukan pencocokkan dengan data kunci jawaban untuk memperoleh skor nilai. Selain itu laporan nilai siswa dapat ditampilkan secara otomatis menggunakan Fastreport. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman Delphi.dan  metode pengembangan sistem pada aplikasi ini menggunakan metodeWaterfall.Sedangkan metode untuk  perancangan sistem, penulis menggunakanUnified Modeling Language (UML). Hasil akhir dari penelitian ini adalah terciptanya suatu aplikasi pendeteksi  jawaban pada LJK yang dapatdigunakanmelakukan pengoreksian LJK.

Kata kunci: Pengolahan Citra Digital, Sobel, LJK, Deteksi LJK.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15408/jti.v7i2.1949 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Asahar Johar, Desi Andreswari, Gita Triyana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

3rd Floor, Dept. of Informatics, Faculty of Science and Technology, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Jl. Ir. H. Juanda No.95, Cempaka Putih, Ciputat Timur. 
Kota Tangerang Selatan, Banten 15412
Tlp/Fax: +62 21 74019 25/ +62 749 3315
Handphone: +62 8128947537
E-mail: jurnal-ti@uinjkt.ac.id


Creative Commons Licence
Jurnal Teknik Informatika by Prodi Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/ti.

 

JTI Visitor Counter: View JTI Stats

 Flag Counter