IMPLEMENTASI SIMULATOR OPTIMASI RUTE TERPENDEK BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN ALGORITMA GREEDY DENGAN PENDEKATAN MANHATTAN DISTANCE (STUDI KASUS : JALUR TRANSPORTASI DARAT WILAYAH ADMINISTRASI JAKARTA BARAT)

Khodijah Hulliyah, Victor Amrizal, Muhammad Zahruddin

Abstract


Pesatnya arus pertukaran informasi yang terjadi, mobilitas perubahan yang cepat, serta hausnya akan intelektualitas, membuat setiap individu mencari solusi dari permasalahan yang ada dengan memanfaatkan kemajuan teknologi agar semua dapat berjalan dengan lancar. Kurangnya informasi para pengguna jalur transportasi darat di wilayah Jakarta Barat, khususnya para pendatang baru, dalam menentukan rute terpendek suatu daerah menjadi permasalahan yang umum terhadapai dewasa ini. Pemilihan rute terpendek menjadi solusi awal dalam pencarian nilai optimal yang efektif dan efisien. Bagaimana perhitungan rute terpendek tersebut dapat terealisir, sudah menjadi perbincangan beberapa disiplin ilmu. Algoritma Greedy merupakan metode yang paling umum digunakan untuk memecahkan permasalahan optimasi. Sedangkan pendekatan Manhattan Distance digunakan untuk pembanding keakuratan nilai optimal yang di dapat. Sejalan dengan berkembangnya para pengguna telepon selular, maka penulis mengimplemen-tasikan pemecahan permasalahan pencarian rute terpendek ini pada telepon selular yang mendukung teknologi java. Sehingga diharapkan memudahkan para pengguna jalur transportasi darat dalam mengakses informasi tentang rute terpendek di wilayah Jakarta Barat.

 

Kata Kunci : Algoritma Greedy, optimasi, rute terpendek,

UML, J2ME, RAD, Manhattan Distance



DOI: https://doi.org/10.15408/jti.v3i1.19 Abstract - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2011 Khodijah Hulliyah, Victor Amrizal, Muhammad Zahruddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

3rd Floor, Dept. of Informatics, Faculty of Science and Technology, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Jl. Ir. H. Juanda No.95, Cempaka Putih, Ciputat Timur. 
Kota Tangerang Selatan, Banten 15412
Tlp/Fax: +62 21 74019 25/ +62 749 3315
Handphone: +62 8128947537
E-mail: jurnal-ti@uinjkt.ac.id


Creative Commons Licence
Jurnal Teknik Informatika by Prodi Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/ti.

 

JTI Visitor Counter: View JTI Stats

 Flag Counter