Rancang Bangun Sistem Pakar Berbasis Web Untuk Penghitungan dan Pembagian Harta Warisan Menurut Hukum Islam

Fitri Mintarsih, Tabah Rosyadi, Faisal Nurachman

Abstract


Kekurangtahuan umat Islam mengenai tata cara penghitungan dan pembagian harta warisan, sulitnya mencari pakar di bidang kewarisan menurut hukum Islam (faraid), serta kemungkinan terjadinya human error dalam pembagian warisan, jelas menjadi sebuah kendala bagi masyarakat Islam atau ahli waris yang ingin melakukan pembagian warisan menurut hukum Islam.Untuk itu diperlukan sebuah solusi alternatif guna mengatasi masalah penghitungan dan pembagian harta warisan.

Penelitian ini bertujuan merancang dan membangun sebuah sistem pakar berbasis web yang dapat membantu umat Islam dalam melakukan penghitungan dan penentuan pembagian harta warisan kepada ahli waris yang berhak. Sistem pakar ini dibuat dengan bahasa pemrograman PHP, database MySQL, dan menggunakan metodologi Waterfall.

Sistem pakar  ini akan menghasilkan keputusan siapa saja yang akan mendapatkan hak waris, kemudian nilai bagiannya, prosentasenya serta jumlah uang yang didapat dari harta bersih setelah dikurangi biaya pemakaman, hutang, dan wasiat.

Sistem pakar berbasis web untuk pembagian harta warisan ini menggunakan metode penalaran forward chaining dan penelusuran depth first search serta aturan kaidah produksi (if then rules) sebagai prosedur untuk memecahkan permasalahan penentuan dan pembagian harta warisan.

Hasil yang dicapai adalah mendapatkan sistem pakar yang dapat membantu memberikan hasil penghitungan dan pembagian harta warisan secara akurat  berdasarkan hukum Islam.

Keywords:

sistem pakar, warisan, faraid, waterfall, forward chaining, depth first search, kaidah produksi, hukum islam



DOI: https://doi.org/10.15408/jti.v3i1.16 Abstract - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2011 Fitri Mintarsih, Tabah Rosyadi, Faisal Nurachman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

3rd Floor, Dept. of Informatics, Faculty of Science and Technology, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Jl. Ir. H. Juanda No.95, Cempaka Putih, Ciputat Timur. 
Kota Tangerang Selatan, Banten 15412
Tlp/Fax: +62 21 74019 25/ +62 749 3315
Handphone: +62 8128947537
E-mail: jurnal-ti@uinjkt.ac.id


Creative Commons Licence
Jurnal Teknik Informatika by Prodi Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/ti.

 

JTI Visitor Counter: View JTI Stats

 Flag Counter