Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Audiovisual Dalam Materi Asmaul Husna Al- Malik Al-Quddus Al-‘Aziz Pada Siswa Kelas 4 MIS Al-Hidayah Cibunar
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini dilatarbelakangi oleh subuah fenomena bahwa dalam kegiatan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah guru di tuntut untuk mampu menegembangkan bahkan memajukan serta meningkatkan kulaitas sumber daya manusia. Karena sekama ini siswa hanya diberi pembelajaran dengan metode yang monoton dan konvensional saja. Sehingga berdampak dari hasil belajar siswa menurun. Subyek penelitain PTK ini adalah siswa kelas IV MIS AL-Hidayah Cibunar Kecamatan Muncang kabuoaten lebak. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus yaitu siklus I siklus II dan Siklus III yang setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian selam tiga siklus ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa khususnya materi akidah akhlak tentang asmaul husan al-malik AL-Quddus, AL-‘Aziz dalam penerapan media Audiovisual, mengalami peningkatan terlihat dari nilai rata-rata sebelum menerapkan adalah 64,28 dan setelah penerapan media Audiovisual pada siklus I meningkat dengan rata-rata nilai 72,14, pada siklus II mencapai 77,71 dan pada siklus III nilai rata-rata nya mencapai 81,38. Maka penggunaan media Audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ata pe;lajaran akidah akhlak khususnya materi Asmaul Husna AL-Malik, AL-Quddus, AL-‘Aziz kelas IV MIS AL-Hidayah Cibunar kabupaten Lebak, Provinsi Banten.
Full Text:
PDFReferences
Airasian, P. W., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P. R., Raths, J., & Wittrock, M. C. (2001). Assessment in the Classroom: A Concise Approach. McGraw-Hill.
Black, P., & Wiliam, D. (1998). Inside the black box: Raising standards through classroom assessment. Phi Delta Kappan, 80(2), 139-148.
Cholid Narbuko,Abu Achmad,Metodologi Penelitian,cet.9, PT Bumi Aksara, Jakarta, 2008. Hal 70)
Mukhlis, S., & Herianingtyas, N. L. R. (2021). Peningkatan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SDN Cililitan 02 melalui Problem Based Learning (PBL) berbasis Contextual Content. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 64-75.
Masnur Muslich, Melaksanakan PTK Penelitian Tindakan Kelas itu Mudah, (Jakarta:Bumi Aksara, 2011), hal. 10
Nasution, H. (1984). Islam ditinjau dari berbagai aspeknya (Vol. 1). Jakarta: UI Press.
Noor Subkhiatin, (2019) buku akidah Akhlak, kementerian Agama Republik Indonesia
Rozi, M. F. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil BelajarSiswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas IV SD Negeri 23 Bengkulu Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021 [Skripsi]. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Ruseffendi, E. T. (2014). Pengantar Akidah Akhlak Diskrit. Bandung: Tarsito.
Soedjadi, R. (2008). Pengantar Akidah Akhlak untuk Pendidikan Guru Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suriasumantri, J. S. (1996). Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Taniredja, T., Mustafidah, H. (2014). Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Toheri & Abdul Azis. (2012). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Audio Visual Terhadap Hasil BelajarSiswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak pada Pembahasan Dimensi Tiga. Jurnal Pendidikan Akidah Akhlak, 1(1), 25-34.
Widiasworo, E. (2019). Menyusun Penelitian Kuantitatif untuk Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Araska.
Windasari, T. S., et al. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Hasil BelajarIPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 27- 34.
Refbacks
- There are currently no refbacks.