UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP DI SMA Negeri 1 MUNTOK TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Sudarmono Sudarmono

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan menggunakan metode discovery learning pada siswa kelas XI 8 semester genap SMA Negeri 1 Muntok, tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu diupayakan suatu pendekatan pembelajaran aktif dengan menggunakan metode discovery learning. Metode discovery learning merupakan komponen dari praktek pendidikan yang meliputi metode mengajar yang memajukan cara belajar aktif, beroreientasi pada proses, mengarahkan sendiri, mencari sendiri dan reflektif. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap silkus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian dilaksanakan pada semester genap. Prosedur dalam setiap siklus mencakup tahap-tahap: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Keefektifan tindakan pada setiap siklus diukur dari hasil observasi dan tes. Data hasil observasi dan tes kemudian direfleksi untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya. Pada pra siklus nilai ketuntasan siswa sebesar 54,54 %, pada siklus I (rata-rata pertemuan I dan II) sebesar 61,36 %, pada siklus II (rata-rata pertemuan I dan II) sebesar 72,73 %, pada siklus III (rata-rata pertemuan I dan II) meningkat menjadi 90,91 %. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan nilai ketuntasan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I sebesar 6,82 %, siklus I ke siklus II sebesar 11,37 %, siklus II ke siklus III sebesar 18,18 %. Berdasarkan tindakan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI 8 di SMA Negeri 1 Muntok pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tahun pelajaran 2024/2025.

Full Text:

PDF

References


Abdullah Sani, Ridwan 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013.

Bumi Aksara, Jakarta.

Aqid, Zainal. Dkk 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Yrama Widya, Bandung.

______________ 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Yrama Widya, Bandung.

B. Suryosubbroto 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta, Jakarta.

Daradjat, Zakiyah 2006. Ilmu Pendidikan Islam. PT Bumi Aksara, Jakarta.

Djamaluddin dan Abbdullah Aly 1999. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Pusaka Setia,

Bandung.

Hamiyah, N dan M.Jauhari 2014. Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. Prestasi Pustaka,

Jakarta.

Hartoyo 2000. Dasar-dasar Interakasi Belajar Mengajar. Usaha Nasional, Surabaya.

Herrhyanto, Nar, dkk 2009. Struktur Dasar. Universitas Terbuka, Jakarta.

Hosnan 2014. Penekatan Saintifik an Konseptual dalam Pembelajaran abad 21. Ghalia

Indonesia, Bogor.

Hudojo, Herman 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. UNM

Press, Malang.

Kurniasih dan Sani 2014. Strategi-strategi Pembelajaran. Alfabeta, Bandung.

Maunah, Binti 2001. Ilmu Pendidika. STAIN Tulungagung, Tulung Agung.

Mulyasa, Eman 2005. Manajemen Berbasis Sekolah. PT Remaja Rosda Karya, Bandung.

Munardji, 2014. Ilmu Pendidikan Islam. PT Bina Ilmu, Jakarta

M. Arifin, 1993. Filsafat Pendidikan Islam. Bumi Aksara, Jakarta

NLR Herianingtyas, A Supena, T Bintoro, N Wafiqni, 2024, Assessmen Numerasi dengan Rasch Analysis Model (RAM) untuk Mengidentifikasi Potensi Anak Cedas Istimewa-Berbakat Istimewa (CiBi) pada Sekolah Dasar Inklusi, Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran.

NLR Herianingtyas, I Muyassaroh, J Kartini, 2024, Integrasi Model RADEC-Literasi Sains dalam Modul Ajar Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar, Elementar: Jurnal Pendidikan Dasar 3 (2), 104-111.

Pribadi, Benny A, 2009. Model DesainSistemPembelajaran. Dian Rakyat, Jakarta.

Poeranti, Endang dkk. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Dirjen Dikti Depdiknas. Jakarta

Purwanto, Ngalim 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Rosda Karya,

Bandung.

Rahani, Ahmad 2004. Pengelolaan Pengajaran. PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Rahyudi, Heri 2012. Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran. Balai Pustaka, Jakarta.

Redaksi Sinar Grafika, 2009. UU Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 Tahun 2003)

Cet. 2. Sinar Grafika, Jakarta.

Roestiyah 2001. Strategi elajar Mengajar. Rineka Cipta, Bandung.

Sardiman, A.M 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada,

Jakarta.

Sudijono, Anas 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada,

Yoqyakarta.

Sudjana, Nana 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosda Karya Offset,

Bandung

Susanto, Ahmad 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada

Media Group, Jakarta.

Susilo 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Pustaka Book Publisher, Yofyakarta

Tafsir, Ahmad 2005. Filsafat Pendidikan Islami. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas, Jakarta

Winkel, W.S 2004. Psiklogi Pengajaran. Media Abadi, Yogyakarta


Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.