Penggunaan Model Pembelajaran Sharing dan Media Audio Visual Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP Al Azhar BSD Pada Materi Iman Kepada Hari Akhir

Dede Riki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Iman pada Hari Akhir melalui penerapan model pembelajaran Sharing dan penggunaan media audio visual. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Al Azhar BSD berjumlah 20 siswa,  yaitu 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes yang diperoleh dari setiap tindakan. Dari analisis data siklus I menunjukan nilai rata-rata siswa meningkat dari 58,9 menjadi 72,4, dengan 8 siswa yang mencapai KKM. Pada siklus 2, nilai rata-rata meningkat lebih lanjut menjadi 80,2, dengan 18 dari 20 siswa yang mencapai KKM. Selain itu, terjadi peningkatan dalam partisipasi aktif siswa selama proses pembelajaran, terutama dalam diskusi dan presentasi kelompok. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Sharing yang dipadukan dengan media audio visual efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Iman pada Hari Akhir siswa kelas IX SMP Al Azhar BSD.

Full Text:

PDF

References


Azhar Arsyad,Prof.Dr.,Media Pembelajaran,2003, Jakarta : PT Radja Grafindo Persada

Dimyati dan Mujiono, Belajar dan Pembelajaran, 1996.Jakarta : Dirjen Pendidikan tinggi Depdikbud.

NLR Herianingtyas, A Supena, T Bintoro, N Wafiqni, 2024, Assessmen Numerasi dengan Rasch Analysis Model (RAM) untuk Mengidentifikasi Potensi Anak Cedas Istimewa-Berbakat Istimewa (CiBi) pada Sekolah Dasar Inklusi, Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran.

NLR Herianingtyas, I Muyassaroh, J Kartini, 2024, Integrasi Model RADEC-Literasi Sains dalam Modul Ajar Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar, Elementar: Jurnal Pendidikan Dasar 3 (2), 104-111.

Rineka Cipta, Mulyasa, E, Dr., M.Pd., Menjadi Guru Profesional, 2005.Bandung : Remaja Rosdakarya.

Rohani Ahmad, Drs., Abu Ahmadi, Pengelolaan Pengajaran, 1995,Jakarta : Rineka Cipta.

SZ Mardliyah, AP Salsabilla, NLR Herianingtyas, 2023, Strategi Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Melalui Learning Community, Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 6 (2), 102-109.

Soekamto dan Winataputra, Teori Belajar dan Metode – Metode Pembelajaran 1997. Jakarta :Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen pendidikan dan Kebudayaan.

Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, 2005, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Winkel,W.S. Psikologi Pengajaran, 1991,Jakarta : Grasindo.

Muslimin Ibrahim, Prof.,M.Pd., dkk., Pembelajaran Kooperatif,2000, Surabaya : Pusat Sains dan Matematika Sekolah Program pasca Sarjana UNESA University Press.


Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.