UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN SURAT AL-ALAQ MATERI BACAAN QOLQOLAH MELALUI METODE DRILL BAGI SISWA KELAS III UPTD SDN BABAKAN 01 KOTA TANGERANG SELATAN
Abstract
Al-Qur’an sebagai mukjizat dan pedoman hidup umat Islam memerlukan pembacaan yang benar agar makna dan hukum yang terkandung di dalamnya dapat dipahami dengan baik. Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di sekolah sering kali menghadapi tantangan, termasuk rendahnya keterampilan membaca siswa, yang dipicu oleh metode pengajaran yang kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an Surah Al-Alaq dengan menerapkan metode Drill pada siswa kelas III UPTD SDN Babakan 01 Kota Tangerang Selatan. Melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, hasil observasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam aktivitas guru dan siswa. Nilai rata-rata keterampilan membaca meningkat dari 63,8 pada siklus I menjadi 77,73 pada siklus II, dengan persentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari 62,5% menjadi 87,5%. Temuan ini menegaskan bahwa metode Drill efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an, sehingga dapat direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran Al-Qur’an di sekolah.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.