PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN POSTER COMMENT DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MAKANAN HALAL DAN HARAM

Abdul Ghofur, Nurhumad Malik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peerta didik melalui penerapan model pembelajaran poster comment. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa VI MI An- Najah K e c a m a t a n Mauk Kab. Tangerang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi langsung , komunikasi langsung, dan pengukuran. Data yang dihasilkan pada setiap kegiatan observasi dari pelaksanaan siklus PTK dianalisis secara deskriktif dengan menggunakan teknik presentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaraan. Dengan menganalisis nilai rata-rata ulangan harian kemudian dikategorikan dalam klasifikasi tinggi, sedang, rendah. Aktifitas siswa (keaktifas siswa) dikategorisasikan dengan klasifikasi tinggi, sedang, dan rendah. Implementasi pembelajaran dengan menganalisis tingkat keberhasilannya, kemudian dikategorikan dalam klasifikasi berhasil, kurang berhasil, dan tidak berhasil.Hasil pembelajaran poster comment pada materi makanan halal di kelas VI   MI   An- Najah K e c a m a t a n Mauk Kab. Tangerang dalam proses pembelajaran dan membimbing pada nilai ketuntasan belajar dan indikator yang diinginkan yaitu 80% tercapai.


Full Text:

PDF

References


Mukhlis, S., & Herianingtyas, N. L. R. (2021). Peningkatan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SDN Cililitan 02 melalui Problem Based Learning (PBL) berbasis Contextual Content. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 64-75.

Herianingtyas, N. L. R. (2022). Penguatan Literasi Sains Siswa MI/SD melalui Pengembangan E-Modul dengan Instrumen Asesmen berbasis Higher Order Thingking Skills. Elementar: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 15-26.

Herianingtyas, N. L. R., & Mukhlis, S. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN Cililitan 02 Melalui Brain Writing dengan Media Audio Visual. Elementar: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 84-94.

Herianingtyas, N. L. R. (2017). Mewujudkan 21st Century Learning Berbasis Karakter Melalui Implementasi Taxonomy for Science Education di Sekolah.

Sunaryati, T., Luthfi, N., & Herianingtyas, R. (2021). Penerapan Scientific Approach Dalam Group Investigation Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan, 1(1), 74-75.

Wangid, M. N., Mustadi, A., Senen, A., & Herianingtyas, N. L. R. (2017). The evaluation of authentic assessment implementation of Curriculum 2013 in Elementary School. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21(1), 104-115.


Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.