Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Kartu Bergambar pada Siswa Kelas 1 MIS Ar-Rahman Jakarta Timur

Didah Nur Hamidah, Usfariyah Usfariyah

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah strategi melalui kartu bergambar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar membaca bagi siswa. Jenis penelitian ini adalah tindakan atau action research untuk memperbaiki proses pembelajaran yang belum optimal. Pelaksanaan perbaikan dilakukan dalam 2 siklus dan prasiklus, setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 M I S Arrahmah berjumlah 35 siswa, terdiri dari 20 laki-laki dan 15 perempuan. Data-data yang telah dicatat dalam lembar pengamatan baik siswa atau guru serta penilaian dalam menyelesaikan lembar kerja dianalisis untuk mendapat kesimpulan. Hasil analisis ini menentukan apakah pada setiap tahapan sudah menunjukkan peningkatan atau belum. Karena hasil refleksi ini dilakukan untuk menentukan tingkat keberhasilan dari tindakan yang telah dilakukan. hasil belajar siswa pada siklus 1, diketahui presentase ketuntasan siswa adalah 60%. Sedangkan pada siklus 2, presentase ketuntasan siswa mengalami peningkaan menjadi 85,71%. Selisish antara siklus 1 dan 2 yaitu 25,71%. Dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran Bahasa indonesia dengan penggunaan metode kartu bergambar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Bahasa indonesia dalam membaca pada siswa kelas 1 MIS Arrahmah.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto, 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia group. hlm. 3

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni, 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. hlm. 14 Ibid, hlm. 15

Etin Solihatin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKN . Jakarta: Bumi Aksara, hlm. 3.

Etin Solihatin, Op. Cit., hlm. 4.

Farida Nur Kamala. 2016. Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Malang: Ediide Infografika. hlm. 6 dan 7.

Herianingtyas, N. L. R. (2017). Mewujudkan 21st Century Learning Berbasis Karakter Melalui Implementasi Taxonomy for Science Education di Sekolah.

Herianingtyas, N. L. R. (2015). Implementasi Pendekatan Saintifik Melalui Discovery Learning Dalam Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 1 Kebumen Tahun Ajaran 2014/2015.

I Gusti Ayu Tri Agustiana dan I Nyoman Tika. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika dan Kimia. Yogyakarta: Ombak (Anggota IKAPI). hlm. 274 Saur M. Tampubolon. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga. Hlm. 148

Melvin L. Silberman. 2004. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Sleman : Pustaka Insan Mandiri, hlm. 44.

Melvin L. Silberman. 2007. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif (penerjemah: Sarjuli, dkk. Sleman : Pustaka Insan Mandiri, hlm. 44.

Pudjosumedi, Sugeng Riadi. 2012. Pengantar Pedagogik Transformatif. Jakarta: Uhamka Press, hlm. 173

Saur M. Tampubolon. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga, hlm 19 1 Ibid., hlm. 28

Saur M. Tampubolon. Op. cit. hlm 148

Suprianto. 2014. “Implementasi Strategi Trading Places Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XC SMAN Seluas 1 Kalimantan Barat.” Skripsi. Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses pada 26 Agustus 2019, Pukul 17.00 WIB

Wawan Kurniawan dkk. 2017. Memahami dan Membuat Penelitian Tindakan Kelas Panduan Mudah Membuat PTK. Tangerang: PT Pustaka Mandiri. hlm. 38 Dedy Kustawan. 2013. Analisis Hasil Belajar Program Perbaikan dan Pengayaan Pesesrta Didik Berkebutuhan Khusus. Jakarta: PT Luxima Metro Media. hlm. 15


Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.