Mengintegrasikan AI dalam Pembelajaran Al-Qur'an: Analisis Potensi, Tantangan dan Solusi
Abstract
Keywords
References
aici-umg. (2024, Oktober 24). Pelatihan AI untuk Guru: Masa Depan Pendidikan! Artificial Intelligence Center Indonesia. https://aici-umg.com/article/pelatihan-ai-untuk-guru/
Aldwinarta, F. H., Nurdiana, R., & Sulistina, O. (2024). Media Pembelajaran Berbasis AI Chatbot pada Materi Termokimia di SMA Apakah Dibutuhkan? Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 18(1), 1–6.
Bulqis, D. B. Q. (2023). Persepsi Guru Terhadap Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dan Budi Pekerti (BP) Di Sekolah Penggerak SMPN 1 Kemang Bogor [bachelorThesis, Jakarta : FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/72059
Hakim, F., Fadlillah, A., & Rofiq, M. N. (2024). Artificial Intellegence (AI) dan Dampaknya Dalam Distorsi Pendidikan Islam. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 13(1), 129–144.
Hamzaha, R., Soiabb, A. Z., & Mahadic, Z. S. (2016). E-Tarteel: Visualizing Quranic Tajweed Rules. International Journal on Islamic Applications in Computer Science And Technology, 4(2). https://www.academia.edu/download/108297873/1423-3608-1-PB.pdf
Hudayana, N. A., Haris, A., & Zakaria, A. R. (2024). Pengembangan Aplikasi Penyimak Al-Qur’an Menggunakan Teknologi AI dengan Metode Speech Recognition pada Platform Android. Journal of Islamic Education, 2(2), 83–93.
kemenagpkp. (2024). Dr. Kartika Sari, M.Pd.I., Angkat Isu Pemanfaatan AI dalam Workshop Inovasi Pembelajaran Meaningful dan Joyful. https://babel.kemenag.go.id/id/berita/509991-Dr. Kartika Sari, M.Pd.I., Angkat Isu Pemanfaatan AI dalam Workshop Inovasi Pembelajaran Meaningful dan Joyful
Lubis, M. A., Embi, M. A., Yunus, M. M., Wekke, I. S., & Nordin, N. M. (2009). The application of multicultural education and applying ICT on Pesantren in South Sulawesi, Indonesia. WSEAS Transactions on Information Science and Applications, 6(8), 1401–1411.
Maharani, I. (2024). Implementasi Program Hari-Hari Ngaji Dan Tausiyah Morning Dalam Pembinaan Al-Qur’an Di Sdn 4 Penganjuran Banyuwangi Tahun 2024 [Skripsi, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq]. http://digilib.uinkhas.ac.id/37646/1/IZZA%20MAHARANI-2111010100086.pdf
Malayu, O. A. N., & Ritonga, A. (2024). Peran Teknologi Artificial Inttelligence (AI) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Mauriduna: Journal of Islamic Studies, 5(1), 223–232.
Mauluddin, M. (2024). Kontribusi Artificial Intelligence (AI) pada Studi Al Quran di Era Digital; Peluang dan Tantangan. Madinah: Jurnal Studi Islam, 11(1), 99–113.
Nopiyanti, N. (2025). Analisis Pembelajaran Al-Qur’an dan Hadis Berbasis Artificial Intelligence dalam Internalisasi Keterampilan Abad 21 di Madrasah Ibtidaiyah. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 14(1), 45–55.
Rafi, M., Priyatna, S. E., & Hasanah, R. (2025). Tantangan Menghadirkan AI dalam Pendidikan Agama: Prespektif dan Solusi. Risani: Jurnal Riset dan Pengabdian Islam, 1(1). http://journal.mahadhikacreative.com/index.php/risani/article/view/3
Safitri, M. (t.t.). Pemanfaatan Aplikasi Belajar Al-Qur’an Qara’a Dilengkapi Teknologi Artificial Intelligence (AI) Meningkatakan Taraf Baca Al-Qur’an. Prosiding Management Business Innovation Conference (MBIC), 8, 293–311. Diambil 23 April 2025, dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/MBIC/article/view/89517
Saputra, R. A. (2024). Kehadiran Ngaji. Ai serta Tantangan Misinterpretasi dan Distorsinya bagi Umat Islam. Edu Ceria, 2(2), 164–182.
Setiawan, Z., Hildawati, H., Sanulita, H., Afrizal, D., Ibrahim, S. M., Susanto, A., Indahyani, T., Adiwijaya, S., Laka, L., Ansor, M., Andari, S., Putra, M. F. M., Martawijaya, A. P., & Judijanto, L. (2024). Metodologi dan Teknik Penulisan Ilmiah. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Siahaan, S. S. S. (2013). Menuju ke Arah Pendidikan Berkualitas di Daerah Tertinggal dan Perbatasan Melalui Pemanfaatan TIK. Jurnal Teknodik, 596–605. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.70
Supriyanto, E. E. (2016). Kebijakan Inovasi Teknologi Informasi (IT) Melalui Program Elektronik Goverment dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Indonesia. JIP (Jurnal Ilmu Pemerintahan): Kajian Ilmu Pemerintahan Dan Politik Daerah, 1(1), 141–161.
Ubaidilah, M. (2024a). Belajar Al-Qur’an berbasis Artificial Intelligence: Studi pada aplikasi Ngaji.ai [Undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/63765/
Ubaidilah, M. (2024b). Belajar Al-Qur’an berbasis Artificial Intelligence: Studi pada aplikasi Ngaji.ai [Undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/63765/
UINSA. (2024, Agustus 29). Pembuatan Media Pembelajaran PAI dengan Artificial Intelligence -. https://uinsa.ac.id/blog/pembuatan-media-pembelajaran-pai-dengan-artificial-intelligence
Zahrani, J. I., & Muthahari, A. (2024). Metode Sorogan Berbasis Teknologi Kecerdasan Buatan: Analisis Aplikasi Tarteel. Nusantara Hasana Journal, 3(11), 35–43.
DOI: 10.15408/tadabbur.v4i1.46178
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.