Mengintegrasikan AI dalam Pembelajaran Al-Qur'an: Analisis Potensi, Tantangan dan Solusi

Ahmad Mahfud, Nurul Hamidah, Surya Saputra Mahmud, Abd. Kholid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi, tantangan, dan solusi dalam mengintegrasikan kecerdasan buatan (AI) ke dalam pembelajaran Al-Qur'an. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi pustaka dan studi eksploratif, yang meliputi studi kasus aplikasi pembelajaran Al-Qur'an berbasis AI seperti Ngaji.ai dan Tarteel, serta kajian literatur dari berbagai sumber ilmiah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa integrasi AI menawarkan potensi besar dalam personalisasi pembelajaran, aksesibilitas global, koreksi bacaan real-time, modul interaktif, dan analisis data pembelajaran. Namun, terdapat tantangan signifikan seperti literasi digital guru yang terbatas, infrastruktur yang belum memadai, isu etika dan teologis, serta potensi reduksi interaksi insani. Penelitian ini merekomendasikan program pelatihan guru, pengembangan infrastruktur, kerangka etika AI syariah, model pembelajaran hybrid, dan penelitian berkelanjutan untuk mengoptimalkan integrasi AI dalam pembelajaran Al-Qur'an.

Keywords


Integrasi, Teknologi, Qur'an.

References


aici-umg. (2024, Oktober 24). Pelatihan AI untuk Guru: Masa Depan Pendidikan! Artificial Intelligence Center Indonesia. https://aici-umg.com/article/pelatihan-ai-untuk-guru/

Aldwinarta, F. H., Nurdiana, R., & Sulistina, O. (2024). Media Pembelajaran Berbasis AI Chatbot pada Materi Termokimia di SMA Apakah Dibutuhkan? Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 18(1), 1–6.

Bulqis, D. B. Q. (2023). Persepsi Guru Terhadap Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dan Budi Pekerti (BP) Di Sekolah Penggerak SMPN 1 Kemang Bogor [bachelorThesis, Jakarta : FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/72059

Hakim, F., Fadlillah, A., & Rofiq, M. N. (2024). Artificial Intellegence (AI) dan Dampaknya Dalam Distorsi Pendidikan Islam. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 13(1), 129–144.

Hamzaha, R., Soiabb, A. Z., & Mahadic, Z. S. (2016). E-Tarteel: Visualizing Quranic Tajweed Rules. International Journal on Islamic Applications in Computer Science And Technology, 4(2). https://www.academia.edu/download/108297873/1423-3608-1-PB.pdf

Hudayana, N. A., Haris, A., & Zakaria, A. R. (2024). Pengembangan Aplikasi Penyimak Al-Qur’an Menggunakan Teknologi AI dengan Metode Speech Recognition pada Platform Android. Journal of Islamic Education, 2(2), 83–93.

kemenagpkp. (2024). Dr. Kartika Sari, M.Pd.I., Angkat Isu Pemanfaatan AI dalam Workshop Inovasi Pembelajaran Meaningful dan Joyful. https://babel.kemenag.go.id/id/berita/509991-Dr. Kartika Sari, M.Pd.I., Angkat Isu Pemanfaatan AI dalam Workshop Inovasi Pembelajaran Meaningful dan Joyful

Lubis, M. A., Embi, M. A., Yunus, M. M., Wekke, I. S., & Nordin, N. M. (2009). The application of multicultural education and applying ICT on Pesantren in South Sulawesi, Indonesia. WSEAS Transactions on Information Science and Applications, 6(8), 1401–1411.

Maharani, I. (2024). Implementasi Program Hari-Hari Ngaji Dan Tausiyah Morning Dalam Pembinaan Al-Qur’an Di Sdn 4 Penganjuran Banyuwangi Tahun 2024 [Skripsi, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq]. http://digilib.uinkhas.ac.id/37646/1/IZZA%20MAHARANI-2111010100086.pdf

Malayu, O. A. N., & Ritonga, A. (2024). Peran Teknologi Artificial Inttelligence (AI) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Mauriduna: Journal of Islamic Studies, 5(1), 223–232.

Mauluddin, M. (2024). Kontribusi Artificial Intelligence (AI) pada Studi Al Quran di Era Digital; Peluang dan Tantangan. Madinah: Jurnal Studi Islam, 11(1), 99–113.

Nopiyanti, N. (2025). Analisis Pembelajaran Al-Qur’an dan Hadis Berbasis Artificial Intelligence dalam Internalisasi Keterampilan Abad 21 di Madrasah Ibtidaiyah. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 14(1), 45–55.

Rafi, M., Priyatna, S. E., & Hasanah, R. (2025). Tantangan Menghadirkan AI dalam Pendidikan Agama: Prespektif dan Solusi. Risani: Jurnal Riset dan Pengabdian Islam, 1(1). http://journal.mahadhikacreative.com/index.php/risani/article/view/3

Safitri, M. (t.t.). Pemanfaatan Aplikasi Belajar Al-Qur’an Qara’a Dilengkapi Teknologi Artificial Intelligence (AI) Meningkatakan Taraf Baca Al-Qur’an. Prosiding Management Business Innovation Conference (MBIC), 8, 293–311. Diambil 23 April 2025, dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/MBIC/article/view/89517

Saputra, R. A. (2024). Kehadiran Ngaji. Ai serta Tantangan Misinterpretasi dan Distorsinya bagi Umat Islam. Edu Ceria, 2(2), 164–182.

Setiawan, Z., Hildawati, H., Sanulita, H., Afrizal, D., Ibrahim, S. M., Susanto, A., Indahyani, T., Adiwijaya, S., Laka, L., Ansor, M., Andari, S., Putra, M. F. M., Martawijaya, A. P., & Judijanto, L. (2024). Metodologi dan Teknik Penulisan Ilmiah. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Siahaan, S. S. S. (2013). Menuju ke Arah Pendidikan Berkualitas di Daerah Tertinggal dan Perbatasan Melalui Pemanfaatan TIK. Jurnal Teknodik, 596–605. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.70

Supriyanto, E. E. (2016). Kebijakan Inovasi Teknologi Informasi (IT) Melalui Program Elektronik Goverment dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Indonesia. JIP (Jurnal Ilmu Pemerintahan): Kajian Ilmu Pemerintahan Dan Politik Daerah, 1(1), 141–161.

Ubaidilah, M. (2024a). Belajar Al-Qur’an berbasis Artificial Intelligence: Studi pada aplikasi Ngaji.ai [Undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/63765/

Ubaidilah, M. (2024b). Belajar Al-Qur’an berbasis Artificial Intelligence: Studi pada aplikasi Ngaji.ai [Undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/63765/

UINSA. (2024, Agustus 29). Pembuatan Media Pembelajaran PAI dengan Artificial Intelligence -. https://uinsa.ac.id/blog/pembuatan-media-pembelajaran-pai-dengan-artificial-intelligence

Zahrani, J. I., & Muthahari, A. (2024). Metode Sorogan Berbasis Teknologi Kecerdasan Buatan: Analisis Aplikasi Tarteel. Nusantara Hasana Journal, 3(11), 35–43.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/tadabbur.v4i1.46178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.