Filsafat Kebudayaan Perspektif Abdurrahman Wahid

Moch Sukri, Kusen Kusen

Abstract


Abstrak: Penelitian ini membahas mengenai pemikiran kebudayaan di Indonesia yang menjadi salah satu pesoalan yang menarik untuk dikaji. Pasalnya, kehidupan masyarakat di Indonesia memiliki keterkaitan dengan persoalan pembentukan suatu kebudayaan dan menjadi faktor-faktor pemikiran yang membawa Abdurrahman Wahid berjuang mengenai negara dalam memperlakukan kebudayaan. Hal ini, Abdurrahman Wahid mengangkat 3 permasalahan. Pertama, Kebudayaan, Kedua, peranan Abdurrahman Wahid dalam menggerakan masyarakat di Indonesia mengenai kebudayaan. Ketiga,  faktor-faktor yang menjadi sebab kebudayaan menjadi bagian pemerintahan di Indonesia.

Dalam penyusun skripsi ini, penulis menggunakan metode kepustakaan (Library Research). Buku utama yang menjadi rujukan dari penulis skripsi ini adalah Pergulatan Negara, Agama, dan Kebudayaan yang ditulis oleh Abdurrahman Wahid, dan juga buku-buku ataupun literatur-literatur lainnya yang memiliki relevansi dengan penelitian ini.

Penelitian ini memperoleh hasil bahwa kebudayaan yang dilakukan oleh Abdurrahman Wahid memang terinspirasi dari kondisi ketertindasan atas nasib masyarakat dalam mengkreativitas dan melestarikan kebudayaannya. Maka hal ini Abdurrahman Wahid mempelajari pemahaman melalui nilai-nilai luhur kebudayaan.


Keywords


Abdurrahman Wahid, Gus Dur, Kebudayaan, Negara dan Kebudayaan, Hakikat Kebudayaan, Filsafat Kebudayaan.

References


Akkase Teng, H. Muhammad Bahar. “Filsafat Kebudayaan dan Sastra: dalam Perspektif Sejarah”, Jurnal Ilmu Budaya, Vol 5. No 1. 2017.

Baker, J.W.MSJ. Filsafat Kebudayaan Sebuah Pengantar, Yogyakarta: Kanisius, 1984.

Hakim, Fatwa Nurul. “Pola Patron-klien Pedagang Pasar Tradisional Dalam Peningkatan Kesejahteraan” Jurnal Media Informasi Penelitian Kesejahteraan Sosial, Vol.40 No.1, 2016,

Jones, Tod. Kebudayaan dan Kekuasaan di Indonesia: kebijakan Budaya Selama Abad ke-20 Hingga Era Reformasi, Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2015.

Kitley, Philip. Kontruksi Budaya Bangsa di Layar Kaca: Television, Nation, and Culture in Indonesia, Penerjemah Bambang agung, Dkk, Jakarta: Institut Sudi Arus Informasi, 2003.

Kuntjaraningrat, Manusia dan Kebudayaan, Jakarta: Djambatan, 1990.

Kusumohamidjojo, Kebhinnekaan Masyarakat Indonesia: Suatu Proble- matik Filsafat Kebudayaan, Jakarta: Grasindo, 2000.

Mahdayeni. “Manusia dan Kebudayaan (Manusia dan Sejarah Kebudayaan, Manusia Dalam Keanegaragaman Budaya dan Peradaban, Manusia dan Sumber Penghidupan)”, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol.7 No.2, 2019.

Mihardja, Achdiat K. Polemik Kebudayaan, Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya, 1948.

Nunus Supardi, Kongres Kebudayaan: 1918-2003, Edisi Revisi, Yogyakarta: Ombak, 2007.

Wahid, Abdurrahman. Pergulatan Negara, Agama, dan Kebudayaan, Depok: Desantara, 2001.

Website

Koentjaraningrat, seperti yang dikutip http://komunitas-nuun.blogspot.com


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/tadabbur.v2i01.35226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.