Rekonstruksi Teori Komunikasi Politik Dalam Membangun Persepsi Publik
Abstract
Abstract:
Presidential elections are part of the democratic party event. However, the presidential elections in 2014 and 2019 were unique elections and took a lot of public attention. In addition to only being followed by two candidates, they also formed two big camps of supporters who shared high fanatics with each candidate. In this study, the extent to which political communication theory was built by the two candidates was examined, so as to convince potential voters. In various ways carried out to attract public sympathy for the feasibility of each candidate to become the leader of the country. Some people provide positive perceptions by giving appreciation, but others provide negative perceptions and consider their acts of political communication to be limited to mere imaging. Therefore, this study wants to answer these problems.
Keywords: Political Communication, Public Perception, Presidential Election
Abstrak:
Pemilihan umum presiden merupakan bagian dari ajang pesta demokrasi. Akan tetapi pemilihan umum presiden di tahun 2014 dan 2019 merupakan ajang pemilu yang unik dan menyita banyak perhatian publik. Selain hanya diikuti oleh dua kandidat, juga membentuk dua kubu besar pendukung yang sama-sama memiliki fanatik yang tinggi kepada masing-masing kandidat. Dalam penelitian ini, dikaji sejauhmana teori komunikasi politik dibangun oleh kedua kandidat, sehingga dapat meyakinkan calon pemilihnya. Dengan berbagai cara dilakukan guna menarik simpati publik akan kelayakan masing-masing kandidat untuk menjadi pemimpin negeri. Sebagian masyarakat memberikan persepsi positif dengan memberikan apresiasi, akan tetapi sebagian lain memberikan persepsi negatif dan menganggap tindakan komunikasi politiknya hanya sebatas pencitraan belaka. Oleh karena itu, penelitian ini ingin menjawab permasalahan tersebut.
Kata Kunci: Komunikasi Politik, Persepsi public, Pemilu PresidenKeywords
References
Ahmad Farhan Subhi, "Pengusulan pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta pemilu menurut undang-undang pilpres," dalam Jurnal Cita Hukum, Volume 4, No. 2 (2016).
Aji, Ahmad Mukri. "Hak Dan Kewajiban Asasi Manusia Dalam Perspektif Islam," Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, Volume 2, Nomor 2, (2015).
Aji, Ahmad Mukri; Yunus, Nur Rohim. Basic Theory of Law and Justice, Jakarta: Jurisprudence Institute, 2018.
Arifn, Anwar. Komunikasi Politik. Filsafat, Paradigma, Teori, Tujuan,
Budiarjo, Miriam. Dasar-Dasar Ilmu Politik, Jakarta: Gramedia, 2003.
Canton, James. Te Extreme Future: 10 Trens Utama yang Membentuk Ulang Duniia 20 Tahun Ke Depan, Tangerang: Pustaka Alvabet, 2010.
Dhakidae, Daniel. “Partai-Partai Politik Indonesia: Ideologi, Strategi dan Program”. Dalam Tim Penelitian Litbang Kompas (ed.). Edisi Pemilihan Umum. Jakarta: Litbang Kompas, 1999.
Feith, Herbert. “Introduction”. In Feith and Castle, Lance (ed), Indonesian Political Tinking, 1945–1965. Ithaca: Cornell University Press, 1970.
Firmansyah. Mengelola Partai Politik: Komunikasi dan Positioning Ideologi Politik di Era Demokrasi, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.
Gani, soelistyati Ismail. Pengantar Ilmu Politik .Jakarta Timur : Ghalia Indonesia. 1084
http://www.pikiran-rakyat.com/politik/2015/11/01/348223/pemilihmuda-potensi-untuk-mendulang-suara
Maggalatung, A Salman. "Hubungan Antara Fakta Norma, Moral, Dan Doktrin Hukum Dalam Pertimbangan Putusan Hakim," dalam Jurnal Cita Hukum, Vol. 2, No. 2 (2014).
Marbun, B.N. Kamus Poitik. Jakarta: Pustaka Sinar harapan. 2005.
Mc Nair, Brian. An Introduction to Political Communication (2nd Edition). London: Routledge, 1999.
Muhaimin, Yahya.Dkk. Masalah-Masalah Pembangunan Politik. Yogyakarta: Gaja Mada University Press.1991
Nimo, Dan. Komunikasi Politik. Bandung. PT. Rosda Karya. 1999
Rakhmat, Jalaludin. Metode Penelitian Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995.
Robert Michels, Partai Politik: Kecenderungan Oligarkis dalam Birokrasi, Jakarta: Penerbit Rajawali, 1984.
Sanit, Arbit. Sistim Politik Indonesia. Jakarta : Raja Wali Pers.1990
Schroder, Peter. Strategi Politik, Jakarta: FNS, 2008.
Singarimbun, Masri; Effendi, Sofan. Metode Penelitian Survai, Yogyakarta; LP3S, 2008.
Strategi dan Komunikasi Politik Indonesia, Jakarta: Graha Ilmu, 2011.
www.pikiran-rakyat.com. “Pemilih Muda Potensi untuk Mendulang Suara”
Yuriska, dkk, Komunikasi Politik dan Pembangunan Daerah, Yogyakarta: Litera, 2017.
DOI: https://doi.org/10.15408/siclj.v2i2.11186 Abstract - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.