Analisa dan Perancangan Data Mining dengan Metode Market Basket Analysis untuk Analisa Pola Belanja Konsumen pada Tendencies Store
Abstract
Perkembangan teknologi komputasi dan media penyimpanan telah memungkinkan manusia untuk mengumpulkan dan menyimpan data dari berbagai sumber dengan jumlah yang besar. Fenomena tersebut dapat terjadi dalam berbagai bidang kehidupan termasuk dalam dunia bisnis. Saat ini database yang dimiliki oleh Tendencies Store belum dimanfaatkan secara optimal. Tendencies Store memerlukan tambahan data bagi manager untuk melakukan pembuatan keputusan strategi yang mampu meningkatkan profit perusahaan. Data yang di pakai sebagai bahan pengolahan berasal dari data transaksi Tendencies Store. Sistem data mining ini dikembangkan memakai metode pengembangan sistem Rapid Application Development (RAD) dengan pemodelan visual menggunakan Unified Modeling Languange (UML). Pada akhirnya, sistem ini digunakan untuk memberikan simulasi mengenai aturan assosiasi item untuk mengetahui pola belanja konsumen.
Kata Kunci: Data Mining, Market Baket Analysis, Rapid Application Development, UML
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15408/sijsi.v5i1.280 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.