Implementasi Cyber Public Relations Program Patriot Desa Melalui Website dan Media Sosial Instagram
Abstract
Di era digitalisasi saat ini terdapat lembaga pemerintahan yang aktif mengimplementasikan kegiatan humas siber, salah satunya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jawa Barat melalui Program Patriot Desa. Melalui pemanfaatan media sosial Instagram @patriotdesa_official sebagai akun utama untuk memberikan informasi kepada publik dan Website @dpmdesa.jabarprov.go.id sebagai profil etalase. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi humas siber yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan konsep humas siber milik Phillips & Young yaitu (1) Transparansi, (2) Porositas Internet, (3) Internet sebagai Agen, (4) Kekayaan Konten dan Jangkauan. Hasilnya, (1) Elemen Transparansi,memberikan pemahaman yang baik dan memberikan informasi yang bersifat terbuka. (2) Elemen Porositas Internet,dalam Program Patriot Desa melalui Instagram dan Website berperan sebagai poros utama dalam membangun dan memberikan informasi seputar perkembangan desa. (3) Elemen Internet sebagai Agen,salah satu proses dalam menjalin relasi dan menjaga hubungan baik. (4) Elemen Kekayaan Konten,berperan sebagai kekayaan dari konten yang dilakukan berupa kata-kata, gambar, suara, video dan lain-lain, danJangkauan, dengan menyediakan fitur pertukaran hyperlink dan optimisasi mesin pencarian sebagai usaha dalam menjangkau publik. Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat Program Patriot Desa telah mengimplementasi kegiatan humas siber, dimana program patriot desa berusaha transparan mengenai informasi dan data capaian desa, melalaui media sosial instagram @patriotdesa_official dan juga media online yaitu website @dpmdesa.jabarprov.go.id sebagai poros utama dalam melakukan publikasi, konten yang sudah bervariatif, dan menyediakan hyperlink mengenai program di mesin pencarian yang mudah dijangkau.
References
Buku
Kasemin, H. Kasiyanto, and Agresi. “Perkembangan Teknologi Informasi”. Jakarta. Prenada Media Group, (2015).
Miles, MB, & Huberman, AM (1994). Analisis data kualitatif: Buku sumber yang diperluas . Sage.
Moore, T. S., Lapan, S. D., & Quartaroli, M. T. (2012). Case study research.
Sugiyono, P. D. (2010). Metode Penelitian. Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.
Phillips, D., & Young, P. (2009). Online public relations: A practical guide to developing an online strategy in the world of social media. Kogan Page Publishers.
Jurnal
Fitria, TN. “Kesiapan siswa dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka pada kelas bahasa inggris tahun ajaran 2021/2022”. ETERNAL (Jurnal Bahasa Inggris, Pengajaran, Pembelajaran, dan Penelitian) , (2022). 8 (1),
Gabrina, I., & Suharyanti, S. “Analisis Strategi Cyber Public Relations PT Pertamina (Persero) untuk Sosialisasi Penyesuaian Harga Lpg 12 Kg Studi Kasus pada Kompetisi Blog Kompasiana oleh Pertamina”. Journal Communication Spectrum: Capturing New Perspectives in Communication, Vol 3 No. 2 (2017).
Setiawan, R., Nilamsari, N., Hamzah, R. E., & Arifin, K. “Implementasi Cyber Public Relations Dalam Pengelolaan Website Kementerian Sosial RI”. Jurnal Cyber PR, Vol. 2 No. 1 (2022), 84-93.
Waruwu, M. “Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan”. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol. 5 No. 2 (2024), 198-211.
Yazid, T. P. “Implementasi Cyber Public Relations Melalui Pengelolaan Website Pemerintah Provinsi Sumatera Barat”. Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS), Vol. 4 No. 2 (2015), 160-173.
Yona, S. (2006). Penyusunan studi kasus. Jurnal Keperawatan Indonesia , 10 (2), 76-80.
Sari, R. A. W., Septadinusastra, V. A., Nuroniyah, H., & Maryam, I. S. (2024). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Informasi dan Edukasi Posyandu Remaja Kelurahan Binong Kota Bandung. ABDIMASKU: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 7(2), 751-759.
Sumber Lain
Alkarimi, S. R. (2017). “Analisis Strategi PublicRelations Dalam Upaya Meningkatkan Minat Konsumen PT. Pos Indonesia”. Skripsi Sarjana, Perpustakaan. Bandung: Universitas Pasundan
Atikah, R. (2019). “Implementasi Cyber Public Relations Dalam Meningkatkan Citra Positif Perusahaan Pt Pln (Persero) Aceh”. Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Pasal 17 huruf i, tentang Keterbukaan Informai Publik: Sumber Dokumen Resmi
Annur, M.C “ Penggunaan Internet di Indonesia Awal 2022” https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022 (diakses pada 9 Mei 2024)
Refbacks
- There are currently no refbacks.