Analisis Produksi Siaran Podcast Cerita Sejarah Islam pada Platform Digital Spotify

Madiana Syifa, Ellya Pratiwi

Abstract


Podcast Cerita Sejarah Islam (CSI) merupakan salah satu bentuk dakwah Islam yang
memanfaatkan Spotify sebagai platform digital, dengan pendekatan Al-Maw’izhah Al-Hasanah,
yang memberikan nasihat dan bimbingan melalui kisah para Nabi, Rasul, dan pengetahuan Islam
lainnya. Sebagai podcast religius di Spotify, CSI dirancang untuk menghadirkan konten yang
menarik dan relevan bagi umat Islam dari berbagai usia. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana proses produksi siaran podcast Cerita Sejarah Islam pada Platform
Digital Spotify dan karakter CSI sebagai podcast dakwah di Spotify. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif dan metode pengumpulan data berupa wawancara dan
dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada pemikiran Peter K.
Pringle dan Michael F. Starr dalam buku Electronic Media Management, yang menguraikan
fungsi manajemen produksi, meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan
pengawasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses produksi podcast CSI, tahap
perencanaan mencakup riset materi, penyusunan naskah, review naskah, dan editing.
Pengorganisasian melibatkan peran produser, penulis, reviewer, voice over, dan editor. Namun,
pengarahan belum optimal karena belum dilaksanakan pelatihan. Sementara itu, pengawasan
dilakukan untuk memeriksa dan memperbaiki kesalahan yang dapat terjadi. Adapun karakter dari
podcast CSI ini, yaitu penguatan pada konten-konten dakwah yang menghibur dengan gaya
storytelling, penambahan musik, dan graphic design yang menarik namun tetap memenuhi
prinsip-prinsip komunikasi Islam.


References


Arbi, A. 2003. Dakwah dan Komunikasi. Jakarta: UIN Jakarta Pers.

Kustiawan, W., Diva, D. D. F., Hasanah, M., Napitupulu, U. Z., Lubis, S. H., & Simanjuntak, H.

H. A. 2024. Analisis Ketertarikan Pendengar Terhadap Bentuk Penyiaran Digital

Podcast. AZZAHRA: Scientific Journal of Social and Humanities, 2(1), 29–36. Retrieved

from https://journal.csspublishing.com/index.php/azzahra/article/view/726

Malayu, S, P. (2016). Manajemen (Dasar, Pengertian, dan Masalah). Jakarta: Bumi Aksara.

Morissan. (2008). Manajemen Media Penyiaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Peter K Pringle, M. F. 2006. Electronic Media Management. English: Taylor & Francis Group.

Rizky Rafiqah, Aprianti Agus. (2022). “Pengaruh Podcast Rintik Sedu Terhadap Perilaku

Celebrity Worship K-Popers”. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, Vol.11 (2), 46-61.

Roudhonah & Suhaimi. 2020. Islam Moderat di Indonesia: Aktivitas Dakwah Islam Ahmad Syafii

Maarif. Yogyakarta: Quantum.

S. Yollis Michdon Netti, Irwansyah. (2018). “Spotify: Aplikasi Music Streaming untuk Generasi

Milenial”. Jurnal Komunikasi. Vol.10, 1-16.

We Are Social. 2022. The Global State of Digital in October 2022.

https://wearesocial.com/uk/blog/2022/10/the-global-state-of-digital-in-october-2022/

Yunita, Mella. 2024. Transformasi Konten Media Sosial Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran

Dalam Bingkai Dakwah. Jurnal Syiar-Syiar, 4 (1), 58-69.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.