Strategi Goverment Public Relations Komisi Pemilihan Umum Provinsi Banten dalam Membangun Kepercayaan Publik di Pemilu Tahun 2024

Mohamad Ihsan

Abstract


Penelitian ini membahas strategi Government Public Relations yang diterapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten dalam membangun kepercayaan publik pada Pemilu Serentak 2024. Mengingat tantangan yang dihadapi KPU Banten, terutama dalam mempertahankan kredibilitas penyelenggaraan pemilu di tengah tingginya tingkat heterogenitas masyarakat, penelitian ini mengeksplorasi peran Humas sebagai jembatan komunikasi antara penyelenggara pemilu, peserta, dan pemilih. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini diharapkan mampu memberikan gambaran tentang bagaimana strategi  Government Public Relations KPU Provinsi Banten dalam membangun kepercayaan publik di Pemilu Serentak Tahun 2024. Dengan menggunakan teknik penelitian berdasarkan literatur dan observasi yang mandalam karena peneliti termasuk dalam bagian dari penelitian (observasi partisipan) sehingga diharapkan dapat memperkuat penelitian yang dilakukan. 

Penelitian ini menunjukkan pentingnya strategi komunikasi yang efektif, termasuk edukasi publik, pengelolaan informasi, framing media, serta pengelolaan media sosial dan kolaborasi dengan berbagai pihak. Studi ini menemukan bahwa Humas KPU Banten berhasil meningkatkan partisipasi dan kepercayaan publik melalui pendekatan yang transparan dan responsif terhadap dinamika sosial-politik yang berkembang, meskipun masih dihadapkan pada beberapa tantangan seperti ekspetasi masyarakat yang dapat memengaruhi kepercayaan publik terhadap sistem pemilu. 



References


Afiyanti, Y. (2014). PENGGUNAAN LITERATUR DALAM PENELITIAN KUALITATIF. Jurnal Keperawatan Indonesia, 9(1). https://doi.org/10.7454/jki.v9i1.157

Amrullah, A. A., Anam, M. S., Wisadirana, D., Tawakkal, G. T. I., & Hakim, M. L. (2023). Actors of Democracy: Civil Society’s Political Mandate in Post-Reform Election. 266–286. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-148-7_22

Aprilia, I. G. A. S. D., & Permana, G. P. L. (2024). Edukasi Pentingnya Menggunakan Hak Suara untuk Pemilih Pemula SMKN 3 Denpasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 1301–1306. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2960

Banten.BPS,go.id. (t.t.). [Metode Baru 2021]Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Banten Menurut Indikator—Tabel Statistik—Badan Pusat Statistik Provinsi Banten. Diambil 29 Agustus 2024, dari https://banten.bps.go.id/id/statistics-table/2/NDk1IzI=/-metode-baru-2021-indeks-demokrasi-indonesia-idi-banten-menurut-indikator.html

BantenNews.co.id. (2024, Agustus 6). KPU Banten Raih Juara 1 di Ajang Apresiasi Parhumas. BantenNews.co.id -Berita Banten Hari Ini. https://www.bantennews.co.id/kpu-banten-raih-juara-1-di-ajang-apresiasi-parhumas/

Bayu Dardias Kurniadi. (2011). PRAKTEK PENELITIAN KUALITATIF. PolGov UGM.

indonesiabaik.id. (t.t.). 7 Provinsi Paling Banyak Penduduknya | Indonesia Baik. Diambil 29 Agustus 2024, dari https://indonesiabaik.id/infografis/7-provinsi-paling-banyak-penduduknya

KOMINFO, P. (t.t.). Peran Humas dalam Implementasi Goverment Public Relation. Website Resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Diambil 1 September 2024, dari http:///index.php/content/detail/6134/Peran+Humas+dalam+Implementasi+Goverment+Public+Relation/0/berita_satker

Meyliana, I. F., & Erowati, D. (2020). MENAKAR PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT KABUPATEN TANA TORAJA TERHADAP PEMILIHAN KEPALA DAERAH (PILKADA) TAHUN 2020. Jurnal Academia Praja : Jurnal Magister Ilmu Pemerintahan, 3(02), Article 02. https://doi.org/10.36859/jap.v3i2.183

Mundir. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. STAIN Jember Press.

Nilasari, B.W. (2012). Humas Pemerintahan. Graha Ilmu.

Ruslan. (2016). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. (1–13). Raja Grafindo Persada.

Saluan, F., Egeten, M., & Tulung, T. (2023). Evaluasi Strategi KPU Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat Pada Pemilihan Gubernur Tahun 2020 Di Kabupaten Kepulauan Talaud. Sam Ratulangi Politics Review (SRPolRev), 1(1), Article 1. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/srpolrev/article/view/49527

Sjoraida, D. F., Guna, B. W. K., Nungraha, A. R., Amri, M., Santosa, T. A., & Suar, A. (2024). Exploring the Impact of Social Media on Political Participation: A Review of Empirical Studies. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.10497

Suprawoto. (2018). Government Public Relation. Prena Media Grup.

variabanten.com. (2024, Februari 17). KPU Banten Sebut Partisipasi Pemilu 2024 Capai 80 Persen. VARIA BANTEN. https://variabanten.com/1085/kpu-banten-sebut-partisipasi-pemilu-2024-capai-80-persen.html


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.