Digital Public Relations dalam Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract
Perguruan tinggi perlu membangun reputasi yang baik karena berkaitan dengan kualitas yang melekat pada institusi pendidikan. Tingkat persaingan di antara perguruan tinggi negeri dan swasta turut mendorong terciptanya inovasi untuk meraih minat calon mahasiswa. Digital Public Relations sebagai salah satu kegiatan Public Relations menjadi sebuah inovasi untuk sosiliasi promosi dengan memanfaatkan media digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan digital Public Relations dalam sosialisasi penerimaan mahasiswa baru di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi yang relevan dengan penelitian. Observasi yang dilakukan melalui observasi partisipan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial terutama Instagram, Tiktok, maupun website yang digunakan dalam aktivitas digital Public Relations memungkinkan pemantauan dan analisis kinerja sehingga efektivitas pesan dan interaksi dengan publik dapat diketahui dengan baik. Adanya digital Public Relations menciptkan pendekatan baru antara instansi dengan publik terutama dalam kecepatan dan kemudahan interaksi serta jangkauan penyampaian pesan. Hal inilah yang menjadi alasan pemanfaatan digital Public Relations oleh tim Public Relations UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk sosialisasi penerimaan mahasiswa baru.
Kata Kunci: Digital Public Relations, Perguruan Tinggi, Sosialisasi, Media Sosial
References
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Damayanti, N. (2020). Digital Humas Pemerintah Dalam Menyampaikan Informasi Edukasi Pencegahan Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Pustaka Komunikasi, 3(2), 191–200. https://doi.org/10.32509/pustakom.v3i2.1121
Irawati, D., Natsir, N. F., & Haryanti, E. (2021). Positivisme, Pospositivisme, Teori Kritis, dan Konstruktivisme dalam Perspektif “Epistemologi Islam.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(8), 870–880. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.358
Jefkins, F. (2004). Public relations (5th ed). Penerbit Erlangga.
Meranti & Irwansyah. (2018). Kajian Humas Digital: Transformasi Dan Kontribusi Industri 4.0 Pada Stratejik Kehumasan. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 7(1), 27–36. https://doi. org/10.2527/jas 2012-5761
Morissan. (2010). Manajemen public relations: Strategi menjadi humas profesional. Kencana.
Nurjanah, A., & Nurnisya, F. Y. (2016). Pemanfaatan Digital Public Relations (Pr) Dalam Sosialisasi Tagline “Jogja Istimewa” Humas Pemerintah Kota Yogyakarta. ARISTO, 4(1), 130. https://doi.org/10.24269/aristo.iv/1.2016.9
Primarni, A. (2003). Introduction to public relations. Lentara Ilmu.
Rona, N. M., Sufa, S. A., & Ratnasari, E. (2022). Aktivitas Digital Public Relations Dalam Akun Instagram @ORTUSEIGHT. Medium, 10(1), 69–83. https://doi.org/10.25299/medium.2022.vol10(1).9149
Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9680–9694. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1536
Syukri & Sumarni. (2020). Strategi Humas Dalam Meningkatkan Minat Calon Mahasiswa Baru Di Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-KO), 2(2), 43–52. https://doi.org/10.26644/jko.v2i1.6064
https://admisi.uinjkt.ac.id
www.banpt.or.id
https://www.instagram.com/uinjktofficial?igsh=MTBhamFyYmpnMnNoMA==
https://spmb.uinjkt.ac.id/spmbv2/home.zul
https://www.tiktok.com/@uinjktofficial?_t=8ouDjZp6ueW&_r=1
https://uinjkt.ac.id/id
Refbacks
- There are currently no refbacks.