Strategi Komunikasi Pemasaran Smart Village Desa Patrasana Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang
Abstract
Artikel ini menjawab pertanyaan bagaimana strategi komunikasi pemasaran smart village di Desa Patrasana Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang Banten. Penelitian ini bagian dari pengabdian kepada masyarakat menggunakan metode, pertama, framework Smart Village, kedua adalah analisis SWOT digunakan sebagai dasar untuk merancang strategi dan program kerja. Analisis internal meliputi penilaian terhadap faktor kekuatan (Strength) dan kelemahan (Weakness). Sementara, analisis eksternal mencakup faktor peluang (Opportunity) dan tantangan (Threath). Pelatihan pendampingan di Desa Partasana fokus pada problematika desa yang sebelumnya telah dianalisis oleh Tim Peneliti dengan menggunakan analisis SWOT sebagai dasar untuk merancang strategi dan program kerja. Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan di desa ini adalah dengan penguatan smart government dengan pelayanan digital, dan penguatan pemasaran digital para produsen sepatu di Desa Patrasana.
Kata Kunci: Strategi, Komunikasi, Pemasaran, Smart Village, Patrasana
References
Amalia, Deden Mauli Darajat, Ismawati Haribowo, Rizal Umami Ahmad, Asmu’i, Abdil Azizul Furqon, "Culture and Economic Resilience of “Baduy Tribe” in Indonesia", WSEAS Transactions on Environment and Development, vol. 19, pp. 427-436, 2023
Darajat, Deden Mauli; Rahmi, Cinta, "Kyai Zainuddin Amir's dakwah Strategy in Spreading Islamic Values in Baduy Tribe Community", Jurnal Mimbar Agama Budaya, 38 (2), 2021.
Darajat, D. M., & Muhtadi, M. (2020). Strategi Literasi Politik Untuk Mendukung Kesejahteraan Masyarakat Desa. Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial Dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 6(3), 305–317. https://doi.org/10.33007/inf.v6i3.2422
S Ella, RN Andari, (2018) “Developing a smart village model for village development in Indonesia”, International Conference on ICT for Smart Society (ICISS), 1-6.
Refbacks
- There are currently no refbacks.