Analisis Strategi Komunikasi Instagram @JNTExpress.Jakarta Menggunakan Teori Lasswell terhadap Penggunaan Jasa Pengiriman Barang J&T Jakarta Selama Pandemi
Abstract
Pada masa pandemi Covid-19, media sosial, terutama Instagram, memiliki pengaruh besar dalam membentuk persepsi pelanggan terhadap belanja daring. Faktor-faktor seperti ulasan produk dan jasa, promosi, testimoni pengguna, giveaway, dan konten visual memegang peranan penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Persepsi ini turut mendorong pertumbuhan bisnis ekspedisi, yang mendukung pengiriman barang hasil belanja daring. J&T Express area Jakarta memanfaatkan Instagram untuk mempromosikan layanan pengiriman guna mendukung proses pengantaran barang kepada pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi komunikasi J&T Express melalui akun Instagram @jntexpress.jakarta dalam memberikan informasi seputar pengiriman yang mempermudah belanja daring. Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus digunakan, melibatkan wawancara kepada informan yang dipilih secara purposive sampling serta sumber data primer dan sekunder. Teori Lasswell diterapkan untuk menganalisis hasil penelitian. Temuan menunjukkan bahwa strategi komunikasi J&T Express area Jakarta melalui Instagram efektif dalam menyampaikan informasi seputar jasa pengiriman kepada pelanggan menggunakan ulasan produk jasa, promosi, testimoni, giveaway, dan konten visual melalui story, feeds, dan reels. Hal tersebut turut meningkatkan minat pelanggan menggunakan jasa J&T Express Jakarta ketika belanja daring.
Kata Kunci: Instagram, Strategi Komunikasi, Teori Lasswell, Pandemi
References
Alyusi, S. D. 2015. Media sosial: Interaksi, identitas, dan modal sosial. Jakarta: Kencana.
Anggito, A., & Setiawan, J. 2018. Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: Jejak.
Fillah, H. 2019. Perilaku konsumen e-commerce perspektif shari’ah: Studi perilaku berbelanja mahasiswa pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya pada Tokopedia dan Shopee. Tesis. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Firmansyah, M. A. 2020. Komunikasi pemasaran. Pasuruan: Qiara Media.
Golan, G. J., & Zaid, B. 2013. Social media engagement: The interactive element in communication strategies. Journal of Communication Management, 45.
Järvinen, J., & Taiminen, H. 2016. Harnessing marketing automation for B2B content marketing. Industrial Marketing Management, 54, 142-152.
Jatmiko, B. P. 2021. Pengiriman Barang J&T Express Capai 2,5 Juta Paket Per Hari. Kompas. https://money.kompas.com/read/2021/09/14/184409226/pengiriman-barang-jt-express-capai-25-juta-paket-per-hari.
Kotler, P., & Keller, K. L. 2016. Marketing management 15th ed.. Boston: Pearson Education.
Kriyantono, R. 2013. Manajemen periklanan: Teori dan praktek. Malang: UB Press.
Kriyantono, R. 2014. Teknik praktis riset komunikasi: Disertai contoh praktis riset media, public relations, advertising, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran (Cet. ke-7). Jakarta: Kencana.
Lasswell, H. D. 1948. The structure and function of communication in society. In L. Bryson Ed., The communication of ideas pp. 37-51. Harper & Brothers.
Listianingrum, R., Poerana, A. F., & Arindawati, W. A. 2021. Strategi komunikasi melalui media Instagram dalam memberikan informasi kepada mahasiswa. Jurnal Pustaka Komunikasi, 4(1), 11-23.
Mujib, F., & Saptiningsih, T. 2020. School branding: Strategi di era disruptif. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyana, R. N. 2021. Tren belanja online menanjak, pengiriman J&T Express naik 25% pada semester I-2021. Kontan. https://industri.kontan.co.id/news/tren-belanja-online-menanjak-pengiriman-jt-express-naik-25-pada-semester-i-2021
Musfar, T. F. 2020. Buku ajar manajemen pemasaran: Bauran pemasaran sebagai materi pokok dalam manajemen pemasaran. Bandung: Media Sains Indonesia.
Pasaribu, M., & Siregar, H. 2019. Strategi komunikasi PT Ertri Indonesian dalam menjaga eksistensi sebagai digital agency. Jurnal Pustaka Komunikasi, 2(1), 41–53. https://doi.org/10.32509/pustakom.v2i1.868
Pratkanis, A. R., & Aronson, E. 2001. Age of propaganda: The everyday use and abuse of persuasion Revised ed.. New York: W. H. Freeman.
Smith, P. R., & Zook, Z. 2011. Marketing communications: Integrating offline and online with social media (5th ed.). London: KoganPage.
Sulastri, C., Yulianita, N., & Ayuna, N. E. 2021. Komunikasi pemasaran terpadu sebagai penentu belanja daring di tengah pandemi COVID-19: Pendekatan studi kasus pada startup unicorn baru JNT Express melalui akun Instagram @jntexpress.jakarta. Jurnal Ilmiah: Jurnal Akrab Juara Yayasan Akrab Pekanbaru, 6(2), 269-290.
Tim. 2023. Daftar Terbaru Startup Berstatus Unicorn di Indonesia. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20230526145653-92-954402/daftar-terbaru-startup-berstatus-unicorn-di-indonesia/2#:~:text=PT%20Global%20Jet%20Express%20atau,miliar%20per%207%20April%202021.
Wijaya, H., & Sirine, H. 2016. Strategi segmenting, targeting, positioning serta strategi harga pada perusahaan kecap Blekok di Cilacap. AJIE - Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 1(3), 1-15.
Yin, R. K. 2016. Qualitative research from start to finish (2nd ed.). New York: The Guilford Press.
Yin, R. K. 2018. Case study research and applications (6th ed.). Los Angeles: SAGE Publications.
Refbacks
- There are currently no refbacks.