IMPLEMENTASI THE CIRCULAR MODEL OF SOME DALAM PENGELOLAAN KONTEN ISLAMI DI INSTAGRAM @ALIFIQRA
Abstract
Sebagai akun media sosial yang berfokus pada konten-konten Islami, Alif Iqra mempunyai jumlah pengikut yang cukup besar yakni, 56,1 ribu dengan jumlah postingan 821 konten. Namun, fakta tersebut tidak sejalan dengan tingkat interaksi netizen melalui kolom komentar dan direct message. Berdasarkan pada hal tersebut, Peneliti tertarik untuk mengetahui proses yang sebenarnya terjadi, sehingga terumuskannya masalah sebagai berikut: 1). Bagaimana implementasi tahap Share dan Optimize pada model komunikasi The Circular Model of SOME dalam pengelolaan konten Islami di Instagram? 2). Bagaimana implementasi tahap Manage dan Engage pada model komunikasi The Circular Model of SOME dalam pengelolaan konten Islami di Instagram? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan Teori Social Information Processing (SIP) oleh Joseph Walther. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Jenis penelitian yang digunakan ialah fenomenologi, dengan teknik analisis data model tiga tahap yakni reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Diketahui Alif Iqra telah mengimplementasikan model komuniasi The Circular Model of SOME secara keseluruhan, baik berupa Share, Optimize, Manage, hingga Engage. Namun, Alif Iqra menyadari adanya keterbatasan dalam sumber daya manusia dan melakukan persuasive kepada followers, sehingga menjadi kendala serius pada tahap Manage dan Engage. Akibatnya, optimalisasi penerapan model komunikasi The Circular Model of SOME tidak berjalan sesuai harapan, di mana followers masih menunggu konten yang relevan dengan peristiwa/pengalaman yang dialami, sehingga dapat terjadinya interaksi dua arah pada wadah online tersebut.
Kata Kunci: isi, format, artikel.
References
Alijoyo, Antonius, Dkk. (2021). Structured or Semi-Structured Interviews. Bandung : CRMS.
Al-Maragiy, A. (1972). Tafsir Al-Maragiy, Juz V. Mesir: Mushthafa al-Babiy al -Halabiy.
Asy-Sya’rawi. (2015). Tafsir Al-Qur’an Sya’raw. Arab: Alrayah.
Atmoko, Bambang Dwi. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.
Bafadal, I. (2005). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Bisri, K. (2021). Rasionalitas Al-Quran; Studi Kritis atas Tafsir Al Manar Karya M. Abduh dan M. Rasyid Ridha. Serang: Nusamedia.
Enterprice, Jubilee. (2016). Instagram Untuk Fotografi Digital & Bisnis Kreatif. Bandung: Publishing House.
Green, D. J. (2017). . Instagram Marketing: The Guide Book for Using Photos on Instagram to Gain Millions of Followers Quickly and to Skyrocket your Business (Influencer and Social Media Marketing). United States: CreateSpace Independent Publishing Platform.
Griffin, dkk. (2023). Pandangan Pertama Pada Teori Komunikasi. New York : Bukit McGraw.
Hendroyono, Handoko. (2012). Brand Gardener. Tangerang: Literati.
Kahija, YF. (2017). Penelitian Fenomenologis. Yogyakarta: Penerbit PT Kanikius.
Kriyanto, Rahmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT. Kencana Perdana.
Kusnadi. (2013). Hubungan Antar Umat Bergama: Tafsir Tematik terhadap Persoalan-persoalan Sosial lintas Iman. Yogyakarta: Abosolute Media.
Lofland, John & Lofland, Lyn H. (1984). Analyzing Social Settings A Guide to Quantitative Observation and Analysis. Belmont: Wads Worth Publishing Company.
Luttrell, Regina. (2014). Social Media: How to Engage, Share, and Connect. United States: Rowman & Littlefield Publisher.
McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa . Jakarta: Salemba Humanika.
Meleong, L, J. (2001). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Miles, B. M., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
Mondry. (2008). Teori dan Praktik Jurnalistik. Bogor: Ghalia Indonesia.
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai Contoh Proposal). Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat.
Nasrullah, R. (2020). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Pujileksono, Sugeng. (2015). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Kelompok Intrans Publishing.
Puntoadi, D. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. Jakarta: PT Elex Komputindo.
Qutb, S. (2000). Tafsir fi zhilalil Qur’an: di bawah naungan Al-Qur’an. Depok: Gema Insani Press.
Salim, Agus. (2001). Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Straus, A., & Corbin, J. (1990). Basics of Qualitative Research: Grounded Theory Procedures and Techniques. NewBury Park: Sage.
Sudijono, A. (2011). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo.
Syahputra, I. (2019). Media Relations. Jawa Barat: Rajagrafindo Persada.
Taprial, Varinder dan Kanwar, Priya. (2012). Understanding Social Media. London: Ventus Publishing ApS.
Thaib, Erwin Jusuf. (2021) Problematika Dakwah Di Media Sosial. Sumatra Barat: Insan Cendekia Mandiri.
West, R and Tucner, L. (2017) Pangantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi, Jakarta: Salemba Humanika.
Yusro, Ngadri. (2012). Metode Dakwah Islamah. Bengkulu: Lembaga Percetakan dan Penerbitan LP2 STAIN CURUP.
B. Jurnal:
Alkatiri, Dkk. (2022). Analisis Penggunaan Hashtag di Instagram dalam Meningkatkan Penjualan pada Upaya Thrift. Tranformasi: Journal of Economics and Business Management Vol.1 (4), h. 206-216.
Batubara, Juliana, “Paradigma Penelitian Kualitatif dan Filsafat Ilmu Pengetahuan dalam Konseling”, Jurnal Fokus Konseling, Vol.3, no.2 (2017). h.103-104.
Cindie Sya’bania Feroza, Desy Misnawati. (2020). Penggunaan Media Sosial Instagram pada Akun @yhoophii_official Sebagai Media Komunikasi dengan Pelanggan. Jurnal Inovasi, 32-41.
Cindy, A. (2021). Peran Live Interaction dalam Meningkatkan Customer Engagement pada Instagram Florash (Survei Terhadap Followers Akun Instagram Florash). Bandung: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen (non-pendidikan), Universitas Pendidikan Indonesia.
Finy F. Basarah dan Gustina. (2020). Perancangan Konten Edukatif Di Media Sosial. Jurnal Abdi Masyarakat Vol.5 (2), 20- 44.
Hanindharputri & Maha Putra. (2019). Peran Influencer dalam Strategi Meningkatkan Promosi dari Suatu Brand. Seminar Nasional Sandyakala 2019.
Hariyanti, N & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen. Eksekutif: Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 15 (1), h. 133-146.
Hidayah, Dkk. 2022). Etika Berinteraksi Menurut Pandangan Islam. Jurnal Riset Rumpun Agama dan Filsafat (JURRAFI) Vol.1 (2), h.83-94.
Kusuma, Diana Fitri dan Sugandi, Mohamad Syahriar. (2018). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi Vol.3 (1), 17-31.
Mahmudah, S & Rahayu, M. (2020). Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat Pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan. Jurnal Komunikasi Nusantara Vol 2. No. 1, h. 6.
Mu’ammar, M, N. (2017), Analisis Fenomenologi Terhadap Makna dan Realita, Jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Vol.13, No.1
Ningsih, W. (2022) Efisiensi Hashtag pada Caption Terhadap Engagement Instagram @jajanantradisional.bdg (Studi Kasus pada Unggahan dengan topik Es Dawet). Jurnal Industri Patiseri Digital, h.4.
Nugroho, A & Wahyudi. (2019). Perancangan Aplikasi Untuk Creative Block. Jurnal DKV Adiwarna Universitas Kristen Petra Vol.1 (14), h.1-12.
Pakpahan, A & Djuwita, A. (2019). Penggunaan Circular Model of SOME Melalui Instagram @trademark_bdg. Jurnal e-Proceding of Management Vol. 6 (2), h.5201.
Pandaleke, Dkk. (2020). Pengaruh Instagram Stories Terhadap Perilaku Menyimpang Siswa-Siswi di SMP Negeri 6 Ratahan. Jurnal Arca Diurna Komunikasi Vol. 2 (3), h, 107.
Prayoga, Andhika Noerand dan Primadani Berlian. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Bagi Pecinta Vespa Tua Pada Akun @vespasoy, Jurnal Universitas Telkom, Bandung.
Prihatiningrum, S & Kusmiati, Y. (2023). Efektivitas Akun Instagram @Aniesbaswedan dalam Meningkatkan Kepercayaan Publik (Analisis Epic Model pada Akun Instagram @Aniesbaswedan). WARDAH: Jurnal Dakwah dan Kemasyarakatan. Vol.24 (1).
Walther, J.B. (1992). Interpersonal Effects in Computer-Mediated Interaction: A Relational Perspective, Communication Research, 1992, Vol.19, No.1.
Walther, J.B. (1995). Relational aspects of computer-mediated communication: Experimental observations over time. Organization Science, Vol.6 (2).
Wulandari, D., Arcana, I. N., dan Kuncoro, K. S. (2022). Pengembangan Instagram Reels pembelajaran pokok bahasan persamaan garis lurus untuk SMP. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol.10 (1).
C. Website:
Agassi, F. Mengenal Apa Itu Instagram Insight Beserta Fitur. https://toffeedev.com/blog/business-and-marketing/mengenal-apa-itu-instagram-insights-beserta-fitur/, diakses pada 30 Maret 2024.
Annur, Cindy Mutia. Indonesia Masuk 5 Besar Negara dengan Pengguna Instagram Terbanyak di Dunia pada tahun 2023 diakses melalui website https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/01/indonesia-masuk-5-besar-negara-dengan-pengguna-instagram-terbanyak-di-dunia pada 25 Agustus 2023.
Asih, S. Ampukah Strategi Riding The Wave untuk Promosi. https://semarangkota.go.id/p/4225/ampuhkahstrategiridingthewaveuntukpromosi, diakses pada 29 Maret 2024.
Azis, Y. Prime Time Instagram: Manfaatkan Ini untuk Jualan.https://deepublishstore.com/blog/prime-time-instagram-untuk-bisnis/, diakses pada 30 Maret 2024
Baldwin, C. 4 Reasons Businesses Should Use Instagram Stories. https://www.wsiworld.com/blog/businesses-should-use-instagram-stories, diakses pada 25 Maret 2024.
Brinkman, A. Listen and Learn: Six Tips to Master Social MediaListening.https://www.forbes.com/sites/forbescommunicationscouncil/2018/12/26/listen-and-learn-six-tips-to-master-social-media-listening, diakses pada 2 April 2024.
Cucu, E. (STUDY) Instagram Benchmarks: What Is thr Best-Performing Content Type on Instagram Based on Data. https://www.socialinsider.io/blog/instagram-benchmarks/, diakses pada 14 April 2024.
Databoks. Indonesia Jadi Negara dengan Pengguna Instagram Terbanyak ke-4 di Dunia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/28/indonesia-jadi-negara-dengan-pengguna-instagram-terbanyak-ke-4-di-dunia diakses pada 24 Maret 2024.
https://about.instagram.com/blog/announcements/introducing-inst agram-Reels-announcement, diakses pada 13 April 2024.
https://about.instagram.com/blog/announcements/introducing-instagram-Reels-announcement, diakses pada 13 April 2024
https://business.instagram.com/blog/how-to-communicate-effectively-with-customers?locale=id_ID, diakses pada 1 April 2024.
https://business.instagram.com/instagram-stories?locale=id_ID, diakses pada 30 Maret 2024.
Refbacks
- There are currently no refbacks.