Membingkai Pesan Moral Al-Qur'an tentang Ahli Kitab
Abstract
Dalam tradisi kesarjanaan Islam, sayangnya, khazanah yang sangat luas dari konsep Ahli Kitab tidak mendapat perhatian yang cukup serius sebagai pijakan kaum Muslimin untuk membangun hubungan antar agama yang inklusif. Sebagaimana istilah-istilah lain dalam tradisi Islam, seperti al-dīn, ummah dan lainnya, istilah Ahli Kitab biasanya dipahami dan difungsikan sebagai kriteria penilai bagi hubungan agama-agama itu. Fungsi ini secara apologetis bisa bermuara pada dua sikap yang saling melengkapi. Pertama, istilah Ahli Kitab digunakan untuk menjustifikasi bahwa dalam Islam hubungan agama-agama telah diintrodusir walau dengan catatan-catatan yang carut-marut. Kedua, dengan istilah itu pula karena gambaran-gambaran kritis yang disajikan al-Qur’an tentang Ahli Kitab menjadi pembenar dan pengesah bagi kaum Muslimin untuk mengambil jarak teologis kepada mereka. Penitikberatan istilah Ahli Kitab sebagaimana di atas merupakan cermin dari keberagamaan yang bersikap normatif-idealistik yang mengukur tingkat keberagamaan dari aspek-aspek formal ajaran agama saja, sehingga semangat dari istilah itu kurang mendapat perhatian serius. Buku yang ditulis oleh Muhammad Ghalib M ini mungkin bisa dimasukkan dalam kategori itu.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adams, Charles C. Islam and Modernism in Egypt: A Study of the Modern Reform Movement Inaugurated by Muhammad ‘Abduh, Oxford: Oxford University Press, 1933.
Ali, Maulana Muhammad. The Religion of Islam, terj. R. Kaelan dan H.M. Bachrun, Islomologi, Jakarta: Ikhtiar Baru, 1977.
Arkoun, Mohammed. “The Notion of Revelation: From Ahli Kitab to the Societies of the Book,” Die Welt des Islams 28 (1988).
Asad, Muhammad. The Message of the Qur’an, Gibraltar: Dar Al-Andalus, 1980.
Barton, John. People of the Book? The Authority of the Bible in Christianity, Louisville: Westminster, 1988.
Boullata, Issa J. “Fa-stabiqu I-khayrat: A Quranic Principle of Interfaith,” dalam Yronne Hadda dan Wadi Z. Haddad (eds), Christian-Muslim Encounters, Gainesville: University of Florida Press, 1995.
Engel, Edith S. One God, People of the Book, New York: The Pilgrim Press, 1990.
Esack, Farid. Qur’an, Liberation and Pluralism: An Islamic Perspective of Interreligious Solidarity against Oppression, Oxford: One World, 1997.
Gaudel, Henry-Marie. Encounters and Clashes: Islam and Christianity in History, Rome: Pontificio Instituto di Studi Arabi e Islamici, 1990.
Hazm, Ibn. Kitab al-Fisal fi al-Milal wa al-Ahwa wa al-Nihal, Kairo: t.p., 1317H.
Heilman, Samuel C. The People of the Book: Drama, Fellowship and Reli-gion, Chicago: Chicago Univ. Press, 1983.
Jansen, JJ.G. The Interpretation of the Koran in Modern Egypt, Leiden: EJ. Brill, 1974.
Lazarus-Yafeh, Hava. Intertwined Worlds: Medieval Islam and Bible Criti-cism, New Jersey: Princeton Univ. Press, 1992.
Nasr, Seyyed Hossein. “Islam dan the Encounter of Religions,” dalam Proceedings of the Xlth Congress of the International Association for the History of Religions, Leiden: E.). Brill, 1968.
Rahman, Fazlur. Major Themes of the Quran, Minneapolis: Bibliotheca Islamica, 1980.
Rahman, Fazlur. Tema Pokok Al-Qur’an, Bandung: Pustaka, 1983.
Rida, Rashid. Tafsir al-Qur’an al-Hakim al-Musamma bi Tafsir al-Manar, Kairo: al-Hay’ah al-Ammah li al-Kitab, 1972.
Rippin, Andrew. “Interpreting the Bible Through the Qur’an,” dalam Approaches to the Qur’an, eds. G.R. Hawting dan Abdul-Kader A. Shareef, London: Routledge, 1993.
Schirrmacher, Christine. “Muslim Apologetics and the Agra Debate of 1854: A Nineteenth Century Turning Point,” The Bulletin of the Hen-ry Martyn Institute of Islamic Studies 13, no. 1 (1) January-June 1994.
Smith, Wilfred Cantwell. Religious Diversity, New York: Harper and Row Publisher, 1976.
Smith, Wilfred Cantwell. The Meaning and End of Religion, London: SPCK, 1978.
Waardenburg, Jacques. “World Religions as Seen in the Light of Islam,” dalam Alford T. Welch dan Pierre Cachia (eds), Islam: Past Influence and Present Challenge, Edinburgh: Edinburg University Press, 1979.
Waddy, Charis. “The People of the Book: A New Chapter in Co-operation,” Islamic Quarterly 23 (1979).
Zebiri, Kate. Muslim and Christian Face to Face, London: One World, 1997.
DOI: https://doi.org/10.15408/ref.v1i2.25755 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
FACULTY OF USHULUDDIN SYARIF HIDAYATULLAH STATE ISLAMIC UNIVERSITY
Office: Faculty of Ushuluddin Building - 2nd Floor R. Jurnal - Jl. Ir. Juanda No. 95 Ciputat Jakarta
Phone/fax: +62-21-7493677/+62-21-7493579 - email: jurnalrefleksi@apps.uinjkt.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.