CHARACTER BUILDING PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE PARENTING DI LINGKUNGAN KELUARGA

Neng Sri Nuraeni

Abstract


Pendidikan sejak usia dini kepada anak-anak merupakan salah satu cara untuk membentuk karakter dan kepribadian anak untuk masa yang akan datang. Anak – anak yang memiliki kecerdasan yang baik biasanya akan memiliki karakter yang baik pula. Setiap orang tua pasti ingin anaknya kelak dapat berguna dan memiliki masa depan yang baik. Masa depan yang baik akan bisa tercapai jika anak diberikan pembelajaran tata krama dan juga kemandirian yang tepat. Kebiasaan – kebiasaan yang baik akan membantu anak – anak untuk bisa hidup dengan baik dan sehat. Anak anak sejak masa bayi hingga usia prasekolah memiliki lingkungan tunggal, yaitu keluarga. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika dikatakan bahwa kebiasaan yang dimiliki anak - anak sebagian besar terbentuk oleh pendidikan dalam keluarga, sejak dari bangun tidur hingga saat tidur kembali, anak-anak  menerima pengaruh dan pendidikan dari lingkungan terutama keluarga. Sehingga pendidikan dalam keluarga merupakan inti dan fondasi dari upaya pendidikan secara keseluruhan. Pendidikan dalam keluarga yang baik akan menjadi fondasi yang kokoh bagi upaya upaya pendidikan selanjutnya baik di sekolah maupun di luar sekolah. Berbagai macam cara akan dilakukan oleh orang tua untuk bisa membimbing anaknya ke arah yang baik. salah satu cara yang dapat dilakukan oleh orang tua dirumah adalah dengan menerapkan metode Parenting.  Akhir-akhir ini munculnya istilah Parenting menjadi paradigma baru untuk para orang tua dalam mendidik anak serta menumbuhkan karakter pada anak. Pada dasarnya metode parenting tersebut adalah salah satu cara mendidik anak, yang erat kaitannya dengan konsep pendidikan.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/harkat.v12i1.7581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.