PERAN IBU DALAM MENYUKSESKAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) BERBASIS APLIKASI DIGITAL

Syihaabul Hudaa, Ahmad Bahtiar

Abstract


Abstract. Distance learning (PJJ) has many challenges that both teachers and students need to overcome. One of the problems faced in distance lectures is the weak supervision of lecturers towards students. When lecturers present presentations using slides or Powert Points (PPT), students have the opportunity to do other activities. In addition, some students during lectures sometimes did not turn on their cameras, so that the lecturers were unable to see their activities. The purpose of writing this article is to determine the role of mothers in making distance learning activities successful by utilizing the Google Docs and Google Classroom applications. Lecturers and student mothers work together in reporting their children's activities during the PJJ period at home. This research belongs to the descriptive qualitative type. The data collection technique was carried out by the researcher by giving a questionnaire that was filled in by the student's mother. The stages in this study were divided into several stages, including: without supervision for one month and supervision for one month. This research took place from September to October 2020. Based on research conducted by students at home without supervision they often do other activities besides studying, including playing gadgets, and lying down watching television.

 

Abstrak. Salah satu masalah yang dihadapi dalam perkuliahan jarak jauh yaitu lemahnya pengawasan dosen terhadap mahasiswa. Saat dosen menampilkan presentasi menggunakan salindia atau Powert Point (PPT), mahasiswa memiliki kesempatan untuk melakukan aktivitas lainnya. Selain itu, beberapa mahasiswa selama perkuliahan terkadang tidak menyalakan kameranya, sehingga dosen tidak mampu melihat aktivitas mereka. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengetahui  peran ibu dalam menyukseskan kegiatan pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan aplikasi Google Docs dan Google Kelas. Dosen dan ibu mahasiswa bekerja sama dalam melaporkan kegiatan anaknya selama masa PJJ di rumah. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti dilakukan dengan cara memberikan kuesioner yang diisi oleh ibu mahasiswa. Tahapan dalam penelitian ini terbagi menjadi beberapa tahap, di antaranya: tanpa pengawasan selama satu bulan dan pengawasan selama satu bulan. Penelitian ini berlangsung dari September—Oktober 2020.  Berdasarkan penelitian yang dilakukan  mahasiswa di rumah tanpa pengawasan sering melakukan aktivitas lain selain belajar meliputi bermain gawai, dan tidur-tiduran menonton televisi. disimpulkan bahwa peran ibu selama PJJ sangat penting. Hal ini dikarenakan ibu menjadi media untuk berkomunikasi dengan dosen. Sedangkan saat diawasi ibunya, pemelajar lebih fokus dalam belajar di rumah. Selain itu, peranan ibu di rumah dapat membuat anak yang biasanya tidak tertib mengikuti perkuliahan dapat tertib mengikuti kuliah layaknya kuliah tatap muka.


Keywords


peran ibu; teknologi digital; Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ); mother's role; digital technology; Distance Learning (PJJ)

References


Cahyati, Nika dan Rita Kusumah. (2020). Peran Orang Tua dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi. Jurnal Golden Age, Vol. 04 (1).

Dery, K., Sebastian, I. M., & van der Meulen, N. (2017). The digital workplace is key to digital innovation. MIS Quarterly Executive.

Fahmi Bahtiar. (2020). Survei KPAI, Pelajar Merasa Berat dengan Pembelajaran Jarak Jauh. Www.Sindo.Com.

Indrawati, B. (2020). Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa dan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.261

Kemendikbud. (2020). Kemendikbud Rilis Hasil Survei Evaluasi Belajar dari Rumah. Www.Kemendikbud.Go.Id.

Moskal, P., Dziuban, C., & Hartman, J. (2013). Blended learning: A dangerous idea? Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2012.12.001.

Nabila Hilmy Zhafira, Yenny Ertika, C. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh di masa Pandemi. Jurnal l Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen.

Nur Azizah Rizki Astuti. (2020). Survei Kemendikbud: Internet Lemot Dikeluhkan Mahasiswa Saat Belajar Daring. Detik.Com. https://news.detik.com/berita/d-5086325/survei-kemendikbud-internet-lemot-dikeluhkan-mahasiswa-saat-belajar-daring

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Supriyana, A., Emzir, E., & Boeriswati, E. (2019). Effectiveness Extending Concept Through Language Activities (ECOLA) Method in Learning Editing Student Scientific Articles. AKSIS: Jurnal Pendidikan …. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/aksis/article/view/13737

Wardhani, Tsaniya Zahra Yuthika dan Hetty Krisnan. (2020). Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Sekolah Online di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat. Bandung : Universitas Padjajaran.

Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2016). Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Timur.

Yensy, N. A. (2020). Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19). In Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia.

.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/harkat.v17i2.22960

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Harkat : Media Komunikasi Gender