Kajian Metode Peningkat Kepatuhan Pada Pasien Hipertensi: Telaah Literatur Sistematis

Suci Ahda Novitri, Yardi Saibi, Maulia Muhtaromah

Abstract


: Prevalensi penderita hipertensi terus meningkat secara tajam. WHO memprediksi bahwa  pada tahun 2025 orang dewasa di dunia akan menderita hipertensi sekitar 29% dari total penduduk dunia. Salah satu penyebabnya adalah karena ketidakpatuhan pasien hipertensi dalam menjalankan terapinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji artikel terkait metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kepatuhan pasien hipertensi serta pengaruhnya terhadap kepatuhan. Penelitian ini menggunakan metode yang terstruktur dan sistematis (Systematic Literature Review). Pencarian artikel dilakukan melalui basis data Pubmed, Science Direct, Google Scholar dan diperoleh sebanyak 22 artikel. Berdasarkan hasil kajian artikel menunjukkan bahwa metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kepatuhan pasien hipertensi yaitu konseling, home care, fokus group diskusi (FGD), video, pemberian  leaflet atau brosur edukasi, pemberian pesan singkat (SMS), kotak obat digital, kartu pil (pill box), mobile health dan gabungan beberapa metode. Metode-metode tersebut memiliki pengaruh dalam meningkatkan kepatuhan pasien hipertensi.


Keywords


hypertension; adherance; adherence method

References


Afiyanti, Y. (2008) ‘Focus Group Discussion (Diskusi Kelompok Terfokus) sebagai Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif’, Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(1), pp. 58–62. doi: 10.7454/jki.v12i1.201.

Alfian, R. and Wardati, Z. (2016) ‘Perbandingan Pengaruh Penggunaan Layanan Pesan Singkat Pengingat dan Aplikasi Digital Pillbox Reminder terhadap Kepatuhan Minum Obat Pasien Hipertensi RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin’, Jurnal Pharmascience, 3(1), pp. 75–82.

Ananta, S. C., Ayu, W. D. and Rusli, R. (2015) ‘Kajian Pemberian Leaflet Dan Reminder Pada Pasien Hipertensi Di Instalasi Rawat Jalan Rsud A. W Sjahranie Samarinda’, (February), pp. 5–6.

Ariyani, H., Hartanto, D. and Lestari, A. (2018) ‘Kepatuhan Pasien Hipertensi Setelah Pemberian Pill Card Di Rs X Banjarmasin’, Jurnal Current Pharmaceutical Sciences, 1(2), pp. 81–88.

Barlow, J. et al. (2002) ‘Self-management approaches for people with chronic conditions: A review’, Patient Education and Counseling, 48(2), pp. 177–187. doi: 10.1016/S0738-3991(02)00032-0.

Chaerul Y, R. et al. (2019) ‘Pengaruh Pelayanan Home Care Apoteker Terhadap Tingkat Kepatuhan, Kepuasan Dan Outcome Klinis Pasien Hipertensi Di Apotek’, 5(3), pp. 64–74.

DepKes RI (2008) ‘Pedoman Pelayanan Kefarmasian di Rumah (Home Pharmacy Care)’, pp. 1–37. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Dewanti, S. W., Andrajati, R. and Supardi, S. (2015) ‘Pengaruh Konseling dan Leaflet terhadap Efikasi Diri, Kepatuhan Minum Obat, dan Tekanan Darah Pasien Hipertensi di Dua Puskesmas Kota Depok’, Jurnal Kefarmasian Indonesia, 5(1), pp. 33–40. doi: 10.22435/jki.v5i1.4088.33-40.

Fauzi, R. and Nishaa, K. (2018) Apoteker Hebat, Terapi Taat, Pasien Sehat Panduan Simpel Mengelola Kepatuhan Terapi. Yogyakarta: Stiletto Indie Book.

Febrianti, Y. and Satibi, R. H. (2013) ‘Pengaruh Konseling Apoteker Terhadap Tingkat Kepatuhan Dan Hasil Terapi Pasien Hipertensi Rawat Jalan Di Poliklinik Penyakit Dalam’, 3.

Galistiani, G. F. and Putriana, N. (2018) ‘Pengaruh Konseling Apoteker terhadap Manajemen Rawat Mandiri dan Kepatuhan Minum Obat Pasien Hipertensi di Puskesmas Wilayah Purwokerto’, pp. 978–979.

Gong, K. et al. (2020) ‘Mobile Health Applications for the Management of primary Hypertension: A multicenter, Randomized, Controlled Trial’, Medicine, 99(16), p. e19715. doi: 10.1097/MD.0000000000019715.

Guirado, E. A. et al. (2011) ‘Knowledge and Adherence to Antihypertensive Therapy in Primary Care: Results of a Randomized Trial’, Gaceta Sanitaria, 25(1), pp. 62–67. doi: 10.1016/j.gaceta.2010.09.015.

Hermawan, N. A. et al. (2020) ‘Efektivitas Konseling Pasien Hipertensi Terhadap Perilaku Kepatuhan Berobat’, 5, pp. 2018–2021.

Kang, H. and Park, H. A. (2016) ‘A Mobile App for Hypertension Management Based on Clinical Practice Guidelines: Development and Deployment’, JMIR mHealth and uHealth, 4(1), pp. 1–15. doi: 10.2196/mhealth.4966.

Kansil, J. F., Katuuk, M. E. and Regar, M. J. (2019) ‘Pengaruh Pemberian Edukasi Dengan Metode Focus Group Discussion Terhadap Kepatuhan Minum Tahuna Barat’, 7, pp. 1–8.

Kemenkes, R. (2013) ‘Pedoman Teknis Penemuan dan Tatalaksana Hipertensi’. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kemenkes, R. (2014) ‘Hipertensi Si Pembunuh Senyap’, Infodatin Pusat Data Informasi Kementerian Kesehatan RI, pp. 1–5. Available at: https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin-hipertensi-si-pembunuh-senyap.pdf.

Kripalani, S. et al. (2007) ‘Development of an Illustrated Medication Schedule as a Low-Literacy Patient Education Tool’, Patient Education and Counseling, 66(3), pp. 368–377. doi: 10.1016/j.pec.2007.01.020.

Kurniapuri, A. and Supadmi, W. (2015) ‘Pengaruh Pemberian Informasi Obat Antihipertensi Terhadap Kepatuhan Pasien Hipertensi di Puskesmas Umbulharjo I Yogyakarta Periode November 2014’, Majalah Farmaseutik, 11(1), pp. 268–274. Available at: https://journal.ugm.ac.id/majalahfarmaseutik/article/view/24115.

Lam, W. Y. and Fresco, P. (2015) ‘Medication Adherence Measures: An Overview’, BioMed Research International, 2015(October). doi: 10.1155/2015/217047.

Leung, C. M. et al. (2005) ‘Small-Group Hypertension Health Education Programme: A Process and Outcome Evaluation.’, Journal of Advanced Nursing, 6, pp. 631–639.

Logan, A. G. (2013) ‘Transforming Hypertension Management Using Mobile Health Technology for Telemonitoring and Self-Care Support’, Canadian Journal of Cardiology, 29(5), pp. 579–585. doi: 10.1016/j.cjca.2013.02.024.

Maslakpak, M. hemmati and Safaie, M. (2016) ‘A Comparison Between the Effectiveness of Short Message Service and Reminder Cards Regarding Medication adherence in Patients with Hypertension: A Randomized Controlled Clinical Trial’, International Journal of Community Based Nursing and Midwifery, 4(3), pp. 209–218.

Massi, G. and Kallo, V. (2018) ‘Efektifitas Pemberian Edukasi Dengan Metode Video Dan Focus Group Discussion (FGD) Terhadap Tingkat Pengetahuan Pasien Dm Tipe 2 Di Klinik diabetes Kimia Farma Husada Manado’, Jurnal Keperawatan, 6(1), pp. 1–6.

MobileSmith (2014) ‘Mobile Apps as Tools of Cost Reduction in Healthcare: Real Mobile Use Cases for Real Savings’, p. 10.

Morawski, K. et al. (2018) ‘Association of a Smartphone Application with Medication Adherence and Blood Pressure Control: The MedISAFE-BP Randomized Clinical Trial’, JAMA Internal Medicine, 178(6), pp. 802–809. doi: 10.1001/jamainternmed.2018.0447.

Morgado, M., Rolo, S. and Branco, M. C. (2011) ‘Pharmacist Intervention Program to Enhance Hypertension Control: A Randomised Controlled Trial’, International Journal of Clinical Pharmacy, 33(1), pp. 132–140. doi: 10.1007/s11096-010-9474-x.

Morisky, D. E. et al. (2008) ‘Predictive Validity of a Medication Adherence Measure in an Outpatient Setting’, The Journal of Clinical Hypertension, 10(5), pp. 348–354. doi: 10.1016/j.pestbp.2011.02.012.Investigations.

Movahedi, M. et al. (2017) ‘Effect of Training through Short Message Service on Compliance and Mean Blood Pressure of Hypertensive Patients’, International Journal of Preventive Medicine, 8, pp. 1–5. doi: 10.4103/ijpvm.IJPVM.

Mubarak, W. I. et al. (2007) Promosi Kesehatan Sebuah Pengantar Proses Belajar Mengajar dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mulyasih, A. B., Pramantara, I. D. P. and Wahyono, D. (2012) ‘Pengaruh Konseling Apoteker Terhadap Hasil Terapi Pasien Hipertensi di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan’, Farmasains : Jurnal Farmasi dan Ilmu Kesehatan, 2(1). doi: 10.22219/far.v2i1.1153.

Mursal (2016) ‘Konseling Terhadap Kepatuhan Berobat Penderita Hipertensi’, Jurnal Ilmu Keperawatan, 4(1).

Nur’aeni, Mahardian K, A. and Fungie G, G. (2014) ‘Pengaruh Pemberian Layanan Pesan Singkat Pengingat Terhadap Kepatuhan Dan Efektivitas Pengobatan Pasien Hipertensi Di Puskesmas Kecamatan Sumbang Banyumas’, Media Farmasi, 13(1), pp. 100–109.

Oktaviani, E., Zunnita, O. and Marlia, H. (2020) ‘Efek Edukasi Melalui Brosur Terhadap Kontrol Tekanan Darah Dan Kepatuhan Pasien Hipertensi’, 10(1), pp. 65–75.

Oktianti, D., Furdiyanti, N. H. and Karminingtyas, S. R. (2019) ‘Pengaruh Pemberian Informasi Obat Dengan Media Video Terhadap Kepatuhan Minum Obat Pasien Hipertensi Di Ungaran’, 02(June), pp. 87–93.

Patel, A. (2016) ‘Evaluating The Impact Of A Pharmacy Homecare Team At Kettering General Hospital’, Pharmacy Management, 32(2), pp. 52–58.

Permatasari, J., Dewi, R. and Tampubolon, N. Y. K. (2019) ‘Evaluasi Kepatuhan Pasien Hipertensi Lanjut Usia Melalui Home Pharmacy Care Di Wilayah Kerja Puskesmas Paal V Jambi’, Riset Informasi Kesehatan, 7(2), p. 166. doi: 10.30644/rik.v7i2.145.

Pour, E. R. et al. (2020) ‘Comparing the Effects of Interactive and Noninteractive Education Using Short Message Service on Treatment Adherence and Blood Pressure among Patients with Hypertension’, pp. 68–76. doi: 10.4103/nms.nms.

Puspita, R. R. et al. (2020) ‘Pemberian Kotak Obat Harian Terhadap Kepatuhan Mengkonsumsi Obat Hipertensi Pada Pasien Hipertensi’, 4(1), pp. 19–30.

Rantucci, M. J. (2007) Pharmacists Talking with Patients: A Guide to Patient Counseling. 2nd edn. Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins.

Riskesdas, K. (2018) ‘Hasil Utama Riset Kesehata Dasar (RISKESDAS) 2018’, Kementerian Kesehatan RI, pp. 1–220. doi: 10.1088/1751-8113/44/8/085201.

Saleem, F. et al. (2015) ‘Pharmacist Intervention in Improving Hypertension-Related Knowledge, Treatment Medication Adherence and Health-Related Quality of Life: A Non-Clinical Randomized Controlled Trial’, Health Expectations, 18(5), pp. 1270–1281. doi: 10.1111/hex.12101.

Salgia, A. S., Ganesan, K. and Raghunath, A. (2015) ‘Smart pill box’, Indian Journal of Science and Technology, 8(August), pp. 95–100. doi: 10.17485/ijst/2015/v8iS2/58744.

Sammulia, S. F., Rahmawati, F. and Andayani, T. M. (2016) ‘Perbandingan Pill Box Dan Medication Chart Dalam Meningkatkan Kepatuhan Dan Outcome Klinik Geriatri Kota Batam’, JURNAL MANAJEMEN DAN PELAYANAN FARMASI (Journal of Management and Pharmacy Practice), 6(4), p. 288. doi: 10.22146/jmpf.358.

Setiawati, Darmawan and Citra, A. (2004) Tuntunan Praktis Asuhan Keperawatan Keluarga. Bandung: Rizqi Press.

Utami, R. A. et al. (2016) ‘Pengaruh Pemberian Leaflet Dan Reminder Terhadap Outcome Terapi Dan Kepatuhan Pasien Hipertensi Geriatrik Di Rsud a. Wahab Sjahranie Samarinda’, pp. 20–21. doi: 10.25026/mpc.v4i1.196.

Varleta, P. et al. (2017) ‘Mobile Phone Text Messaging Improves Antihypertensive Drug Adherence in the Community’, Journal of Clinical Hypertension, 19(12), pp. 1276–1284. doi: 10.1111/jch.13098.

Walsh, S. (2016) ‘Innovation in Hypertension: Mobile Health Technology’, pp. 1–3.

Wong, L. P. (2008) ‘Focus Group Discussion: A tool for Health and Medical Research’, Singapore Medical Journal, 49(3), pp. 256–261.

Zhai, P. et al. (2020) ‘Efficacy of Text Messaging and Personal Consultation by Pharmacy Students Among Adults with Hypertension: Randomized Controlled Trial’, Journal of Medical Internet Research, 22(5), pp. 1–12. doi: 10.2196/16019.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/pbsj.v3i1.20357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.