Mutu Sediaan Serbuk Racikan Apotek-apotek di Kecamatan Tebet dan Setiabudi

Alifa Nurulhusna, ofa suzanti betha, Yardi Yardi, Barita Juliano Siregar

Abstract


Peresepan puyer untuk anak masih banyak dilakukan dikarenakan kemudahan pemberian dan pengaturan dosis. Pembuatan puyer di apotek pada proses pembuatannya hanya berdasarkan pada visual baik dalam pencampuran maupun pembagian kedalam bungkus puyer, hal ini dapat menyebakan heterogenitas bobot antara puyer yang satu dengan yang lainnya dan menyebabkan pemberian dosis yang tidak sama. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menggambarkan mutu sediaan racikan puyer dari segi keragaman bobot dan keseragaman kadar. Evaluasi keragaman bobot dilakukan berdasarkan prosedur uji keragaman bobot kapsul keras yang tertera pada Farmakope Indonesia V menggunakan imbangan analitik dan uji keseragaman kadar dilakukan menggunakan Spektrofotometri UV-Vis. Hasil evaluasi keragaman bobot menunjukan tidak ada sampel yang memenuhi syarat keragaman bobot serta, tidak ada sampel yang memenuhi persyaratan keseragaman kadar menurut Farmakope Indonesia V.


Keywords


Paracetamol, Pulveres, UV-Vis Spectrophotometry, Weight Diversity, Content Uniformity.

References


Afdilati, R. (2018). Evaluasi Mutu Bobot dan Kadar Sediaan Racikan Puyer Apotek di Dua Kecamatan Kota Jakarta Selatan. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kementrian Kesehatan RI. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 73 Tentang Standar Pelayan Kefarmasian di Apotek.

Marriot, John, Keith Wilson, Langley, Christopher A, and D. B. (2010). Pharmaceutical Compounding and Dispensing. Great Britain: Pharmaceuticall Press.

Soedibyo, S. dan E. K. (2009). Pengetahuan Orang Tua Mengenai Obat Puyer di Poliklinik Umum Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM. Jurnal Sari Pediatri, 10(6).

Tulandi, Grace P, Sri Sudewi, dan W. A. L. (2015). Validasi Metode Analisa untuk Penetapan Kadar Parasetamol dalam Sediaan Tablet Secara Spektrofotometri Ultraviolet. Jurnal Ilmiah Farmasi, 4(2).

Widyaswari, R. (2012). Evaluasi Profil Peresepan Obat Racikan dan Ketersediaan Formula Obat untuk Anak di Puskesmas Provinsi DIY. Majalah Farmasetik Vol. 8 No. 3.

Yulisa, Gusti A, Yugo Susanto, dan R. (2017). Evaluasi Keragaman Bobot Sediaan Pulveres di Puskesmas Kelayan Timur Banjarmasin. Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/pbsj.v2i1.15238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.