PENGARUH PEMBELAJARAN “STUDENT TUTOR” TERHADAP AKADEMIK DAN SOCIAL SKILL MAHASISWA ASING PSIK UIN JAKARTA

Maulina Handayani

Abstract


Abstrak. Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun ajaran 2016/ 2017 menerima mahasiswa asing, sebanyak tiga orang dan berasal dari Gambia, Afrika. Perbedaan budaya dan merasa asing serta masih belum banyak berinteraksi dengan mahasiswa indonesia dapat berkontribusi terhadap kesulitan beradaptasi mahasiswa asing. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran “student tutor “ terhadap kemampuan akademik dan social skill mahasiswa asing pada PSIK UIN Jakarta. Metode penelitian dilakukan dengan 2 cara yaitu kualitatif wawancara dan kuantitatif dengan eksperimen “student tutor” dengan membandingkan nilai akhir dari pembelajaran praklinik keperawatan gawat darurat kritis dan praklinik keperawatan gerontik dengan uji analisa Wilcoxon. Responden penelitian adalah mahasiswa asing dengan jumlah dua orang di PSIK UIN Jakarta dan dua orang mahasiswa Indonesia sebagai tutor yang mengikuti kegiatan praklinik semester 6. Hasil penelitian didapatkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran student tutor terhadap kemampuan akademik dengan nilai p 0.180, sedangkan dari hasil kualitatif didapatkan bahwa pembelajaran student tutor memberikan manfaat bagi mahasiswa asing berupa peningkatan kemampuan iteraksi, berbahasa Indonesia dan pemahaman terhadap materi. Rekomendasi dari penelitian ini diharapkan metode pembelajaran ini dapat diterapkan pada mahasiswa asing di setiap prodi yang ada di UIN Jakarta

kata kunci: mahasiswa asing, tutor, metode pembelajaran


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15408/nurse.v1i1.26837 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Maulina Handayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

  

NURSE: Journal of Nursing and Health Sciences

p-ISSN : 2963-3923 e-ISSN : 2963-2633

View My Stats