SISTEM PENDAFTARAN ONLINE PENELITIAN DAN KINERJA PANITIA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA

Neng Sri Nuraeni

Abstract


Abstract. The Fast and accurate information is a major requirement in terms of service. Puslitpen as a research institute of the Syarif Hidayatullah State Islamic University (UIN Syahid) Jakarta needs to be supported by a fast and accurate and web-based system. The purpose of this study is to look at the effect of the online research registration system and the committee's performance on user satisfaction. This research refers to Setia, et.al (2011); Nur Subchan, et.al (2012); Gatian, Amy W (1994). The population in this study is the registrar of research assistance proposal for the Research Center for UIN Syahid Jakarta. This study uses cluster sampling in determining the selected sample. The analytical method used is multiple regression. Based on the results of the study showed that the F test results obtained Fcount value of 82.117> Ftable of 3.15 with a significance level of 0.000 <0.05. Because the significance level is less than 0.05 then Ha is accepted, so it can be said that the online registration system and the committee's performance affect the user's satisfaction simultaneously. The contribution of this study has a significant impact on improving the registration system services at the UIN Syahid Research Center in Jakarta.

Abstrak. Informasi yang cepat dan akurat merupakan kebutuhan utama dalam hal pelayanan. Puslitpen sebagai lembaga penelitian Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN Syahid) Jakarta perlu didukung oleh sistem yang cepat dan akurat serta berbasis web. Tujuan penelitian ini adalah melihat pengaruh sistem pendaftaran online penelitian dan kinerja panitia terhadap kepuasan pengguna. Penelitian ini merujuk pada Setia, et.al (2011); Nur Subchan, et.al (2012); Gatian, Amy W (1994). Populasi dalam penelitian ini adalah pendaftar proposal bantuan biaya penelitian Puslitpen UIN Syahid Jakarta. Penelitian ini menggunakan cluster sampling dalam menentukan sampel yang dipilih. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 82,117 > Ftabel sebesar 3,15 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Karena tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 maka Ha diterima, sehingga dapat dikatakan bahwa sistem pendaftaran online dan kinerja panitia berpengaruh terhadap kepuasana pengguna secara simultan. Kontribusi penelitian ini berdampak signifikan pada perbaikan layanan sistem pendaftaran di Puslitpen UIN Syahid Jakarta.

 


Keywords


online registration system; performance committee; user satisfaction; sistem pendaftaran online; kinerja panitia; kepuasan pengguna

References


Bahra Bin Ladjamudin, 2005, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Yogyakarta, Graha Ilmu.

Gatian, Amy W. 1994. Is User Satisfaction a Valid Measure of System Effectiveness?. Research Information & Management. 26.119-131. North Holland

Kompas.com, 2016. Ini Syarat Menjadi “World Classs University”.Di akses pada 24

Kotler, Philip. 2006. Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama. Indonesia: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Nur Subchan, Endang Siti Astuti, Kertahadi. 2012. Mengukur Efektifitas Sistem Informasi dan Mengetahui Kesuksesan Portal Akademik (SIAM) Online (Studi Kasus terhadap Pengguna di Program Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya). E-Jurnal Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Vol. 6, No. 2

Rencana Strategis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (2012-2016)

Robbins SP, dan Judge. 2007. Perilaku Organisasi, Jakarta : Salemba Empat

Ruky. , Ahmad. 2002. Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Setia Wardani, Abidarin Rosidi, Hanif Al Fatta. 2011. Analisis Efektifitas SIAP-PSB Online dan Kinerja Panitia terhadap Kepuasan User di Wilayah Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Jurnal Teknologi. Volume 4 No. 1

Simanjuntak, Payaman J. 2005. Manajemen dan Evaluasi Kerja. Lembaga Penerbit FEUI, Jakarta.

Slamet Riyanto dan Cep Adiwiharja. 2011. Sistem Manajemen Pendaftaran Diklat Peneliti Secara Online. https://www.researchgate.net/publication.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/mimbar.v36i1.13152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.