Resitasi Al-Qur’an dan Ustadz Mikro Selebriti di Media Sosial Analisis Media Siber pada Selebgram dan Tiktokers Qari

Ahmad Fahrudin, Hamka Hamka, Iqbal Khumaini

Abstract


Tulisan ini mengkaji tentang praktik resitasi Al-Qur’an dan media sosial, khususnya kalangan ustadz mikro selebritis selebgram dan tiktokers qari anak muda Muslim Indonesia. Berangkat dari perspektif media siber, tulisan ini mengulas tentang bagaimana eksistensi para ustadz mikro selebgram dan titokers qari selebriti mempengaruhi dinamika praktik resitasi Al-Qur’an di kalangan anak muda Muslim Indonesia. Kesimpulan tulisan ini menunjukkan bahwa isi resitasi Al-Qur’an yang dipublikasikan oleh ustadz mikro selebriti ini sangat beragam dengan mengandalkan kemerduan suara yang mereka punya. Setiap postingan atau konten yang dipublikasikan akan diberi beberapa hastag untuk meningkatkan branding yang mereka bangun. Aktivitas resitasi Al-Qur’an yang dibangun oleh ustadz selebriti mikro di media tiktok ini telah berhasil membangun kultur penggemarnya sendiri yang mana para penggemar selalu memberikan tanggapan yang positif. Pada ustadz mikro selebriti juga membangun interaksi mereka dengan para penggem Persona branding yang dibangun oleh para ustadz selebriti ini ternyat tidak hanya dibangun mnelalui media tiktok, namun juga dilakukan di dunia nyata (offline), yang mana mereka telah dikenal terlebih dahulu sebagai seorang qari yang banyak terlibat dalam kegiatan- kegiatan resitasi Al-Qur’an di kolom komentar atau dengan memberikan konten yang sesuai permintaan penggemar.


Keywords


al-Qur'an, Resitasi, Media Sosial

Full Text: PDF

DOI: 10.15408/kordinat.v22i2.34531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.