Epistemologi Waktu Pagi Dalam Al-Qur'an (Hikmah Pembagian Wakti Pagi: Sahur, Fajr, Subuh dan Dhuha)

Setyawan Setyawan

Abstract


Pagi adalah waktu yang menunjukkan berakhirnya waktu malam dan mengawali waktu siang, sehingga waktu ini merupakan waktu transisi antara malam dan siang. Hanya waktu pagi saja yang Allah bagi hingga 4 tahapan yaitu sahur, fajar, subuh dan dhuha. Masing-masing bagian tersimpan makna sesuai dengan nama waktu tersebut, karena “nama menunjukkan identitas pemiliknya”, dan juga terdapat amalan tertentu, baik yang wajib ataupun sunnah, baik untuk ibadah atau non ibadah. Pembagian ini sangat berbeda dengan waktu-waktu lainnya, bahkan keempatnya sangat spesial karena digunakan sumpah oleh Allah dalam Al-Qur’an.

Waktu pagi memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan, sehingga harus diperlakukan dengan istimewa juga, yaitu dengan cara mengisinya dengan amalan-amalan kebaikan seperti, waktu sahur untuk shalat malam, istighfar dan makan sahur bagi yang hendak berpuasa, waktu fajar untuk melaksanakan shalat sunnah, tilawah Al-Qur’an, do’a dan istighfar, waktu subuh untuk shalat fardhu subuh dan berdzikir serta bersedekah dan waktu dhuha mengawali aktivitas, sedekah dan shalat sunnah dhuha

Keywords


Epistemologi; Waktu Pagi; Al-Qur'an

References


Abu ‘Abdillah Muhammad bin Umar bin al-Hasan bin al-Husain at-Taimî ar-Râzî, “Mafâtîh al-Ghaib-at-Tafsîr al-Kabîr”, (Beirut: Dâr Ihyâ’ at-Turâts al-‘Arabî, 1420 H)

Abu al-Fidâ’ Ismâ’îl bin ‘Umar bin Katsîr, “Tafsîr al-Qur’ân al-‘Adzîm”, (Dâr ath-Thayyibah li an-Nasyr wa at-Tauzî’, 1420 H/1999M)

Abu al-Qâsim al-Husain ibnu Muhammad-ar-Raghib al-Ashfihânî- “al-Mufradât fî Gharîb Al-Qur’an” (Beirut, Darul Qolam, 1412), cet. 1.

Abu Muhammad al-Husain bin Mas’ûd bin Muhammad bin al-Farrâ’ al-Baghawî, “Ma’âlim at-Tanzîl fî Tafsîr al-Qu’ân” (Beirut: Dâ Ihyâ at-Turâts al-‘Arabî, 1420 H)

Ahmad ibn Faris bin Zakariya al-Qozwinî ar-Râzî “Mu’jam Maqâyis al-Lughah”, (Dâr al-Fikr, 1399 H/1979 M)

Ahmad ibn Faris bin Zakariya al-Qozwinî ar-Râzî “Mu’jam Maqâyis al-Lughah”, (Dâr al-Fikr, 1399 H/1979 M)

DR. Ahmad Mukhtar Abdul Hamid Umar “Mu’jam al-Lughah al-‘Arabiyah al-Mu’ashirah”, (‘Alimul Kutub, 1429 H/2008 M),, Cet. Ke-1

Ibnu Mâjah Abû ‘Abdillâh Muhammad ibn Yazîd, ”Sunan ibn Mâjah”, (t.t, Dâr Ihyâ’ al-Kutub al-‘Arabiyyah, t.tp).

Imam an-Nawawi “al-Minhâj Syarah Shahih Muslim bin Hajjâj”, (Beirut, Dâr Ihya at-Turâts al-‘Arabî, 1392), Cet. Ke-2

Majduddîn Abû Thâhir Muhammad bin Ya’qûb al-Fairûz Âbâdî, “Bashâ’ir Dzawî Tamyîz Fî Lathâ’ifi al-Kitâb al-‘Azîz” (Kairo: al-Majlis al-A’lâ Li asy-Syu’ûni al-Islâmiyyah, 1416 H/1996M), Jil. 1

Majma’ al-Lughah al-‘Arabiah Kairo (Ibrahim Mushthafa, Ahmad az-Ziyât, Hâmid ‘Abdul Qadîr, Muhammad an-Najâr), “al-Mu’jam al-Washîth” (Kairo: Dâr ad-Da’wah, T.tp)

Muhammad bin ‘Ali bin Muhammad bin Abdillah asy-Syaukânî, “Fathul Qadîr”, (Beirut: Dâr Ibnu Katsîr, 1414 H)

Muhammad bin Mukrim bin ‘Ali Jamaluddîn ibn Mandzûr al-Anshârî “Lisân al-‘Arab”, (Beirut: Dâr Shâdir, 1414 H),

Muhammad Nashruddîn Muhammad ‘Uwaidhah “Fashu al-Khithâb fî az-Zuhdi wa ar-Raqâ’iq wa al-Âdâb.

Nur ‘Adi, https://mawdoo3.com/ الفرق_بين_الصبح_والفجر, 16 februari 2016 M

TimRedaksi Kamus Bahasa Indonesia, Kamus Bahasa Indonesia (Jakarta: Pusat Departemen Pendidikan Nasional: 2008)

Saihu, M. (2019b). Merawat Pluralisme Merawat Indonesia (Potret Pendidikan Pluralisme Agama di Jembrana-Bali). Deepublish.

Saihu, M. (2019c). Urgensi ‘Urf dalam Tradisi Male dan Relevansinya dalam Dakwah Islam di Jembrana-Bali. Jurnal Bimas Islam. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i1.91

Saihu, S. (2019). Komunikasi Pendidik Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Khusus Asy-Syifa Larangan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 418–440.

Saihu, S. (2020). Al-Quran dan Pluralisme. SUHUF, 13(2), 183–206

Sayyid Sabiq. Fiqhul al-Sunnat. Dar al-Fikr . Jilid II

Sholikul Hadi. 2018, Analisis Kitab Al-Mustashfa Karya Al-Ghazali , Kudus: Yudisia, Vo.9, No.1, Januari-Juni.

Umar Shihab. 2013. Kontekstualitas al-Qur’an. Jakarta:Penamadani

Yusuf Qardawi. 1985. Al-Ijtihad Fi Al-Syariat Al-Islamiyah Ma’a Nazaratin Tahliliyat Fi Al-Ijtihad Al-Muatsir. Quwait: daal al-Qalam


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/kordinat.v22i1.33494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.