Teori Pembentukan Hukum Islam di Bidang Perbankan dan Keuangan Syariah

Rahmad Dahlan

Abstract


Kajian ini membahas beberapa metode islamisasi ekonom muslim arus utama seperti; Monzer Kahfi, M. Akram Khan, Anas Zarqa, beberapa poin yang dapat disimpulkan bahwa ciri khas pendekatan Islamisasi yang digunakan oleh madzhab arus utama adalah upaya untuk memperkaya khazanah keilmuan Islam dengan ̳mengadopsi' best practice ekonomi konvensional (dalam perbankan), dengan menambahkan nilai-nilai dan prinsip-prinsip Islam dalam proses pengembangan selanjutnya. Dengan catatan, pendekatan ini memiliki beberapa kelemahan dalam aspek konsep dan metodologi. Selanjutnya nilai-nilai ekonomi konvensional dan asumsi-asumsi yang secara tidak sengaja masih berlaku dalam ekonomi Islam seperti konsep time value theory of money, riba, self interest, menjadi tugas bersama dalam memikirkan upaya mendapatkan solusi terbaik bagi terciptanya sebuah Ekonomi Islam yang benar-benar bebas dari riba, dan bayang-bayang ekonomi konvensional yang sudah berdiri sejak beberapa abad silam

Keywords


Pembentukan Hukum; Perbankan Syariah; Keuangan Syariah

References


Abdullah,.2011. Abu Hamid Muhammad Bin Muhammad Al-Thusi Al-Ghazali dan Metode Ijtihadnya. Jurnal Sulesana, Volume 6, Nomor 2

Ade Dedi Rohayana. 2005. Ilmu Ushul Fiqih. Pekalongan: STAIN Press

Amir Syarifuddin. 1997. Ushul Fiqih. Jakarta: Logos Wacana Ilmu

Amir Shaharuddin 2011, ―The Bay' al-Inah Controversy in Malaysian Islamic Banking, Arab Law Quarterly, Vol. 18, No. 3, BRILL

Fathurrahman Djamil.1995. Metode Ijtihad Majlis Tarjih Muhammadiyah. Jakarta: Logos Publishing House

Fathurrahman Djamil. 2013. Hukum Ekonomi Islam: Sejarah, Teori dan Konsep, Jakarta: Sinar Grafika

Ika Yuni Fauzia dkk.2014. Prinsip Dasar Ekonomi Islam: Perspektif Maqashid Syariah, Jakarta:Prenadamedia

M. Umer Chapra. 2001. The Future of Economics: An Islamic Perspective (Terj.). Jakarta: SEBI.

Monzer Kahf. 2003, ―Islamic Economics: Notes on Definition and Methodology, Review of Islamic Economics, No. 13.

Mubin, F., & Made, S. (2021). Analisis Tafsir Maqashidi Tentang Pelaksanaan Salat Jumat Online Di Era Pandemi. Al-Burhan, 21(02), 172–198.

Muhammad Akram Khan. 1987, ―Methodology of Islamic Economis, Journal of Islamic Economics, Vol. 1, No. 1.

Muhammad Anas Zarqa. 2003, ―Islamization of Economics: The Concept and Methodology. J.KAU: Islamic Economic, Vol. 16, No. 1.

Rachmadi Usman. 2000. Hukum Ekonomi dalam Dinamika.Jakarta: Djembatan

Saihu, M. (2019a). Merawat Pluralisme Merawat Indonesia: Potret Pendidikan Pluralisme Agama di Jembrana-Bali. DEEPPUBLISH.

Saihu, M. (2019b). Merawat Pluralisme Merawat Indonesia (Potret Pendidikan Pluralisme Agama di Jembrana-Bali). Deepublish.

Saihu, M. (2019c). Urgensi ‘Urf dalam Tradisi Male dan Relevansinya dalam Dakwah Islam di Jembrana-Bali. Jurnal Bimas Islam. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i1.91

Saihu, S. (2019). Komunikasi Pendidik Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Khusus Asy-Syifa Larangan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 418–440.

Saihu, S. (2020). Al-Quran dan Pluralisme. SUHUF, 13(2), 183–206

Sayyid Sabiq. Fiqhul al-Sunnat. Dar al-Fikr . Jilid II

Sholikul Hadi. 2018, Analisis Kitab Al-Mustashfa Karya Al-Ghazali , Kudus: Yudisia, Vo.9, No.1, Januari-Juni.

Umar Shihab. 2013. Kontekstualitas al-Qur’an. Jakarta:Penamadani

Yusuf Qardawi. 1985. Al-Ijtihad Fi Al-Syariat Al-Islamiyah Ma’a Nazaratin Tahliliyat Fi Al-Ijtihad Al-Muatsir. Quwait: daal al-Qalam


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/kordinat.v22i1.33492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.