Dynamics of Sharia Implementation in England

Dinil Abrar Sulthani

Abstract


Syariah adalah bagian dari ajaran atau hukum Islam. Syariah diterapkan oleh setiap muslim dimanapun dia berada, khususnya di Inggris. Tulisan pemikiran ini bertujuan untuk mendeskripsikan asumsi warga negara Inggris dan Pemerintah terhadap syariah, membahas kondisi dan faktor penerapan syariah, serta membahas dampak reformasi syariah di Inggris. Tulisan pemikiran ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Tulisan ini berasal dari analisis mendalam terhadap data, dokumen, buku, jurnal, dan laporan tentang syariah di Inggris. Data diolah dengan analisis dan interpretasi untuk menyajikan pemahaman yang utuh tentang kajian implementasi syariah. Hasil kajian pemikiran ini menunjukkan bahwa secara perlahan dan bertahap, penduduk dan Pemerintah Inggris mengakui dan menghormati keberadaan syariah di Inggris sebagai agama yang dianut oleh umat Islam. Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasinya antara lain sebaran penduduk muslim yang berbeda di setiap wilayah Inggris, imigran muslim yang masih memegang teguh ajaran agama asli negara asalnya, dan berdirinya lembaga atau dewan syariah untuk mendukung penerapan syariah di Inggris

Keywords


Syariah; Islam; Inggris; Implementasi

References


Europe by Islamic Bank of Britain. (2013). UK: non-Muslims think Islamic finance applies to all faiths. Islamic Bank of Britain.

Adib, M. K. (2011). Rekonstruksi Syariat: Pemikiran Muhammad Said Al-Asymawi. In Jurnal at-Taqaddun (Vol. 3, Issue 2, pp. 145–164). https://doi.org/10.21580/at.v3i2.491

Bano, S. N. (2012). An exploratory study of Shariah councils in England with respect to Family Law. 1–32.

Ebbiary, A. (2018). Re-examining the decline narrative: Cambridge Muslim College and the changing face of imam training in Britain. In Imams in Western Europe: Developments, Transformations, and Institutional Challenges (pp. 315–336). Amsterdam University Press. https://doi.org/10.2307/j.ctv9hvqh1.20

Hani, S., Simarmata, J., Yuniwati, I., Salamun, Bertha, N. E., Silitonga, B. N., Juliana, Susanti, S. S., Sianipar, L. K., S, S., Syam, S., Hasan, M., & Saputro, A. N. C. (2022). Esensi Pembelajaran Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Yayasan Kita Menulis.

Manulu, H. F. (2020). Buku Referensi Kajian Wilayah Britania Raya dan Pulau Irlandia - British Studies. CV Sarnu Untung.

Mutmainnah, & Rahmawati. (2020). Eksistensi dan Reformasi Hukum Keluarga Islam di Inggris. DIKTUM: Jurnal Syariah Dan Hukum, 18(2), 154–173. https://doi.org/10.35905/diktum.v18i2.1519

Nailiya, I. Q. (2016). Poligami Berkah atau Makruh. DIVA Press.

Nash, P. S. (2017). Sharia in England: The Marriage Law Solution. Oxford Journal of Law and Religion, 6(3), 523–543. https://doi.org/10.1093/ojlr/rwx052

Nurhayati. (2018). Memahami Konsep Syariah, Fikih, Hukum dan Ushul Fikih. JHES: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 2(2), 124–134. https://doi.org/10.26618/j-hes.v2i2.1620

Office for National Statistics. (2021). Data and analysis from Census 2021.

Rahman, T. (2018). Model-Model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas. CV. Pilar Nusantara.

Rohidin. (2017). Pengantar Hukum Islam: Dari Semenanjung Arabia sampai Indonesia. Lintang Rasi Aksara Books.

Saihu, M. (2022). Analisa Ayat-Ayat Isrâf Perspektif Psikologis Berbasis Al-Qur’an Sebagai Penanggulangan Perilaku Berlebihan. Koordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 21(1), 96–116.

Saihu, M., Anwar, H., Suhada, A., & Aziz, L. F. B. (2021). Religion As A Cultural System: A Multiculturalism Education Model In Bali Based On Local Tradition. Psychology And Education, 58(1), 4198–4206.

Saihu, M., & Aziz, A. (2022). Analysis of The Values of Religious Moderation in Islamic Religious Education Books Class IX 2013 Curriculum. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 5(02), 281–301.

Sharia Council UK. (n.d.).

Sidik, J. (2019). Aneka Teladan Pembangunan Politik Dunia Islam. Samudra Biru.

TheCityUK. (2019). Global Trends In Islamic Finance and The UK Market 2019.

Umar, N., & Saihu, M. (2022). Sufism Reason in Islamic Education. Randwick International of Education and Linguistics Science Journal, 3(1), 160–169.

Zulfadhli. (2015). Rekonstruksi Penerapan Syari’at Islam dan Tantangan Demokrasi di Indonesia. Turast: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 3(2), 165–10. https://doi.org/10.15548/turast.v3i2.384

Sahroni, Oni, Fikih Muamalah Kontemporer, Jakarta: Republika, 2020

Soleh, Asrorun Niam, Pedoman dan Prosedur Penetapan Fatwa, Bahan Sosialisasi Fatwa dipublikasikan di www.dsnmui.or.id. Diakses pada 16 Juni 2018.

Al-Sulami, Iyad bin Nami bin Awad, Usul al-Fiqh al-Ladzi La Yasa’u al-Faqih jahluhu, (Riyadh: Dar al-Tadmuriyah, Cet I, 2005).

Al-Suyuthi Jalaluddin Abdul-Rahman bin Abu Bakr, (wafat 911 H), Al-Asybah wa al-Nazair, (tanpa kota, Dar al-Kutub al-Ilmiyah, Cet I,1990)


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/kordinat.v22i1.33488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.