Penanaman Nilai-Nilai Pluralis Melalui Model Pendidikan Transformatif Learning Pada Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Negara
Abstract
References
Allazam, Muhammad, 2015, Learning from Dewey and Vygotsky Perspective, International Journal of Scientific & Engineering Research, 6, No. 7
Al Makin, 2013, Teladan Intelektual-Pemimpin yang Berkarakter, dalam Festschrift untuk M. Amin Abdullah, Islam dan Agama-agama dan Nilai Kemanusiaan, Yogyakarta: CISForm
Penanaman Nilai-Nilai Pluralis Melalui Model Pendidikan
Transfromatif Learning Pada Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Negara
Aly, Abdullah, 2015, Studi Deskriptif Tentang Nilai-Nilai Multikultural dalam Pendidikan di Pondok Pesantren Modern Islam Assalam, Jurnal Ilmiah Pesantren, 1, No. 1
Azra, Azyumardi, 2005, Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII & XVIII: Akar Pembaruan Islam Indonesia. Cet. II, Jakarta: Prenada Media
---------------, 1996, Pergolakan Politik Islam: Dari Fundamentalisme, Modernisme hingga Postmodernisme, Jakarta: Paramadina
---------------, “Wasta”, Republika, 24 Maret 2016.
---------------, “Halaqah Pesantren”, Republika, 12 Januari 2017.
Bailey, Kanneth D., 1982, Methods of Social Research, New York: A Division of Macmillan Publishing Co. Inc.
Biklen, Robert Bogdan dan Sari Knopp, 1998, Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods, Boston: Allyn and Bacon.
Borg, Meredith D. Gall, Joyce P. Gall, dan Walter R., 2003, Educational Research: An Introduction, 7th eds., Boston: Pearson Education, Inc.
Boydston, Jo Ann, eds., John Dewey, the Later Works: 1925-1953, Jilid, 2, Carbondale, USA: Southern Illinois University Press, 1969.
Bruinessen, Martin Van, 1995, Kitab Kuning, Pesantren, dan Tarekat: Tradisi-tradisi Islam di Indonesia, Bandung: Mizan
Chaer, Moh. Toriqul, 2016, Islam dan Pendidikan Cinta Damai, Jurnal Pendidikan Islam, 2, No. 1
Dewey, John, 1964, Democracy and Education, an Introduction to the Philosophy of Education, New York: The Macmillan Company
Dhofier, Zamakhsyaryi, 2011, Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia, Jakarta: LP3ES
Egan, Keiran, 2002, Getting it Wrong from the Beginning Our Progressivist Inheritance from Herbert Spancer, John Dewey and Jean Peaget, Binghamtom: Vail Ballou
Gade, Syabuddin, 2011, Perbandingan Konsep Dasar Pendidikan antara Dewey dan Asy-Syaibani, Jurnal Ilmiah Didaktika, 7, No. 1.
Guba, Yvonna S. Lincoln dan Egon G., 1985, Naturalistic Inquiry, Newbury Park: SAGE
Haedari, Amin et al., 2004, Masa Depan Pesantren dalam Tantangan Modernitas dan Tantangan Komplesitas Global, Cet. I, Jakarta: IRD Press
Hamdi, Saipul, 2017, Pesantren dan Gerakan Feminisme di Indonesia, Yogyakarta: Arti Bumi Intaran
Howlett, Charles F., 2008, John Dewey and Peace Education, Columbia: Columbia University
Idris, Saifullah, 2014, Demokrasi dan Filsafat Pendidikan, Banda Aceh: Ar-Raniry Press
Lukens-Bull, Ronald Alan, 2004, Jihad ala Pesantren di Mata Antropolog Amerika, terj. Abdurrahman Mas’ud. Yogyakarta: Gama Media
Machali, Imam, 2013, Peace education dan deradikalisasi agama, Jurnal Pendidikan Islam, 2, No. 1
Mar’ati, Rela, 2014, Pesantren Sebagai Basis Pendidikan Karakter: Tinjauan Psikologis, Jurnal Al-Murabbi, 1, No. 01
Ma’arif, Syamsul, 2012, Transformative Learning Dalam Membangun Pesantren berbasis Multikultural, Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 1, No.1
Merriam, Sharan B., 2009, Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation, USA: The Jossey-Bass
Neuman, W. Lawrence, 2003, Social Research Methods (Qualitative and Quantitative Approaches), eds., Boston: Allyn and Bacon.
Nilan, Pam, 2010, The Spirit of Education in Indonesian (Pesantren), British Journal of Sociology of Education, 30, No. 2.
Ramayulis, 2014, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia
Saputra, R. Ridwan Hasan, 2016, Berfikir Supra Rasional, Jakarta: Republika
Penanaman Nilai-Nilai Pluralis Melalui Model Pendidikan
Transfromatif Learning Pada Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Negara
Soebahar, Abd. Halim, 2013, Kebijakan Pendidikan Islam dari Ordonansi Guru Sampai UU Sisdiknas, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Surayin, 2004, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Yrama Widya.
Wahid, Abdurrahman, 2007, Islam Kosmopolitan: Nilai-nilai Keindonesiaan dan Transformasi Kebudayaan, Jakarta, the Wahid Institut.
Yazid, Abu, 2018, Paradigma Baru Pesantren: Menuju Pendidikan Islam Transformatif, Yogyakarta: IRCiSoD.
Zuhri, Saifuddin, 1979, Sejarah Kebangkitan Islam dan Perkembangannya di Indonesia, Bandung: Al-Ma’rifat.
Zamroni, 2011, Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural, Yogyakarta: Gavin Kalam Utama.
DOI: 10.15408/kordinat.v18i1.11482
Refbacks
- There are currently no refbacks.