Sejarah dan Perkembangan Metodologi Al-Nahw Al-'Arabi: Analisis Historis dari Mazhab Basrah hingga Mesir
Abstract
Keywords
References
Achoita, Ana. “Ibn Madha Dan Al Nahwu Al Arabi (Studi Kritis Atas Gugatan Ibn Madha Terhadap Konsep-Konsep Al Nahwu Al Arabi).” An-Nas: Jurnal Humaniora 6, no. 1 (2022). https://doi.org/10.32665/annas.v6i1.2022.
Bahri, Samsul, Andi Ika Prasasti Abrar, and Andi Diang Angriani. “Perbandingan Metode Deduktif Dengan Induktif Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa.” MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran 5, no. 2 (2017): 201–15. https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a4.
Hasibuan, Azhar Ismail, Kenny Andika, Sindy Febrianisa, and Sugeng Sugiyono. “Moderasi Mazhab Mesir Terhadap Mazhab Kufah, Basrah dan Andalusia.” Nady Al-Adab: Jurnal Bahasa Arab 20, no. 3 (2023). https://doi.org/10.20956/jna.v20i3.31403.
Ihsanudin, Ihsanudin. “Sejarah Perkembangan Mazhab Nahwu Arab (Sebuah Tinjauan Historis).” THAQÃFIYYÃT: Jurnal Bahasa, Peradaban, Dan Informasi Islam 18, no. 1 (2017).
Jumhana, Nana. “Metode Qiyās Sebagai Landasan Epistemologi Nahwu,.” Al-Qalam: Jurnal Kajian Keislaman 31, no. 2 (2014).
Karim, Jabal Nur. “Metode Pengkajian Ilmu Bahasa.” Shautut Tarbiyah 15, no. 2 (2009). https://dx.doi.org/10.31332/str.v15i2.106.
Muttaqin, Zainal. Fiqh lughah dan Pengembangan Mufrad. Jakarta: Publica Indonesia Utama, 2023.
Permana, Dede, and Vina Qurrotu A’yun. “Rekonstruksi Metode Penyampaian Kaidah Nahwu (Studi Analisis Perspektif Ibnu Madla’ al-Qurthubi).” Shibghoh: Prosiding Ilmu Kependidikan UNIDA Gontor 1 (2023).
Rini. “Ushul Al-Nahwi al-Arabi : Kajian Tentang Landasan Ilmu Nahwu.” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab 3, no. 1 (2019). http://dx.doi.org/10.29240/jba.v3i1.773.
Rizal, Muhammad, Maman Abdurrahman, and Asep Sopian. “Sumber Landasan dalam Merumuskan kaidah-kaidah Nahwu dan Signifikansinya untuk Pembelajaran Bahasa Arab.” DAYAH: Journal of Islamic Education 4, no. 2 (2021): 208–22. http://dx.doi.org/10.22373/jie.v4i2.9443.
Rusandi and Muhammad Rusli. “Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus.” Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 2, no. 1 (June 17, 2021): 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18.
Umbar, Kisno. “تجديد النحو عند إبراهيم مصطفى وشوقي ضيف: دراسة مقارنة,” 2016.
Wahab, Muhbib Abdul. Epistemologi Dan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: UIN Jakarta Press, 2008.
DOI: 10.15408/kjar.v3i2.40427
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.