Inovasi dan Strategi Pengajaran Menulis Bahasa Arab di Universitas Islam Negeri Mataram

Risma Dewi Saputri, Nurul Husna, Mahema Zulfa Rosmala Sehan, Nurpahmiati Nurpahmiati, Suparmanto Suparmanto

Abstract


This research was conducted on the basis of knowing how the process of learning Arabic as well as innovations and strategies on maharah kitabah skills. Which in learning Arabic there are four stages that must be passed first in the process of learning Arabic namely, listening skills, speaking skills, reading skills and finally writing skills (kitabah). In the process of honing writing skills, a strategy is needed in it. Because writing skills are one of the skills that are quite difficult to include in this study where we will explain how writing skills are applied at the Mataram state Islamic university, which requires all students, especially those majoring in Arabic language education, to complete their final proposal and thesis in Arabic. Therefore, in this study we will discuss how the learning strategies applied at Mataram State Islamic University are related to this skill.

Keywords


strategy; innovation; writing skills

References


Sudjana, Djamilah. "Kartu Kation-Anion Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Kimia Di Sekolah Menengah Atas (SMA)." Jurnal Lingkar Widyaiswara 2.1 (2015)

Intan Indria Hapsari, Mamah Fatimah: “Inovasi Pembelajaran Sebagai Strategi Peningkatan Kualitas Guru Di SDN 2 Setu Kulon”, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Cirebon.

Nana Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar-Mengajar (Bandung: Sinar Baru, 1989).

Sunhaji, Insania: “Strategi Pembelajaran: Konsep dan Aplikasinya”, (STAIN Purwokerto: 2008, Volume 13, Nomor.3)

Risa Umamah, Hani Shalihatun, Sigit Purnomo, Septina Nur’aini, Rizki Ramadhasari, Jurnal Penelitian, Volume. 13, Nomor 1, Februari 2019.

Lihat Syamsul Bakhri dan Djamarah, Strategi Belajar mengajar (Jakarta: Rineka Cipta 1997).

Anitah, Sri. "Strategi pembelajaran." Jakarta: Universitas Terbuka (2007).

Dick Walter & Carey Lou, The Systematic Desgn of Instruction (New York: Harper Collins publishers, 1994).

Winataputra, U. S., Delfi, R., Pannen, P., & Mustafa, D. (2014). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Hakikat Belajar dan Pembelajaran, 1-46.

Ahmad Fuad Mahmud ‘Ulyan, al-Maharah al-Lughawiyah, Mahiyatuha wa Turuqu Tadrisuha, (Riyadh: Darul Muslim, 1992).

Anwar Efendi, Bahasa dan Sastra dalam Berbagai Prespektif, (Tiara Wacana: Jogjakarta).

Noviani, H., Damanik, E. S. R., & Kosasih, N. (2021). Analisis Perhitungan Penyusutan Aset Tetap Pada Koperasi “Sehati” Mayjen HA Thalib Kabupaten Kerinci (Ditinjau dari Peraturan Menteri Keuangan No. 65/PMK. 06/2017). JURNAL MAHASISWA, 1(1), 166-173.

Syafaah, D. (2019). Inovasi pembelajaran bahasa Arab pada Prodi Bahasa dan Sastra Arab IAIN Tulungagung dalam menghadapi tantangan era industri 4.0. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 5(5), 849-859.

Syaiful Mustofa, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011).

Fajriah, strategi pembelajaran maharah kitabah pada tingkat ibtidaiyah, (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Dr. farida nugraha, m. hum. Metode penelitian kualitatif dalam Pendidikan Bahasa (Surakarta: 11 juni 2014).

Syaiful musthafa, strategi pembelajaran bahsa arab, (Bandung: remaja rosdakarya, 2011)

Mahmud kamil an-naqah, benar, tepat, jelas dan ekspresif.

Kuraedah, S. (2015). “Aplikasi maharah kitabah dalam pembelajaran bahasa Arab”. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 82-98.

Munawarah, M., & Zulkiflih, Z. (2021). “Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah al-Kitabah) dalam Bahasa Arab”. Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 22-34.

Fandy, “Pengertian dan Ragam Strategi Pembelajaran yang Efektif dalam Kelas”, 1.2.2. Strategi Pembelajaran

Nur rizki amalia, “MAKNA-MAKNA ISIM FA’IL DALAM AL-QUR’AN SURAH AL-MA’IDAH”, (IAIN) Palu

Said, L. Y. (2021). AL-WASHFU (KATA SIFAT) DALAM BAHASA ARAB DAN DERIVASINYA. Jurnal al-Hikmah, 23(1), 20-29.

Bahasa-arab.com. isim-nisbah-syarat-jenis-dan-ketentuan-ilmu-nahwu.

Hastang, H. (2019). Upaya Optimalisasi Maharah Kitabah Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi al-Jumlah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(1), 62-75.

Fajriah, F. (2017). Strategi Pembelajaran Maharah Al-Kitabah Pada Tingkat Ibtidaiyah. Pionir: Jurnal Pendidikan, 6(2).


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/kjar.v2i1.34201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.