Keterbacaan Buku Bahasa Arab Terbitan Pustaka Mulia

Mukshon Nawawi, Fatima El Zahraa, Nurfatma Khumairo Yusufiyanti

Abstract


This study aims to determine the level of readability of the Arabic teaching text book for sixth grade published by Pustaka Mulia and used in SD Islam Ruhama. The cloze test method was used to determine the level of readability of the text. The sample consisted of 80 students from the sixth grade of SD Islam Ruhama. The results of this study showed that the level of readability of the textbook varies. The readability level of the textbook is 34%, which means that the readability is at the level of frustration and the students' reading ability is 43%, which means the level of readability is at the instructional or educational level. The researchers concluded that the textbook did not meet the readability standards and that the readability of the textbook was varied. However, to further support students' reading skills, books or other additional references are still needed.

Keywords


readability, arabic teaching textbook, pustaka mulia

References


Anggraeni, Akhmad Yazidi Lilis Selestyawati Reni. Keterbacaan Buku Ajar Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama (Text Book Readability of Indonesian Language in Junior High School). Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya (JBSP). 7.2, 293-300.

Arif, Syamsul, dkk. Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas VII dengan Grafik Raygor. Jurnal Bahas Unimed. 27, 2016.

Bahdar, Rinawati. Tingkat Keterbacaan Wacana Buku Teks Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas VII dengan Cloze Test pada Siswa SMPN 3 Tarowang Kab. Jeneponto SMP Negero Tarowang. Jurnal Konfiks. 1, 2014.

Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif, cet. ke-9. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2020.

Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Mumpuni, Atikah. Integrasi Nilai Karakter dalam Buku Pelajaran: Analisis konten Buku Teks Kurikulum 2013. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Nasrullah. Desain Pengembangan Buku Ajar Arab Bagi Mahasiswa Non PBA Berbasis Joyful Learning IAIN Ponorogo. Jurnal Kodifikasia. 12, 2018.

Nisa’, Efi Khoirun. Analisis Tingkat Keterbacaan Wacana Nonfiksi dengan Teknik Cloze Test dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII MTs Bustanul Ulum Blitar. Skripsi pada IAIN Tulungagung. 2020.

Pranowo, Dwiyanto Djoko. Alat Ukur Keterbacaan Teks Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: FBSS Universitas Negeri Yogyakarta. 2011.

Prastowo, Andi .Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar: Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Depok: Kencana, 2018.

Pujiastutia, Indah & Dian Lestari. Tingkat Keterbacaan Wacana Buku Teks Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama dengan Grafik Fry dan Raygor. Jurnal ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan. 2503-2135, 2109.

Ridwanuddin, Dindin. Bahasa Indonesia. Ciputat: UIN Pres, 2015.

Rukajat, Ajat. Pendekatan Penelitian Kuantitatif, cet. ke-1, (Yogjakarta: Deepublish Publisher, 2018).

Salim, Aminah, dkk. Efektifitas Teknik Cloze untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jurnal Pendidikan Khusus. 2, 2013.

Saroni, Nuyan, dkk. “Analisis Keterbacaan Teks pada Buku Tematik Terpadu Kelas V SD Berdasarkan Grafik Fry”. Makalah Disampaikan pada Seminar Nasional KDSP Prodi S1 PGSD Konsetlasi Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia di Era Globalisasi. 22 Agustus. Malang: Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang, 2017.

Satrianawati. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, cet. ke-1. Bandung: Alfabeta, 2018.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan, cet. ke-9. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Supriadi, Rinaldi dan Nur Fitriyani. Analisis Kesesuaian Buku Teks Bahasa Arab Berbasis Keterbacaan Menggunakan Ketentuan Fog Index. Jurnal IMLA. 6, 2021.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/kjar.v1i2.28305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.