Multimodalitas Representasi Laki-Laki pada Iklan Skincare di Media Sosial Instagram Somethinc

Kaamilah Tafrijiyah, Hana Fauzia Rahmaida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi laki-laki dalam poster campaign produk kecantikan “Somethinc”. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan menggunakan purposive sampling yang diolah dengan analisis teori multimodalitas Kress dan Leeuwen. Data berupa gambar poster iklan yang diperoleh dari akun media sosial Instagram Somethinc. Hasil penelitian pada aspek linguistik, visual, spasial, dan gestur menunjukkan bahwa figur laki-laki pada poster iklan produk tersebut ditampilkan dengan membangun kesan laki-laki yang stylish dan karismatik.


Keywords


Instagram; iklan; teori multimodalitas Kress dan Leeuwen; representasi; komunikasi visual

Full Text:

PDF

References


Charilia M., A., & Fitriawan, R. A. (2021). Representasi Komunikasi Antarpribadi di Dalam Keluarga (Analisis Multimodal Kress dan Leeuwen pada Film Parasite). Universitas Telkom, 8(6), 8971–8978.

Creswell, J. W. (2012). Educational Research (4th ed.). Pearson Education, Inc.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry Research Design: Choosing among Five Approaches (4th ed.). SAGE Publications, Inc.

Fahrimal, Y., & Husna, A. (2020). Rekonstruksi Maskulinitas dalam Kerangka Kapitalisme. Universitas Budi Luhur, 80(1), 20–32. https://dx.doi.org/10.36080/ag.v8i1.971

Isman, F. G., Johari, A., & Pratama, G. (2022). Analisa Semiotika Sosial pada Iklan Aqua Versi Billboard. Universitas Pendidikan Indonesia, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.17509/finder.v1i1.34056

Kress, G., & van Leeuwen, T. (2001). Multimodal Discourse The Modes and Media of Contemporary Communication (1st ed.). Arnold, a member of the Hodder Headline Group. http://www.amoldpublishers.com/

Kress, G., & van Leeuwen, T. (2020). Reading Images: The Grammar Visual Design (3rd ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003099857

Kumar, R. (2011). Research Methodology: A Step-by-Step Guide for Beginners. SAGE Publications. http://thuvienso.thanglong.edu.vn//handle/TLU/6310

Liyana, C. I., Sajarwa, & Abdullah, I. (2019). Kontruksi Gaya Hidup Syar’i Perkotaan: Analisis Semiotika Sosial pada Iklan Baliho di Yogyakarta. Forum Linguistik Universitas Gadjah Mada, 2(2), 136–145. https://doi.org/10.22146/db.v2i2.388

Mahardika, R. (2016). Analisa Semiotika Sosial pada Iklan Cetak Axe Effect—Body Spray. 1(1), 45–61.

Meriantini, N. L. (2023). Multimodal Analysis of Mie Sedaap Advertising. Universitas Pendidikan Ganesha, 11(1), 91–96. https://doi.org/10.23887/jpbi.v11i1.63840

Mu’izzah, A. U. T., Jannati, T., & Alhasbi, F. (2024). Representasi Pria Metroseksual dalam Iklan Barenbliss Bloom My Way with Gabriel Prince. Faculty of Da’wah Institut Islam Mamba’ul ’Ulum Surakarta, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.54090/pawarta.220

Nikolaou, A. (2017). Mapping the Linguistic Landscape of Athens: The Case of Shop Signs. 14(2), 160–182. https://doi.org/10.1080/14790718.2016.1159209

Palm, L. M. K. (2023). The Beautification of Men within Skincare Advertisements: A Multimodal Critical Discourse Analysis. Elsevier Inc., 66(101153), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.jaging.2023.101153

PT Beaute Haul Indonesia. (2024). Somethinc Official Website—Makeup & Skincare Products. Somethinc. https://somethinc.com/en/

Putri, S. V. (2022). Representasi Makna Maskulinitas Iklan MSGlow For Men: Analisis Multimodal Kress dan Van Leeuwen. Universitas Budi Luhur, 10(2), 177–189. https://dx.doi.org/10.36080/ag.v10i2.1930

Safi’i, I., Apriyanti, A. N., & Ibrahim, N. (2023). Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Iklan dalam Materi Ajar Bahasa Indonesia SMO Kelas VIII. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Kuningan, 19(1), 139–148. https://doi.org/10.25134/fon.v19i1.6855

Sari, H. C. K. (2020). Representasi Maskulinitas dalam Iklan Garnier Men Versi Joe Taslim dan Chico Jeriko. Fakultas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, 2(1), 34–46. http://dx.doi.org/10.30742/sv.v2i1.868

Setyaningsih, I. & Palupi. (2023). Beauty Representation in Scarlett Whitening Advertisement: Roland Barthes’ Semiotic Analysis. 456–467. https://proceedings.ums.ac.id/index.php/iseth/article/view/2970

Siahaan, M. D. Y., Suherman, & Saidani, B. (2022). Pengaruh Brand Ambassador dan Konten Iklan Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian. Universitas Negeri Jakarta, 3(2), 456–478. https://doi.org/10.21009/jbmk.0302.10

Yanti, N. F., & Gusfa, H. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Hamish Daud dan Iklan terhadap Brand Image Clear. Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjajaran, 6(2), 263–280. https://doi.org/10.24198/jmk.v6i2.34802




DOI: https://doi.org/10.15408/jsj.v7i1.43229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

Sinta Scholar Garuda ISSN  Crossref Base Moraref Scilit Orcid Semantic Copernicus

Jurnal Studi Jurnalistik is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International