Perbandingan Tingkat Kedekatan Followers Portal Berita dan Media Sosial PT Narasi Media Pracaya tentang Informasi Presiden 2024

Rizky Endrawan, Muhammad Avrizal

Abstract


Berkembangnya teknologi telah mempengaruhi beragam aspek kehidupan, salah satunya bagaimana media berkembang. Awalnya dengan perkembangan internet, beberapa perusahaan media merambah situs daring. Namun, dewasa ini perusahaan media juga menggunakan sosial media salah satunya Instagram untuk mempromosikan karya suatu perusahaan media. Salah satu perusahaan media yang menggunakan Instagram adalah Narasi.Tv yang menggunakan Instagram dengan nama akun @narasinewsroom. Instagram merupakan salah satu media yang sering diakses di Indonesia dan terbukti ampuh sebagai media promosi. Dari latar belakang ini peneliti tertarik untuk mengetahui Bagaimana tingkat kepuasan pengikut akun Instagram @narasinewsroom Jakarta terhadap Situs web. Narasi.Tv dan Akun Instagram @narasinewsroom sebagai sumber informasi mengenai Calon Presiden 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan membandingkan skor motif dan skor kepuasan dari kedua objek sesuai dengan teori Uses and Gratification. Dari hasil uji Wilcoxon dan perbandingan skor rata-rata ditemukan bahwa responden lebih puas dengan akun Instagram @narasinewsroom namun tidak ada perbedaan secara signifikan


Keywords


Kepuasan, Media Baru, Penggunaan dan Kepuasan, Narasi.Tv

References


Anggraenii, E.Y. Irviani, R. Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2017.

Ardianto, E., Komala, L., &Karlinah, S. Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2014.

Bungin, Burhan. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana, 2006.

Cholisin. Pengantar Ilmu Politik (Introduction to Political Science). Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2007.

Darwin, M., Mamondol, M.R et al. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Bandung: Media Sains Indonesia, 2021.

Dwi, Bambang Atmoko. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita, 2012.

Fauzana, N. A. Motif Dan Kepuasan Penggunaan Media Sosial Facebook Sebagai Kebutuhan Sumber Informasi Masyarakat. Solo: UMSLibrary, 2020.

Flew, Tery. New Media: An Introduction. Don Mills, Ontario, Canada: Oxford University Press, 2014.

Hamidi. Metode Penelitian dan Teori Komunikasi. Malang: UMM Press, 2010.

Katz, E., Blumler, J. G., & Gurevitch, M. The Uses of Mass Communication: Current Perspectives on Gratification Research. California: Sage Publications, 1974.

Kriyantono, Rahmat. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana, 2008.

Laquey, T. Sahabat Internet: Pedoman Bagi Pemula Untuk Memasuki Jaringan Global (Terjemahan), Bandung: Penerbit ITB, 1997.

Mahyudin. Sosiologi Komunikasi. Makasar: Penerbit Shofia, 2019.

McQuail, D. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika, 2012.

Nasrullah, R. Cybermedia. Yogyakarta: IDEA Press, 2013.

Nurudin. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2007.

Rogers. Communication Technology. New York: Free Pers, 1986.

Sidney Siegel, Nonparametric Statistics for the Behavioral Sciences. New York: McGraw-Hill, 1956.

Singarimbun, M., & Effendi, S. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES, 1989.

Straubahar, J., & LaRose, R. Media Now: Communication Media In The Information Age. Belmont: Wadsworth/Thomson Learning, 2000.

Sugiarto, M. Instagram Marketing. PT. Pengembang Lintas Pengetahuan, 2018.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV, 2017.

Sujarweni, V. Wiratna. SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2019.

Sumadira. Sosiologi Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2014.

Syahrum, S. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media, 2012.

Tamburak, A. Agenda Setting Media Massa. Jakarta: Raja Grafindo, 2012

Wright. Mass Communication: A Sociological Perspective. New York : Random House, 1985.

Amin, Nur Fadilah dkk. “Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian”, JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer Vol.14, No.1 (2023): 15-31.

Azis, H. Pawito, & Setyawan, A. “Motif Penggunaan Media Informasi Politik oleh Anak Muda Tionghoa di Media Sosial”. Ettisal. Vol. 5, No. 1, (2020):1-16

Boer,R. Relationship Marketing dan Mata Najwa sebagai Bagian dari Strategi Memasarkan Narasi.Tv, Jurnal UltimaComm, Vol. 11, No. 2, (2019): 109-128

Deden Mauli Darajat dan Cinta Rahmi, "Public Communication Strategy of BAZNAS BAZIS DKI Jakarta on Instagram @baznasbazisdkijakarta," Jurnal Kommunity Online Vol. 4, No. 2 (2023): 213-226

Delta Septiasmara, Aliasan, Lena Marianti. ANALISIS KEPROFESIONALISRATA-RATA NEWS ANCHOR NAJWA SHIHAB DALAM MENARIK MINAT MENONTON. Jurnal Multidisipliner KAPALAMADA, Vol 2. No 1, (2023): 55 - 63.

Dyah Aruning Puspita, Ni Made Arianti Widya Utari, dan Meinarti Puspaningtyas, "Penggunaan Uji Wilcoxon Signed Rank Test untuk Menganalisis Perbedaan Persistensi Laba, Konservatisme Akuntansi dan Profitabilitas Sebelum dan Saat Pandemi COVID-19," Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi) Vol. 6, No. 1, (2022): 867-883.

Hasbullah Azis, Pawito, dan Agung Setyawan. Motif Penggunaan Media Informasi Politik oleh Anak Muda Tionghoa di Media Sosial. ETTISAL: Journal of Communication, Vol. 5 No. 1, (2020): 1 - 16

Imran, Hasyim Ali. “Peran Sampling Dan Distribusi Data Dalm Penelitian Komunikasi Pendekatan Kuantitatif”, Jurnal Studi Komunikasi Dan Media Vol.21, No.1 (2023): 11-116.

Kurniawan, B., & Utami, N. D. "Peran Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Brand Awareness pada Generasi Milenial." Jurnal Komunikasi, Vol. 13, No. 2, (2021): 123-135.

McAllister, I. “Internet use, political knowledge and youth electoral participationin Australia participation in Australia”. Journal of Youth Studies, (2016): 1–17

Nur Aziza, "Analisis Konten Narasi oleh Najwa Shihab," Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya Vol. 1, No. 3 (2023): 08-16.

Poster. “Underdetermination”. New Media 1, No. 1, (1999): 15.

Ridha, N. “Proses Penelitian, Masalah, Variabel dan Paradigma Penelitian”. Jurnal Hikmah, Vol. 14, No. 6, (2017): 62-70

Sanaky, Musrifah Mardiani, dkk. “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah”, Jurnal Simetrik Vol.11, No.1, (2021): 432-439.

Santika, Amelia Aditya, dkk. “Penerapan Skala Likert Pada Klasifikasi Tingkat Kepuasan Pelanggan Agen BRILink Menggunakan Random Forest”, JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol. 11, No. 3, (2023): 405-411.

Septina, Ane Dwi. “Membumikan Standardisasi Melalui Sosialisasi Kekinian”. STANDAR: Better Standard Better Living Vol. 1, No. 4 (2022): 26.

Suyasa, I Made., Sedana, I Nyoman. “Mempertahankan Eksistensi Media Cetak Di Tengah Gempuran Media Online”. Jurnal Komunikasi dan Budaya Vol.1, No.1, (2020): 59-60.

Annur, Cindy Mutia. Ini Media Sosial Paling Banyak Digunakan di Indonesia Awal 2024. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/03/01/ini-media-sosial-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-awal-2024 diakses pada 28 Mei 2024, pukul 08.30 WIB.

Fransisca, Gloria. Instagram Jadi Platform Andalan untuk Pemasaran Sepanjang 2021. https://entrepreneur.bisnis.com/read/20201231/88/1337426/instagram-jadi-platform-andalan-untuk-pemasaran-sepanjang-2021 diakses pada 28 Mei 2024, pukul 08.35 WIB

Tim Detik News, https://www.detik.com/sumut/berita/d-7037718/nomor-urut-capres-cawapres-2024-dan-pidato-lengkap-ketiga-paslon Diakses pada Senin, 20 November 2023, pukul 19.00 WIB

https://Narasi.Tv/about-us?menu=informasi-perusahaan diakses pada Kamis, 5 Januari 2024, pukul 15.00 WIB.

https://www.youtube.com/watch?v=aPaW-FlFyJo Diakses Pada Sabtu, 16 Februari 2024, Pukul 14.00 WIB

Khoerun Nisa Dyah P.M. Manajemen Produksi Program Shihab & Shihab Di Narasi.Tv. Skripsi UIN Syarifhidyatullah Jakarta. 2023.

Laode Muhammad Akbar Hibatullah. Praktik Jurnalisme Investigasi Narasi Tv Berbasis Crowdsourcing Terkait Kasus Tragedi Kanjuruhan. Skripsi UIN Syarifhidayatullah Jakarta. 2023.

Dian Sativa. MEDIA ONLINE DAN PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI (Studi Korelasi Antara Aktivitas Menggunakan Media Online Kompas.com dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Di Kalangan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Swadana Transfer Angkatan 2008 FISIP UNS). Skripsi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Anisatul Kamaliyah. Judul Penelitian: Kepuasan Mahasiswa UIN Jakarta Terhadap Situs Media Online: Komparasi Tribunnews.com Dengan Detik.com. SKripsi Syarifhidayatullah Jakarta. 2017.

Nurul Anisa Fauzana. Motif Dan Kepuasan Penggunaan Media Sosial Facebook Sebagai Kebutuhan Sumber Informasi Masyarakat. (Studi Kesenjangan Antara Motif dan Kepuasan Terhadap Akun Facebook @infocegatansolo pada Masyarakat Solo-Raya). Skripsi Universitas Muhammadiyah Suarakarta. 2020.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/jsj.v6i2.42450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.