Objektivitas Okezone.com dalam Pemberitaan Capres-Cawapres Pada Kontestasi Pilpres 2024 (Studi Analisis Isi)
DOI:
https://doi.org/10.15408/jsj.v6i2.42341Keywords:
Objektivitas, Berita, Jurnalisme Politik, Analisis IsiAbstract
Penelitian ini menyoroti pentingnya objektivitas media dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024, dengan tujuan memberikan informasi yang jernih dan bebas bias kepada pemilih. Media diharapkan menyajikan berita berdasarkan fakta terverifikasi tanpa sudut pandang pribadi. Dengan menerapkan teori objektivitas dari Westerstahl, penelitian ini mengevaluasi tingkat objektivitas dalam pemberitaan media. Metode yang digunakan adalah analisis isi (content analysis) dengan pendekatan kuantitatif untuk menilai pemberitaan capres-cawapres di Okezone.com, dikategorikan dalam delapan kategori menurut teori Westerstahl. Berdasarkan analisis 88 artikel sebagai total sampling, ditemukan bahwa objektivitas pemberitaan Okezone.com masih rendah. Dimensi imparsialitas menunjukkan kelemahan, dengan berita tidak berpihak sebesar 2%, non-evaluatif 7%, dan non-sensasional 7%.References
Jurnal:
Habibie, D. K. (2018). Dwi Fungsi Media Massa.
Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 7(2), 79.
Buku:
Azwar. (2018). 4 Pilar Jurnalistik Pengetahuan
Dasar Belajar Jurnalistik Edisi Pertama. Jakarta:
Prenada Group.
Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar
Metodologi untuk Penelitian Ilmu
Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya.
Jakarta: Prenada Media Group.
Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset
Komunikasi. Jakarta: Kencana Perdana
Media Group.
Nurudin. (2009). Jurnalisme Masa Kini. Jakarta:
Rajawali Pers.
S, I. C. (2018). Menulis Berita di Media Massa. DI
Yogyakarta: PT. Citra Aji Pratama.
Wimmer, R. D. (2006). Mass Media Research.
Wadsworth Thomson: Cengage Learning.
Website:
(2024, July 8). Diambil kembali dari
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/
/01/21/ternyata-mayoritas masyarakatindonesia-percaya-dengan-media
(2024, July 8). Diambil kembali dari
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/
/11/13/survei-ipsos-media sosial-jadisumber-informasi-dengan-hoaks-terbanyak
(2024, February 5). Diambil kembali dari
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/
/06/16/ini-merek-media yang-banyakdipercaya-warga-indonesia
(2024, July 15). Diambil kembali dari
https://megapolitan.okezone.com/read/2024
/02/09/338/2967866/serunya pendukungganjar-mahfud-nyanyikan-lagu-rungkad-dihajatan-rakyat cibinong “Serunya
Pendukung Ganjar-Mahfud Nyanyikan
Lagu Rungkad di Hajatan Rakyat
Cibinong”
(2024, July 15). Diambil kembali dari
https://nasional.okezone.com/read/2024/02/
/337/2965456/momen-anak-prabowoselfie-bareng-puan-dan-yenny-saat-jedadebat-kelima-pilpres “Momen Anies Kasih
Dua Jempol dan Tepuk Tangan ke Ganjar
di Debat Kelima”
(2024, July 4). Diambil kembali dari
https://dewanpers.or.id/berita/detail/1052/a
dnan-buyung-adukan-okezone com
(2024, July 4). Diambil kembali dari
https://dewanpers.or.id/berita/detail/406/ok
ezone.com-minta-maaf-kepada
infojambi.com
(2024, July 4). Diambil kembali dari
https://dewanpers.or.id/berita/detail/594/de
wan-pers-selesaikan-pengaduan harryponto
(2024, July 4). Diambil kembali dari
https://dewanpers.or.id/berita/detail/711/Sej
u
(2024, July 4). Diambil kembali dari
https://dewanpers.or.id/berita/detail/615/ena
m-media-langgar-etika-karena sebutidentitas-korban-kejahatan-susila
(2024, July 4). Diambil kembali dari
https://dewanpers.or.id/berita/detail/718/arti
s-asmirandah-adukan-tiga media-siber












