Konvergensi Konten Berita Melalui Teknik Search Engine Optimization dan Bahasa Jurnalistik Pada Pemilihan Top News di Media Antaranews.com

Irfansyah Naufal Nasution, Fauziah Muslimah, Rubiyanah Rubiyanah

Abstract


Gelombang informasi yang massif menuntut media massa selalu kreatif dan inovatif untuk terus berupaya menjadi rujukan sumber informasi publik yang tepercaya. Artikel ini berupaya menganalisis upaya Antaranews.com mengintegrasikan penggunaan bahasa jurnalistik dengan teknik Search Engine Optimization (SEO) serta dampaknya terhadap penentuan prioritas dalam konteks fungsi industri media massa dan peran pendidikan pada media massa. Penelitian ini mengadopsi paradigma konstruktivisme serta menerapkan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk kepada teori komunikasi massa MC-Quail dengan fokus pada penerapan konsep 10 Pedoman Bahasa Jurnalistik Persatuan Wartawan Indonesia. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa penggunaan bahasa jurnalistik dalam kategori Top News di Antaranews.com belum sepenuhnya mematuhi prinsip-prinsip bahasa jurnalistik. Tantangan untuk memenuhi tujuan ekonomi serta mempertahankan karakteristik uniknya sebagai media online berdampak pada berkurangnya salah satu fungsinya sebagai media pendidikan meskidi pihak lain, Antaranews.com telah berhasil secara efektif memaksimalkan penggunaan teknik white hat SEO dan tidak menerapkan click bait dalam setiap judul berita. Dengan demikian, Antaranews.com mampu menjalankan fungsinya dengan baik sebagai sebuah industri media massa.


Keywords


Bahasa Jurnalistik, Search Engine Optimization, Jurnalisme Online

References


Abdullah, Y. (1992). Dasar-dasar Kewartawanan. Padang: Angkasa Raya.

Anwar, R. (1991). Bahasa Jurnalistik dan Komposisi. Jakarta: Pradnya Paramita.

Ardianto, E., & dkk. (2009). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Artikel berjudul Apakah SEO Membunuh Jurnalisme?. Diakses dari https://www.umn.ac.id/apakah seo-membunuh-jurnalisme/

Bharata, Wira. (2016). Peran Layanan Jasa Search Engine Optimization untuk Meningkatkan Daya Saing pada Bisnis Startup (Studi pada Kaldera Trail and Jeep Adventure Malang). Jurnal Unida: Malang.

B., W. (2011). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Chaer, A. (2010). Bahasa Jurnalistik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Chaer, A. (2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Company Profile ANTARA, https://korporat.Antaranews.com/

Creswell. (2016). Research Design : Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Evans, M. P. (2007). Analyzing Google Rankings Through Search Engine Optimization Data, Internet Research. 1, 22.

Ghony, D. (2007). Dasar-dasar Penelitian Kualitatif: Prosedur, Teknik dan Grounded. Surabaya: Bina Ilmu.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta : Bumi Aksara.

Hernawati, K. (2013). Optimalisasi SEO (Search Engine Optimizer) Sebagai Upaya Meningkatkan Unsur Visibility Dalam Webometric.

Hidayat, Ahmad. (2006). Filsafat Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

https://korporat.Antaranews.com/

Keraf, Gorys. (2001). Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Flores: Nusa Indah.

Kriyanto, R. (2014). Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Rahardi, K. (2008). Bahasa Jurnalistik: Pedoman Kebahasaan untuk Mahasiswa, Jurnalis, dan Umum. Bogor: Ghalia Indonesia.

M, Kuncoro. (2005). Komunikasi: Konsep, Teori, dan Praktik. Jakarta: Erlangga.

McQuail, D. (2010). Teori Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. (J. Rakhmat, Trans.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lukito, R. B, dkk. (2014). Penerapan Teknik Seo (Search Engine Optimization) Pada Website Dalam Strategi Pemasaran Melalui Internet. Jurnal ComTech: Jakarta.

Satibi, A. F, Dkk. (2017). Artikel berjudul “Analisis Pemanfaatan Search Engine Optimization Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Ukm Di Pasar Internasional (Studi Kasus Pada Cv. Ayung Sportindo)”, jurnal Administrasi Bisnis: Malang.

Scott, D. M. (2017). The New Rules of Marketing and PR: How to Use Social Media, Online Video, Mobile Applications, Blogs, News Releases, and Viral Marketing to Reach Buyers Directly (6th ed.). John Wiley & Sons, 2017)

Setiati, Eni. (2005). Ragam Jurnalistik Baru dalam Pemberitaan. Yogyakarta: Andi Offset.

Sumadiria, H. (2008). Bahasa Jurnalistik: Panduan Praktis Penulis dan Jurnalis. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Sumadiria, H. (2006). Jurnalistik Indonesia Menulis Berita dan Feature. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Putra, S. Masri. (2007).Media Cetak Bagaimana Merancang dan Memproduksi. Yogyakarta:Graha Ilmu.

Wendratama, E. (2017). Jurnalisme Online: Panduan Membuat Konten Online yang Berkualitas dan Menarik. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Yunus, S. (2010). Jurnalistik Terapan. Bogor: Ghalia Indonesia.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/jsj.v5i2.35375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.