Media Economics During The Pandemic: Study Case of Beritasatu TV
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis eksistensi salah satu stasiun televisi swasta yaitu BeritaSatu Tv dimasa pandemik. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif sedangkan metode pengumpulan datanya dengan wawancara mendalam dan sumber kepustakaan. Teori yang digunakan dalam peneltian ini adalah teori ekonomi media milik Robert G. Picard. Robert G. Picard menggaris bawahi bahwa studi ekonomi media mempelajari bagaimana tekanan ekonomi dan keuangan membawa dampak yang beragam kepada aktivitas, sistem, organisasi, dan perusahaan media serta telekomunikasi. Picard membagi tradisi yang berkembang didalam kajian ekonomi media menjadi tiga,yaitu; tradisi teoritis (theoretical), tradisi terpaan(applied), dan tradisi kritis (critical). Hasil penelitian menunjukkan bahwa masa pandemik ini sangat berpengaruh terhadap industri media yang salah satunya adalah media televisi, khususnya BeritaSatu TV. Yang dimana perusahaan melakukan beberapa hal untuk bisa mempertahankan eksistensinya, diantaranya melakukan koevolusi yaitu merambah kepada new media, lalu melakukan rasionalisasi yaitu pengurangan karyawan dan menekan angka pengeluaran pada produksi program yang membutuhkan biaya yang besar.
Keywords
References
Sudibyo, A.G. “Kajian Ekonomi Media Tentang Kebijakan Pasar Industri Buku Di Indonesia Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Dengan Menggunakan Pendekatan Industrial Organizational Model.” Jurnal Komunikasi 3, no. 2 (2018): 3–4.
A. Karim, Adiwarman. Ekonomi Mikro Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2010.
Arikunto, Suharsimi. Managemen Penelitian. Cetakan ke. Jakarta: PT. Renika Cipta, 1993.
Furchan, Arif. Pengantar Metodologi Penelitian Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional, 1992.
Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif, Teori Dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Kamsong, Usman. Ekonomi Media : Pengantar Konsep Dan Aplikasi. Bogor: Ghalia Indonesia, 2009.
Moelong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.
N Hidayat, Dedy. Paradigma Dan Metodologi Penelitian Sosial Empirik Klasik. Jakarta: Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia, 2003.
Noor, HenryFaizal. Ekonomi Media. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2010.
Sukirno, Sadono. Mikro Ekonomi Teori Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
DOI: 10.15408/jsj.v4i2.28968
Refbacks
- There are currently no refbacks.