Faktor Yang Berhubungan Dengan Niat Santri Menjadi Kader POSKESTREN di Pondok Pesantren Darus Sunnah, Tangerang Selatan

Mita Fitriah, Febrianti Abassuni

Abstract


Abstrak

Dalam membentuk kader poskestren diperlukan tahap rekrutmen dan seleksi seperti memilih santri yang berniat menjadi kader poskestren. Niat santri dapat dilihat sebagai bentuk keseriusan santri menjadi kader poskestren, yang nantinya mempengaruhi perilaku santri terhadap kinerja selama menjadi kader poskestren. Namun, niat santri juga berhubungan dengan faktor lain seperti sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan niat santri menjadi kader poskestren di Pondok Pesantren Darus Sunnah Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain studi analitik cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 86 responden dari kelas 1 MTS sampai 2 MA. Analisis yang digunakan yaitu analisis univariat serta analisis bivariat dengan uji chi square. Hasil penelitian uji statistik menunjukkan, bahwa 57% santri berniat menjadi kader poskestren, 62,8% santri mempunyai sikap yang positif, 58,1% santri mempunyai norma subjektif yang positif, dan 66,3% mempunyai persepsi kontrol perilaku yang positif. Hasil uji bivariat menunjukkan tidak terdapat hubungan antara sikap dan niat santri menjadi kader poskestren (Pvalue 0,145). Sedangkan, faktor yang berhubungan dengan niat santri menjadi kader poskestren adalah norma subjektif (p-value=0,000) dan persepsi kontrol perilaku (Pvalue 0,000). Saran yang dapat diberikan adalah pengurus poskestren perlu meningkatkan edukasi kepada santri tentang kader poskestren. Selain itu, keluarga dan teman sebaya juga dapat membagikan hal positif mengenai manfaat menjadi kader poskestren, serta dapat menyakinkan santri terhadap kemampuan dasar santri yang dimiliki.

Kata Kunci:

Poskestren, MSDM, Theory of Planned Behavior (TPB)


Full Text:

PDF

References


Fisabilillah RI, Syari W, Khodijah Parinduri S. Gambaran Pelaksanaan Manajemen Pelayanan Poskestren (Pos Kesehatan di Pondok Pesantren Daarul Rahman 3 Kota Depok Tahun 2020. PROMOTOR. 2020 Oct 8;3(5):501.

Hulaila A, Musthofa SB, Kusumawati A, Nugraha P. Analisis Pelaksanaan Program Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) di Pondok Pesantren Durrotu Aswaja Sekaran Gunungpati Semarang. Media Kesehat Masy Indones. 2021;7.

Kemenkes RI. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pedoman Penyelenggaraan dan Pembinaan Pos Kesehatan Pesantren. Departemen Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2013.

Sugijono. Analisis Jabatan dalam Manajemen Sumber Daya Manusia. Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa dan Sosial; 2016.

Ajzen I. Attitudes, personality and behavior. 2. ed., reprint. Maidenhead: Open Univ. Press; 2005. 178 p. (Mapping social psychology).

Wikamorys D, Rochmah T. Aplikasi teori perilaku terencana dalam membangkitkan niat pasien untuk melakukan operasi katarak. J Adm Kesehat Indones. 2017;5(1):32-40.

Hartono J. Sistem informasi keprilakuan. Yogyakarta: Penerbit ANDI; 2008.

Ardiningtias DP. Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Pemanfaatan Klinik Pesantren Oleh Santri Di Pondok Pesantren Darrut Taqwa Gresik: Penelitian Cross Sectional. 2013;

Tran QA, Nguyen HTT, Bui TV, Tran NT, Nguyen NT, Nguyen TT, et al. Factors Associated With the Intention to Participate in Coronavirus Disease 2019 Frontline Prevention Activities Among Nursing Students in Vietnam: An Application of the Theory of Planned Behavior. Front Public Health. 2021 Jul 2;9:699079.

Hernawily, Amperaningsih Y. Hubungan Sikap Dan Norma Subyektif Dengan Niat Berhenti Merokok Pada Pegawai Laki-Laki Di POLTEKKES TANJUNGKARANG. 2015;(2).

Kusumawardani AS, Muljono P. Hubungan Sikap dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Kader Posyandu (Kasus: Desa Coper dan Desa Kutuwetam, Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo). J Sains Komun Dan Pengemb Masy JSKPM. 2018 Apr 13;2(2):223–38.

Suharyat Y. Hubungan antara sikap, minat dan perilaku manusia. J Reg. 2009;1(3):1–19.

Amaliah I, Julia A, Riani W. Pengaruh Nilai Islam terhadap Kinerja Kerja. 2013;29(2).




DOI: https://doi.org/10.15408/jrph.v6i1.38007 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By:

DOAJ